Soal PPPK Guru Desain Komunikasi Visual 2024 + Kunci Jawaban - Studiku
Soal PPPK Guru Desain Komunikasi Visual 2024 + Kunci Jawaban

Soal PPPK Guru Desain Komunikasi Visual 2024 + Kunci Jawaban

Lathifah Ummul Nailah
Lathifah Ummul Nailah
13 Juli 2024

Halo, Teman-Teman Studiku!

udah sampe mana persiapan kamu untuk mengikuti seleksi pppk ? kalo belum, its okey kamu berada ditempat yang tapat untuk mempersiapkan dirimu menghadapi seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk posisi Guru Desain Komunikasi Visual. Menjadi seorang guru dalam bidang ini tidak hanya membutuhkan pemahaman mendalam tentang teori dan praktik desain, tetapi juga kemampuan untuk menginspirasi siswa dalam menghasilkan karya visual yang memukau dan komunikatif.

Seleksi atau Tes PPPK ini dirancang untuk mengukur pengetahuanmu tentang berbagai aspek desain komunikasi visual, kemampuanmu dalam menyampaikan materi dengan cara yang menarik dan efektif, serta keterampilanmu dalam membimbing siswa menerapkan pengetahuan tersebut dalam proyek-proyek desain nyata.

Oleh karena itu, persiapan yang matang sangat penting dan dengan kamu latihan soal yang konsisten dan pemahaman yang mendalam, kamu akan lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi setiap tahapan seleksi. Yuk, langsung aja latihan soal bareng studiku dibawah ini !

Soal 1

Dalam Taksonomi Bloom yang direvisi, tingkat tertinggi dari domain kognitif adalah "Creating." Manakah dari kegiatan berikut yang paling sesuai dengan kategori "Creating"?

  • A. Mengingat definisi konsep-konsep kunci
  • B. Menjelaskan proses terjadinya hujan
  • C. Menganalisis data dari eksperimen ilmiah
  • D. Merancang eksperimen baru untuk menguji hipotesis
  • E. Menghafal urutan peristiwa sejarah

Jawaban: D. Merancang eksperimen baru untuk menguji hipotesis Pembahasan: Kategori "Creating" dalam Taksonomi Bloom melibatkan menghasilkan karya atau ide baru berdasarkan pengetahuan yang telah diperoleh. Kegiatan yang paling sesuai dengan kategori ini adalah merancang eksperimen baru untuk menguji hipotesis (D), karena melibatkan penciptaan sesuatu yang baru berdasarkan pemahaman dan analisis sebelumnya.

Soal 2

Bu Ani sedang mengajar Software Desain Grafis. Bu Ani perlu merancang bentuk tes yang efektif terhadap penilaian keterampilan. Materi yang telah diajarkan meliputi Adobe Illustrator. Bentuk tes apa yang digunakan untuk mengukur keterampilan pada materi tersebut?

  • A. Tes Tertulis
  • B. Observasi
  • C. Wawancara
  • D. Portofolio
  • E. Kuis dan Ujian Singkat

Jawaban: D. Portofolio Pembahasan: Penilaian keterampilan dalam penggunaan Adobe Illustrator paling efektif diukur melalui portofolio. Portofolio memungkinkan siswa untuk menunjukkan karya desain mereka secara keseluruhan dan memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang keterampilan mereka. Tes tertulis dan kuis kurang efektif untuk mengukur keterampilan praktis, sementara observasi dan wawancara bisa bermanfaat sebagai pelengkap.

DAPATKAN 100-AN QUIZ HOTS PPPK TERUPDATE DISINI

Soal 3

Iklan Studiku 820x200

Dalam produksi video, apakah yang dimaksud dengan storyboard?

  • A. Naskah dialog yang akan digunakan dalam video
  • B. Gambaran visual dari adegan-adegan dalam video
  • C. Alat yang digunakan untuk merekam video
  • D. Proses pengeditan video
  • E. Tempat penyimpanan file video

Jawaban: B. Gambaran visual dari adegan-adegan dalam video Pembahasan: Storyboard adalah serangkaian gambar atau sketsa yang menggambarkan adegan-adegan dalam video sebelum proses produksi dimulai. Ini membantu dalam merencanakan alur cerita dan memastikan semua elemen visual sudah dipertimbangkan.

Soal 4

Hak kekayaan intelektual (HKI) mencakup beberapa aspek penting yang harus dipahami oleh seorang desainer. Manakah dari berikut ini yang bukan termasuk hak kekayaan intelektual?

  • A. Hak atas privasi
  • B. Paten
  • C. Merek dagang
  • D. Hak cipta
  • E. Rahasia dagang

Jawaban: A. Hak atas privasi Pembahasan: Hak kekayaan intelektual meliputi hak cipta, paten, merek dagang, dan rahasia dagang. Hak atas privasi tidak termasuk dalam kategori hak kekayaan intelektual, meskipun penting dalam konteks lain, terutama yang berkaitan dengan perlindungan data pribadi.

Soal 5

Pak Andi telah melakukan penilaian terhadap pembelajaran Desain Aplikasi Mobile dan mendapati bahwa sebagian besar siswa di kelasnya mengalami kesulitan dalam memahami konsep UX Design. Pak Andi berencana untuk memberikan kegiatan remedial bagi siswa. Manakah dari strategi berikut yang paling efektif untuk mencapai tujuan ini?

  • A. Memberikan lebih banyak tugas rumah
  • B. Mengadakan sesi pembelajaran tambahan dengan pendekatan berbeda
  • C. Membagikan artikel tentang UX Design
  • D. Mengurangi jumlah materi yang diajarkan
  • E. Memberikan ujian tambahan

Jawaban: B. Mengadakan sesi pembelajaran tambahan dengan pendekatan berbeda Pembahasan: Mengadakan sesi pembelajaran tambahan dengan pendekatan berbeda (B) adalah strategi yang paling efektif untuk remedial karena memberikan kesempatan bagi siswa untuk mempelajari kembali materi dengan metode yang mungkin lebih cocok untuk mereka. Ini bisa termasuk penggunaan media visual, interaksi lebih banyak, atau pendekatan praktis. Memberikan lebih banyak tugas rumah (A) atau ujian tambahan (E) tidak akan membantu siswa yang mengalami kesulitan memahami konsep dasar. Membagikan artikel (C) dan mengurangi jumlah materi (D) juga tidak menyelesaikan masalah pemahaman.

Mau dapatkan Soal berkualitas lainnya? Dapatkan semua soal PPPK : 1) Seleksi Kompetensi Manajerial, 2) Seleksi Kompetensi Sosial Kultural, 3) Wawancara, dan 4) Seleksi Kompetensi Teknis, Klik link dibawah ini sekarang!

Dapatkan soal PPPK lainnya di STUDICPNS !

Iklan Studiku 820x200