20 Contoh Soal TKP CPNS 2024: Latihan dan Pembahasan Terbaru! - Studiku
20 Contoh Soal TKP CPNS 2024: Latihan dan Pembahasan Terbaru!

20 Contoh Soal TKP CPNS 2024: Latihan dan Pembahasan Terbaru!

Selvia Rosa
Selvia Rosa
22 Juni 2024

Hallo teman studiku!

Persiapan CPNS itu penting banget. Makanya, Studi.id udah kumpulin 20 soal TKP terbaru lengkap dengan pembahasannya khusus buat kamu. Eits, Sebelum kamu mengerjakan soal TKP di bawah ini, ada beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui.

Tes TKP CPNS adalah bagian penting dari seleksi CPNS yang menguji kepribadian dan keterampilan pribadi kamu. Berdasarkan Menteri Pan-RB No 27 Tahun 2021, ada enam poin utama yang diujikan dalam tes ini: pelayanan publik, profesionalisme, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, serta anti radikalisme. Yuk, langsung aja mulai latihan soal TKP dan buktikan kalau kamu bisa!

SOAL TKP CPNS 2024

  1. Anda merupakan penjaga sekolah yang sudah lama mengabdi. Setiap jam pulang sekolah, Anda selalu mengecek kelas dan mengunci pintu. Suatu hari Anda menemukan handphone di atas meja dan Anda tidak mengetahui pemiliknya. Apa yang akan Anda lakukan?
  • A. Menunggu sampai ada pemiliknya yang datang mencari handphone-nya
  • B. Meninggalkannya di atas meja karena esok hari pasti pemiliknya datang
  • C. Memberikan anaknya agar bisa dipergunakan untuk belajar
  • D. Melepas SIM cardnya karena ini adalah rejeki
  • E. Menyimpannya dan mengumumkannya di speaker sekolah esok hari

Pembahasan : Opsi E merupakan poin tertinggi karena ada inisiatif untuk mengembalikan langsung kepada pemiliknya. Sebagai penjaga sekolah, Anda juga merupakan pelayan publik dimana tugas Anda adalah menjaga keamanan sekolah beserta barang yang ada di dalamnya.

  1. Anda merupakan PNS yang sudah mengabdi selama 20 tahun. Tupoksi kerja Anda selalu membawa Anda berhubungan langsung dengan masyarakat. Selama mengabdi, Anda dikenal sebagai pribadi yang…
  • A. Menunjung tinggi keramahtamahan dan sikap kekeluargaan
  • B. Memahami kebutuhan masyarakat
  • C. Mengutamakan kepuasan masyarakat
  • D. Mencatat segala kebutuhan dan keluhan masyarakat
  • E. Adil dalam melayani masyarakat

Pembahasan : Opsi C memiliki poin tertinggi karena sebagai pelayanan publik, kepuasan pelanggan adalah hal yang mendasar dalam sebuah pelayanan publik.

  1. Anda merupakan seorang dokter di sebuah rumah sakit swasta. Setiap hari Anda harus menangani berbagai pasien dengan keluhan yang berbeda-beda. Dalam menangani pasien, Anda selalu berupaya untuk…
  • A. Memberikan pelayanan yang ramah dan sopan
  • B. Mendiagnosa penyakit dengan akurat dan cepat
  • C. Memberikan pengobatan yang tepat dan efektif
  • D. Menyediakan fasilitas dan peralatan yang memadai
  • E. Mengedukasi pasien tentang kesehatan dan pencegahan

Pembahasan : Opsi C memiliki poin tertinggi karena sebagai seorang dokter, tujuan utama adalah menyembuhkan pasien dengan pengobatan yang sesuai dengan kondisi pasien.

  1. Saya bekerja sebagai konsultan keuangan di sebuah perusahaan. Rekan saya yang bekerja di departemen pemasaran ingin mengetahui laporan pribadi keuangan klien yang sedang saya tangani. Respon saya..
  • A. Memberitahu rekan saya bahwa laporan keuangan tersebut bersifat pribadi dan hanya boleh dilihat oleh orang yang berwenang
  • B. Menunjukkan laporan keuangan tersebut kepada rekan saya dan menjelaskan isi dan analisisnya karena teman Anda dapat dipercaya
  • C. Memberikan salinan laporan keuangan tersebut kepada rekan saya dengan syarat tidak boleh disebarluaskan
  • D. Menyuruh rekan saya untuk mencari tahu sendiri laporan keuangan tersebut dari sumber lain
  • E. Berbohong kepada rekan saya bahwa laporan keuangan tersebut belum selesai atau hilang

Pembahasan : Opsi A memiliki poin tertinggi karena Anda mampu untuk bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan kepada Anda. Anda mampu secara profesional menjaga data laporan keuangan klien Anda yang sifatnya rahasia

  1. Anda merupakan seorang penulis yang lebih suka menulis novel dengan tema percintaan. Padahal sebagai seorang penulis seharusnya menguasai tema apapun. Suatu waktu, tim redaksi meminta Anda membuat novel dengan tema petualangan. Dimana, tema tersebut tidak terlalu Anda kuasai. Bagaimana respon Anda?
  • A. Meminta dengan sopan kepada atasan Anda untuk mencari penulisan lain yang ahli dalam menulis novel tema petualangan
  • B. Menerima tugas tersebut kemudian mempelajari lebih lanjut mengenai teknik menulis novel dengan tema petualangan
  • C. Menerima tugas tersebut kemudian meminta rekan Anda yang lebih ahli untuk menulis novel dengan tema petualangan tersebut
  • D. Meyakinkan tim redaksi bahwa Anda memang penulis, tetapi tidak semua tema bisa Anda tulis
  • E. Menerima tugas tersebut dan mengerjakannya seapa-adanya pengetahuan Anda

Pembahasan : Opsi B memiliki poin tertinggi sebab Anda mampu untuk menerima tugas yang diberikan oleh atasan Anda dan terlihat usaha Anda untuk meningkatkan kemampuan diri Anda sebagai seorang penulis

  1. Rina adalah seorang dokter yang bekerja di sebuah rumah sakit umum. Suatu hari ia mendapat panggilan darurat dari rumah sakit untuk menangani pasien yang mengalami kecelakaan parah. Pada saat yang sama, ia sudah berjanji untuk menghadiri acara ulang tahun suaminya di restoran. Apa yang sebaiknya Rina lakukan?
  • A. Meminta maaf kepada suaminya dan bergegas ke rumah sakit untuk menolong pasien
  • B. Meminta maaf kepada pasien dan tetap menghadiri acara ulang tahun suaminya
  • C. Meminta maaf kepada suaminya dan pasien, kemudian mencari jalan tengah agar keduanya tidak kecewa
  • D. Meminta maaf kepada pasien dan mengirimkan dokter lain yang dapat menggantikannya
  • E. Meminta maaf kepada suaminya dan mengatur ulang jadwal ulang tahun via telepon

Pembahasan : Opsi A memiliki poin tertinggi karena Anda menempatkan tanggung jawab profesional sebagai prioritas utama. Anda juga menghormati sumpah dokter yang Anda ucapkan untuk menyelamatkan nyawa manusia

  1. Dalam mengikuti kegiatan kepanitiaan saya dikenal sebagai…
  • A. Seseorang yang aktif memberikan ide dan membantu rekan lain
  • B. Seseorang ramah dan sering membantu rekan lain
  • C. Seseorang yang rajin dan disiplin
  • D. Seseorang yang berdedikasi tinggi
  • E. Seseorang yang mampu mengatur rekan tim

Pembahasan : Poin A memiliki poin tertinggi karena Anda mampu untuk memberikan kontribusi dalam tim berupa ide, selain itu aktif membantu rekan lain.

  1. Dalam sebuah rapat kerja saya ditugaskan sebagai fasilitator. Dalam rapat tersebut terjadi pertentangan keras antara dua orang yang sama-sama keras kepala. Sikap saya…
  • A. Mengabaikan saja
  • B. Berusaha tidak memperkeruh suasana
  • C. Meminta rekan-rekan lain untuk ikut menengahi
  • D. Menengahi mereka dan menyampaikan bahwa kerjasama tim lebih penting
  • E. Menengahi mereka dan menyampaikan bahwa perbedaan pandangan adalah suatu hal yang biasa

Pembahasan : Opsi E memiliki poin tertinggi karena Anda mampu untuk menjelaskan kepada rekan tim Anda bahwa perbedaan pendapat bukanlah masalah dalam sebuah tim melainkan suatu hal yang biasa.

  1. Cici seorang karyawan di sebuah toko diminta oleh manajer untuk menghitung stok barang yang ada di gudang. Namun Cici tidak bisa menyelesaikan tugasnya dengan cepat karena ia harus melayani banyak pelanggan yang datang ke toko. Sementara banyak dari karyawan lain termasuk Anda yang sedang lowong dari pekerjaan. Sikap anda…
  • A. Memberikan motivasi kepada Cici dan mengatakan bahwa ia bisa menyelesaikan tugasnya
  • B. Membagi tugas dengan Cici dan menghitung stok barang bersama-sama
  • C. Mengajak karyawan lain untuk membantu Cici dalam menghitung stok barang
  • D. Meminta maaf kepada Cici dan manajer karena tidak bisa membantu Cici
  • E. Mengakui kesalahan dan berjanji akan lebih bertanggung jawab

Pembahasan : Pilihan jawaban B memiliki poin tertinggi karena Anda mampu berinisiatif tergerak untuk membantu rekan Anda yang sedang kewalahan

  1. Untuk menyelesaikan proyek yang diberikan oleh dosen pembimbing. Saya akan…
  • A. Mengerjakan proyek sesuai dengan kemampuan saya saja
  • B. Mengerjakan proyek dengan mengerahkan upaya semaksimal mungkin agar mendapatkan nilai bagus
  • C. Mengerjakan proyek dengan asal-asalan karena nilai proyek tidak terlalu penting
  • D. Berkomunikasi dengan baik dengan rekan kelompok saya
  • E. Mengutamakan kepentingan saya sendiri dan tidak peduli dengan rekan kelompok saya

Pembahasan : Pilihan jawaban B memiliki poin tertinggi karena Anda mampu mengerjakan proyek dengan tanggung jawab dan berusaha untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Iklan Studiku 820x200
  1. Anda tinggal di sebuah kompleks yang cukup elit. Suatu waktu ada tetangga Anda yang baru saja pindah dan rumahnya tepat berada di depan Anda. Ia memiliki ritual tertentu yang sering dilaksanakan setiap pagi. Ritual tersebut sangat bertentangan dengan agama Anda. Bagaimana Anda menyikapinya sebagai tetangga? A. Melaporkannya kepada pak RT untuk ditindaklanjuti karena ritual yang dilakukan bertentangan dengan Agama dan kepercayaan Anda B. Memberitahukannya dengan sopan agar tidak melakukan ritual tersebut secara terang-terangan C. Membiarkannya menjalankan ritualnya dan menjaga suasana sekitar Anda agar tetap tenang D. Menghargainya Anda menjalankan ritualnya dengan turut serta bersamanya E. Membiarkannya menjalankan ritualnya karena perbedaan adalah hal yang nyata

Pembahasan : Pilihan jawaban C memiliki poin tertinggi karena Anda mampu untuk menunjukkan sikap toleransi dan saling menghargai di tengah keberagaman budaya, agama, suku dan ras

  1. Hari jumat adalah jadwal kerja bakti di kantor Anda. Saat itu cuaca sangat terik, sedangkan Anda tidak suka terkena terik matahari. Anda ingin duduk bersantai, namun sebagian besar rekan Anda melakukan bersih-bersih. Bagaimana Anda bersikap?
  • A. Turut mengambil bagian dalam kerja bakti tersebut
  • B. Mengambil bagian dalam kerja bakti sebentar lalu beristirahat
  • C. Turut mengambil bagian dalam kerja bakti tersebut dan menggunakan topi
  • D. Ikut kerja bakti ketika cuaca sudah agak mendung
  • E. Duduk bersantai karena sudah banyak rekan yang melakukan bersih-bersih

Pembahasan : Pilihan jawaban C memiliki poin tertinggi karena Anda mampu untuk membaur dan begotong royong bersama rekan Anda. Anda juga mampu mengantisipasi dengan menggunakan topi karena Anda tidak suka terik matahari.

  1. Anda memiliki rekan kerja yang baru berasal dari luar daerah Anda. Dialek dan bahasanya sangat berbeda dengan di daerah Anda. Suatu hari, rekan Anda tersebut mencoba untuk mengikuti bahasa dan dialek daerah tempat Anda. Namun, dialeknya ternyata masih salah dan tidak mirip dengan dialek daerah Anda sehingga terkesan lucu. Beberapa rekan lain menertawainya dan mengatakan untuk tidak perlu ikut-ikutan. Apa yang akan lakukan?
  • A. Mengajarinya dialek dan bahasa yang benar dari apa yang dikatakan
  • B. Ikut tertawa untuk mencairkan suasana
  • C. Mengatakan bahwa kesalahan adalah hal yang biasa
  • D. Memintanya untuk berhenti sejenak menggunakan bahasa daerah Anda
  • E. Mengatakan bahwa dialek dan bahasanya itu masih salah

Pembahasan : Pilihan jawaban A memiliki poin tertinggi karena Anda mampu menghargai perbedaan budaya yang Anda miliki dengan rekan Anda. Anda juga mampu untuk berinisiatif mengajarinya.

  1. Pada saat Anda sedang berjalan-jalan di taman, ada seorang ibu yang meminta bantuan Anda. Setelah Anda mengamati ternyata ibu ini berasal dari daerah tertentu, dimana menurut pengalaman Anda daerah tersebut terkenal dengan penipuan dan kriminalistasnya. Bagaimana Anda merespon ibu tersebut?
  • A. Mengatakan bahwa Anda sedang sibuk demi keselamatan diri Anda
  • B. Meminta maaf dan mengatakan bahwa Anda tidak bisa membantunya karena sesuatu dan lain hal
  • C. Membantunya namun tetap mawas diri jikalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan
  • D. Membantunya sedikit dan segera izin lalu pergi
  • E. Membantunya kemudian membawanya ke kantor polisi

Pembahasan : Pilihan jawaban C memiliki poin tertinggi karena Anda mampu untuk mengembangkan semangat saling membantu antar sesama tanpa memandang latar belakang tertentu. Namun, Anda juga tetap berhati-hati

  1. Saat ini sedang marak virus komputer yang dapat menyerang data Anda dan membuatnya rusak. Virus ini dapat berpindah melalui flashdisk yang digunakan secara bergantian. Sedangkan, selama ini Anda menggunakan flasdisk untuk saling bertukar data laporan dengan rekan kerja sebab jika menggunakan kertas akan boros. Bagaimana Anda menyikapi situasi ini?
  • A. Mencetak semua laporan kemudian diberikan kepada rekan Anda
  • B. Menghentikan sementara pembuatan laporan menggunakan komputer dan mencatatnya secara manual
  • C. Memanfaatkan e-mail untuk saling bertukar laporan
  • D. Tetap menggunakan flashdisk sebab itulah cara mudah yang biasa Anda lakukan untuk bertukar laporan
  • E. Meminta pertimbangan rekan kerja untuk mencari solusi menghadapi situasi ini

Pembahasan : Pilihan jawaban C memiliki poin tertinggi karena Anda mampu untuk memanfaatkan berbagai kemajuan teknologi lainnya untuk menjawab masalah yang mungkin terjadi terkait perkembangan teknologi itu sendiri

  1. Anda memiliki usaha rumah makan yang saat ini pemasukannya begitu-begitu saja. Anda berniat untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan omset Anda. Strategi apa yang akan Anda gunakan?
  • A. Membuat poster berisi iklan rumah makan Anda kemudian ditempel pada beberapa titik
  • B. Mengiklankan rumah makan Anda di sosial media dan memberikan layanan pesan online
  • C. Membayar jasa endorsment media
  • D. Memberikan potongan 70% kepada setiap pelanggan yang datang
  • E. Memberikan berbagai macam merchandise bagi pelanggan yang datang

Pembahasan : Pilihan jawaban B memiliki poin tertinggi sebab Anda mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk meningkatkan omset Anda

  1. Saya bekerja sebagai guru online yang harus mengajar siswa dari berbagai daerah. Untuk itu, saya harus memiliki kemampuan mengoperasikan laptop yang baik agar bisa memberikan materi dengan lancar. Sikap saya dalam hal ini adalah…
  • A. Mengandalkan laptop yang sudah ada meskipun sering bermasalah
  • B. Menggunakan laptop pinjaman dari teman atau keluarga
  • C. Mengikuti pelatihan atau kursus tentang penggunaan laptop
  • D. Memilih untuk mengajar secara offline saja
  • E. Mengeluh tentang kualitas laptop yang kurang memadai

Pembahasan : Pilihan jawaban C memiliki poin tertinggi karena Anda menunjukkan sikap belajar dan berusaha untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam mengoperasikan laptop.

  1. Saat berkunjung ke rumah sahabat Anda yang berbeda agama, Anda diminta untuk ikut berdoa sesuai dengan keyakinan mereka sebelum makan. Sikap Anda adalah…
  • A. Akan menolak dengan alasan bahwa Anda tidak mau mengkhianati keyakinan Anda sendiri
  • B. Akan mengikuti dengan hormat dan mengucapkan doa sesuai dengan keyakinan mereka
  • C. Akan mengikuti dengan diam dan tidak mengucapkan apa-apa
  • D. Akan menghormati dengan tetap berdoa sesuai dengan keyakinan Anda sendiri
  • E. Akan menolak untuk makan bersama mereka karena khawatir tercemar oleh makanan yang tidak halal

Pembahasan : Pilihan jawaban D memiliki poin tertinggi karena Anda mampu untuk saling menghargai perbedaan yang ada namun tidak melunturkan nilai-nilai keagamaan Anda sendiri.

  1. Saat membaca buku tentang sejarah berbagai agama di Indonesia, Anda menemukan fakta-fakta yang tidak sesuai dengan keyakinan Anda. Sikap Anda adalah…
  • A. Akan menutup buku tersebut dan tidak mau membacanya lagi karena merasa tersinggung
  • B. Akan mencari sumber-sumber lain yang mendukung keyakinan Anda dan membantah buku tersebut
  • C. Akan membaca buku tersebut dengan kritis dan mencari tahu latar belakang penulisnya
  • D. Akan membaca buku tersebut dengan terbuka dan mencoba memahami sudut pandang penulisnya
  • E. Akan membakar buku tersebut karena dianggap sebagai penghinaan terhadap keyakinan Anda

Pembahasan : Pilihan jawaban D memiliki poin tertinggi karena Anda mampu bersikap inklusif dan memiliki pikiran yang terbuka terhadap perbedaan. Anda menyadari bahwa perbedaan bukanlah hal yang perlu dipertentangkan melainkan menyikapinya dengan sikapn toleransi

  1. Saat ini marah terjadi demonstrasi dan seringkali berujung anarkis. Bagaimana pandangan Anda terhadap situasi tersebut?
  • A. Kebebasan berpendapat dalam hal ini melakukan demonstrasi harus diikuti dengan nilai-nilai pancasila
  • B. Demonstrasi yang anarkis merupakan hal yang wajar saja sebab adanya kemarahan dari masyarakat karena aspirasinya tidak didengarkan
  • C. Sebaiknya kebebasan berpendapat dihilangkan saja daripada merugikan masyarakat umum
  • D. Mengantisipasi hal tersebut perlunya dibentuk tim yang dilatih untuk melakukan perlawanan terhadap demontran yang anarkis
  • E. Demonstrasi merupakan bentuk kemarahan kita yang disuarakan kepada pemerintah terkait kebijakan

Pembahasan : Pilihan jawaban A memiliki poin tertinggi karena Anda mampu memahami bahwa kebebasan berpendapat perlu mengedepankan nilai-nilai pancasila agar demontrasi dapat berjalan dengan damai dan baik

Nah, gimana contoh soal di atas? Bikin kamu makin pede buat hadapi TKP CPNS 2024, kan? Ingat, sukses itu hasil dari usaha dan latihan terus-menerus. Mau tau soal-soal HOTS CPNS lainnya? Latihan soal lainnya bareng Studiku.id aja!!

Kamu bisa dapatkan ribuan soal quiz dan pembahasannya yang udah terbukti berhasil meloloskan ribuan calon CPNS. Plus, kelas yang bergaransi! Kalau nggak puas, uang kembali 100%. Ngga perlu diraguin lagi deh. Jadi, tunggu apa lagi?

Yuk, kunjungi studiku.id dan daftar sekarang juga!

Iklan Studiku 820x200