25 Contoh Soal PPPK 2024: Kompetensi Manajerial dan Jawabannya. GRATIS !!
Hallo Teman Studiku !
Pejuang PPPK!! Udah siap buat uji kemampuan manajerial kamu? Tenang aja, di sini Studiku.id bakal bantu kamu dengan 25 contoh soal PPPK yang pastinya lengkap dengan jawaban. Dan yang paling penting, ini semua GRATIS untuk kamu dapatkan!
Sudah tau belum materi apa saja yang akan diuji didalam Seleksi Kompetensi Manajarial ? Nih, Studiku kasih tau. Di seleksi kompetensi manajerial nanti, kamu akan diuji dalam berbagai aspek penting seperti: integritas, kerjasama, komunikasi, orientasi hasil, pelayanan publik, pengembangan diri dan orang lain, mengelola perubahan, serta pengambilan keputusan.
Siap-siap deh dari sekarang karna kabarnya pendaftaran PPPK akan dibuka bulan JULI ini. Belajar sambil nyantai, biar otak makin encer dan percaya diri menghadapi ujian. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, langsung aja kita mulai petualangan belajar kita!
Soal dan Jawaban Seleksi Kompetensi Manajarial PPPK 2024
- Rekan kerja Anda di satu unit terkenal dengan sosok yang berintegritas dan sangat menentang gratifikasi. Akan tetapi, suatu ketika, Anda secara jelas menemukan ia bersama dengan rekannya yang lain sedang melakukan perbuatan yang merugikan negara (korupsi). Apa reaksi Anda?
- A. Mengambil pelajaran dari perilaku rekan anda Point 1
- B. Tidak ikut melakukan hal yang sama Point 3
- C. Melaporkan kepada pimpinan Point 4
- D. Bersikap biasa saja Point 2 Kamu tidak menjawab soal ini
Jawaban: C. Ketika rekan kerja Anda melakukan suatu hal kesalahan yang jelas melewati prosedur anda boleh melaporkannya kepada pimpinan
- Anda merupakan seorang ASN baru saja lulus. Selama dua minggu bekerja, Anda memperhatikan bahwa hampir semua pegawai datang dan pulang tidak sesuai dengan jam kerja yang ada diaturan. Sekertaris dinas Anda beberapa kali mengingatkan mengenai jam kerja, namun beberapa pegawai tetap tidak berubah. Dengan kondisi tersebut, bagaimana sikap Anda…
- A. Datang kantor sesuka hati karena tidak ada sanksi Point 1
- B. Berupaya untuk datang tepat waktu jika tidak ada halangan Point 3
- C. Tetap datang tepat waktu sesuai jadwal jam kerja Point 4
- D. Tetap datang tepat waktu agar mendapat perhatian Point 2
Jawaban: C. Anda mampu berperilaku sesuai dengan aturan kantor yang sudah ditetapkan. Anda datang tepat waktu sebab Anda menyadari bahwa itu sudah menjadi aturan, bukan karena adanya alasan lain seperti ingin dipuji dan tanpa pengecualian.
- Sebagai mahasiswa baru di sebuah perguruan tinggi terkemuka, Anda mulai dikenal sebagai...
- A. Seseorang yang cerdas, karena kemampuan akademik Anda yang mengesankan Point 3
- B. Seseorang yang bertanggung jawab, karena Anda selalu menyelesaikan tugas tepat waktu dan menjaga komitmen terhadap tanggung jawab Anda Point 4
- C. Seseorang yang meraih prestasi terbaik, karena Anda berhasil memperoleh predikat terbaik dalam ujian masuk dan menerima penghargaan atas pencapaian akademik Anda Point 2
- D. Seseorang yang menjalankan kehidupan beragama dengan penuh dedikasi, karena Anda terlihat taat dalam menjalankan ibadah dan nilai-nilai agama yang Anda anut Point 1
Jawaban: B. Kompetensi manajerial yang dibutuhkan seseorang adalah salah satunya integritas, dimana orang berintegritas dapat dilihat dari bagaimana mereka bertanggung jawab.
- Anda terlibat dalam tim satgas Covid-19 untuk melakukan pengawasan di perbatasan kota. Pada tim itu Anda betugas pada bagian logistik perlengkapan APD. Suatu waktu, tiba-tiba ada rapat dadakan dan koordinator meminta anda bertugas untuk menjaga pintu keluar-masuk antar kota. Bagaimana sikap Anda…
- A. Langsung bertugas dan melaksanakan tanggung jawab di pintu keluar-masuk antar kota Point 4
- B. Mengajukan penolakan karena Anda sudah nyaman dengan bagian logistik sebelumnya Point 2
- C. Langsung melaksanakan tugas di pintu keluar-masuk antar kota meskipun terpaksa Point 3 D. Mengajukan pengunduran diri dari tim tersebut karena merasa pekerjaanya tidak dihargai
- Point 1
Jawaban: A. Anda mampu menerima dan mendukung keputusan tim serta melaksanakan tugas dalam tim sesuai dengan yang diberikan.
- Anda baru saja ditunjuk sebagai kepala bidang oleh pimpinan Anda. Tugas pertama Anda adalah membentuk tim untuk melakukan sosialisasi di beberapa kecamatan. Persiapan sebelum melakukan sosialisasi sangat banyak, mulai dari riset, membuat presentasi, membuat video dan membawakan materi. Anda diminta untuk memilih beberapa dari staff Anda untuk dimasukkan ke dalam tim. Apa yang Anda lakukan selanjutnya…
- A. Memilih anggota tim yang rajin datang tepat waktu setiap hari Point 2
- B. Memlih anggota tim yang Anda rasa dengan dengan Anda agar komunikasinya lebih mudah Point 1
- C. Memilih anggota tim secara random, agar semua bisa mendapatkan kesempatan Point 3
- D. Memilih anggota tim disesuaikan dengan tugas dan kompetensinya masing-masing Point 4
Jawaban: D. Anda mampu membentuk tim yang tepat disesuaikan kompetensi atau kelemahan-kelebihan yang dimiliki staff Anda dengan pekerjaan tim yang akan dikerjakan agar proses penyelesaian tugasnya bisa lebih efektf-efisien.
- Anda adalah seorang guru di sebuah sekolah dan Anda terpilih untuk menjadi pengawas ujian di tengah semester. Anda telah mempersiapkan materi pembelajaran yang akan disampaikan kepada siswa-siswa Anda. Namun, tiba-tiba ada perubahan rencana dan kepala sekolah meminta Anda untuk menjadi pengawas ujian di ruang lain. Bagaimana sikap Anda...
- A. Langsung menerima tugas sebagai pengawas ujian di ruang lain dan melaksanakan tanggung jawab tersebut. Point 4
- B. Mengajukan penolakan karena Anda sudah mempersiapkan materi pembelajaran dan merasa nyaman menjadi pengajar Point 2
- C. Meskipun terpaksa, Anda langsung melaksanakan tugas sebagai pengawas ujian di ruang lain dengan tetap menjalankan tanggung jawab Anda sebagai guru. Point 3
- D. Mengajukan permintaan kepada kepala sekolah untuk keluar dari tugas pengawas ujian karena merasa bahwa pekerjaan Anda sebagai pengajar tidak dihargai Point 1
Jawaban: A. Anda mampu menerima dan mendukung keputusan tim serta melaksanakan tugas dalam tim sesuai dengan yang diberikan
- Suatu hari Anda ada seorang bapak-bapak paruh baya menghampiri Anda dan menanyakan letak Puskesmas terdekat. Anda pun menjelaskan kepada bapak tersebut arah ke rumah sakit. Bagaimana cara Anda menyampaikannya…
- A. Menjelaskan arah ke puskesmas sambil mata terus menatap maps, kemudian meminta bapak tersebut untuk bertanya saja kembali ke orang yang sedang nongkrong di depan kios Point 1
- B. Menjelaskan arah jalan pintas namun sebenarnya Anda juga masih bingung Point 2
- C. Menjelaskan arah dengan memberikan patokan untuk selanjutnya akan berbelok ke kiri atau ke kanan Point 4
- D. Menjelaskan bahwa puskesmas berada di samping Gedung serba guna Point 3
Jawaban: C. Anda mampu menjelaskan arah menuju Puskesmas dengan menggunakan patokan untuk berbelok kiri atau kanan, sehingga dapat tergambar lebih jelas.
- Anda ditelepon oleh klien bahwa ia tertarik dengan proposal Anda dan meminta Anda untuk memaparkannya besok secara lisan. Apa yang akan Anda lakukan…
- A. Menerima permintaan klien dan kemudian membaca kembali proposal tersebut Point 3
- B. Membuat materi presentasi untuk pemaparan besok Point 4
- C. Meminta rekan Anda untuk membuatkan materi presentasi berdasarkan proposal karena Anda belum terlalu mahir menggunakan PPT Point 2
- D. Meminta klien untuk berpatokan saja dari proposal tersebut karen tidak jauh berbeda ketika dipaparkan Point 1
Jawaban: B. Anda mampu mengambil langkah untuk membuat materi presentasi ketika diminta untuk melakukan pemaparan lisan.
- Anda adala seorang ketua tim. Tiba-tiba anggota Anda bernama Roni dan Dimas bertengkar dan saling beradu mulut. Kemudian datanglah Dimas melapor kepada Anda tentang bagaimana Roni. Lalu, apa yang Anda lakukan…
- A. Meminta mereka untuk berhenti bertengkar dan fokus bekerja Point 2 B. Mengatakan pada Dimas untuk mengalah saja karena Roni memang seperti itu Point 1
- C. Mempertemukan keduanya, kemudian meminta keduanya menceritakan kronologis permasalahan Point 4
- D. Mencari solusi dari apa yang dikatakan oleh Dimas Point 3
Jawaban: C. Anda mampu mendengarkan kronologi permasalahan dari kedua belah pihak sehingga tidak ada yang merasa dirugikan.
- Di kantor Anda dikenal sebagai…
- A. Pegawai yang mampu menyelesaikan tugas dengan tuntas Point 3
- B. Pegawai yang mampu menyelesaikan tugas tuntas sesuai SOP Point 4
- C. Pegawai yang mampu mengerjakan tugas dengan cepat Point 1
- D. Pegawai yang mampu kreatif dalam mengerjakan tugas Point 2
Jawaban : B. Dalam bekerja sikap bertanggung jawab terhadap pekerjaan sangat diperlukan, seperti mengerjakan tugas dengan tuntas sesuai SOP.
- Anda terbiasa menggunakan Microsoft power point untuk membuat materi presentasi, namun ternyata Anda melihat ada aplikasi lain yang bisa digunakan untuk membuat presentasi materi yang lebih menarik. Bagaimana sikap Anda…
- A. Mencoba dan mempelajari aplikasi tersebut agar bisa menghasilkan presentasi yang lebih menarik Point 4
- B. Tetap menggunakan Microsoft power point karna fiturnya lebih mudah Point 2
- C. Memasang aplikasi tersebut dan dipelajari ketika ada waktu Point 3
- D. Tetap menggunakan Microsoft power point karena sudah terbiasa Point 1
Jawaban: A. Anda mampu mencoba metode lain dalam bekerja demi menghasilkan pekerjaan yang lebih baik dari sebelumnya.
- Sebagai atasan yang selama 2 tahun menjabat, Anda melihat kinerja pegawai Anda statis dimana tidak ada peningkatan dan tidak ada penurunan juga. Bagaimana sikap Anda…
- A. Bersyukur karena pegawai bisa bekerja dengan baik Point 2
- B. Merasa senang karena tidak ada penurunan kinerja Point 1
- C. Merancang metode dan target kerja yang baru agar ada peningkatan Point 4
- D. Merasa senang dan melanjutkan metode yang digunakan saat ini Point 3
Jawaban : C. Anda mampu proaktif memikirkan cara agar ada peningkatan kinerja pegawai Anda, bukan hanya sebatas bekerja saja.
- Pada saat Anda sedang bersantai di kantor, ada seseorang yang menghampiri Anda. Ia mengatakan bahwa ia ingin mengajukan cuti, namun pengurusan cuti tersebut bukan urusan bidang Ada. Bagaimana sikap Anda…
- A. Mengarahkannya ke bagian yang bertanggung jawab mengurus cuti Point 4
- B. Mengatakan bahwa itu bukan tanggung jawab Anda Point 3
- C. Menjelaskan mengenai tanggung jawab Anda Point 2
- D.Menerima berkas cutinya Point 1
Jawaban: A. Anda mampu memahami kebutuhan pelanggan/customer yang datang lalu secara aktif mengarahkannya ke bagian yang berwenang untuk memenuhi kebutuhannya.
- Tenaga honorer di instansi pemerintahan Anda mengalami pengurangan, salah satunya adalah yang bertanggung jawab di bagian resepsionis. Sedangkan, tidak jarang beberapa masyarakat datang dari instansi lain menanyakan berbagai macam prosedur pelayanan di instansi Anda. Sebagai pimpinan instansi, apa yang Anda lakukan…
- A. Menutup sementara kantor sampai menemukan pengganti resepsionis tersebut Point 1
- B. Bekerjasama dengan dinas komunikasi dan Informatika untuk membagikan informasi beberapa prosedur pelayanan yang dibutuhkan masyarakat Point 4
- C. Selalu standby di bagian resepsionis untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Point 2
- D. Membuka rekruitmen pegawai untuk bagian resepsionis Point 3
Jawaban: B. Anda mampu mengatasi kendala yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat dengan cara yang efektif dan efisien.
- Anda adalah seorang pimpinan di salah satu rumah sakit di kota Anda. Beberapa pasien mengeluh dengan keluhan yang sama yaitu mereka sering kali datang namun tidak mendapat nomor antrian karena kuota pasien hari itu sudah penuh. Bagaimana sikap Anda…
- A. Menyampaikan bahwa itu sudah konsekuensi dan resiko berobat di rumah sakit Point 1
- B. Meminta pasien untuk bersabar dan mencoba datang lebih awal karena banyak pengunjung setiap harinya Point 2
- C. Membuat pendaftaran secara online agar pasien dapat melihat nomor antrian dan jadwal pengobatan yang ia dapatkan sebelum datang ke rumah sakit Point 4
- D. Menjelaskan bahwa begitulah prosedur yang harus pasien lalui ketika ingin berobat ke rumah sakit dan untuk sehat memang butuh perjuangan Point 3
Jawaban: C. Anda mampu melakukan upaya peningkatan dalam fasilitas pelayanan masyarakat sekaligus menjawab keluhan masyarakat tentang pelayanan di rumah sakit Anda.
- Anda telah bekerja selama 2 tahun di bidang Anda, namun Anda merasa masih ada beberapa hal yang masih kurang di diri Anda. Bagaimana sikap Anda…
- A. Bersikap biasa saja yang penting Anda masih bisa bekerja Point 1
- B. Mencatat apa saja yang masih belum ada kuasai Point 2
- C. Aktif melakukan diskusi dan bertanya dengan rekan yang lebih kompeten Point 4
- D. Mempersiapkan diri untuk bertanya kepada rekan agar tidak malu Point 3
Jawaban: C. Anda mampu berupaya untuk meningkatkan skill atau kompetensi diri Anda setelah Anda menyadari bahwa ada beberapa hal dari diri Anda yang masih kurang.
- Di kantor Anda ada seorang karyawan baru yang ternyata belum punya banyak pengalaman. Setelah Anda menjelaskan mengenai tugas dan tanggung jawabnya, Anda memintanya untuk langsung bekerja. Namun setelah Anda perhatikan, ternyata karyawan tersebut masih kebingungan dan kaku mengerjakan pekerjaanya utamanya menggunakan aplikasi khusus kantor. Sebagai atasan bagaimana sikap Anda…
- A. Berusaha mencari karyawan tambahan agar saling mem-backup pekerjaan sampai karyawan tersebut mahir Point 1
- B. Memberikan kesempatan kepada karyawan tersebut jika ingin resign Point 3
- C. Meminta bagian HRD untuk mengecek kembali karyawan yang ia terima Point 2
- D. Memanggilnya dan mengajarinya step by step cara menggunakan aplikasi kantor dan beberapa pelaporan lainnya Point 4
Jawaban: D. Anda mampu untuk mengajari karyawan baru Anda dalam rangka agar kompetensi/skillnya bertambah melalui cara yang mudah dimengerti yaitu step by step.
- Sebagai koordinator, Anda melihat ada aanggota tim yang salah dalam melakukan pengukuran di lapangan. Bagaimana sikap Anda…
- A. Memberikannya feedback lalu mengajarinya cara yang benar Point 4
- B. Membiarkannya saja berkreasi dan nanti kalau sudah fatal baru ditegur Point 3
- C. Meminta anggota tim yang lain untuk menggantikannya Point 2
- D. Mengeluarkannya dari tim Point 1
Jawaban: A. Sebagai koordinator tim Anda mampu memberikan umpan balik (feedback) dan saran kepada anggota demi meningkatkan kemampuan anggota And.
- Sebagai pimpinan tertinggi di instansi Anda, bagaimana cara Anda meningkatkan kompetensi staff Anda…
- A. Mengajarinya cara bekerja yang baik dan benar Point 3
- B. Rutin mengadakan brifing sebelum bekerja Point 2
- C. Memberikannya fasilitas untuk bekerja Point 1
- D. Membuat program pelatihan sesuai bidang pekerjaan Point 4
Jawaban: D. Anda mampu mengambil langkah dengan membuat program pelatihan sesuai bidang kerja staff Anda untuk meningkatkan kompetensi di bidangnya.
- Di kompleks tempat tinggal Anda baru saja diterapkan beberapa aturan baru yang sebelumnya tidak ada. Dimana, aturan ini dibuat demi kenyamanan dan keamana warga. Sebagai warga, bagaimana sikap Anda…
- A. Menerima dengan baik dan menaatinya Point 4
- B. Menolak aturan baru tersebut karena tidak hadir rapat Point 1
- C. Pindah rumah karena Anda tidak suka diatur Point 2
- D. Menerima aturan tersebut Point 3
Jawaban: A. Anda mampu menerima perubahan dan beradaptasi dalam hal ini aturan yang baru diterapkan yang sebelumnya tidak ada.
- Anda bertanggung jawab dalam membuat laporan data pegawai yang akan di laporkan ke pusat setiap triwulan. Anda telah bertanggung jawab dalam pekerjaan tersebut selama 1 tahun. Tiba-tiba Anda diberikan informasi bahwa format laporan sebelumnya sudah berubah dan ada format yang baru dari kantor pusat. Bagaimana Anda menyikapinya…
- A. Tetap menggunakan format yang lama karena sudah terbiasa Point 1
- B. Menggunakan format yang lama sampai mendapat teguran Point 2
- C. Mencari tahu mengenai bentuk format baru tersebut lalu menggunakannya Point 4
- D. Mencari tahu mengenai informasi perubahan bentuk format yang baru Point 3
Jawaban : C. Anda mampu menerima dan menyesuaikan diri dengan perubahan dalam hal ini format laporan data kepegawaian yang baru
- Dalam kaitannya dengan perubahan, Anda dikenal sebagai orang yang…
- A.Mampu menyesuaikan diri dengan sesuatu hal yang baru Point 4
- B.Tidak terlalu menyukai perubahan Point 1
- C. Butuh waktu dalam menyesuaikan diri Point 2
- D. Cenderung bisa segera beradaptasi Point 3
Jawaban : A. Kemampuan Anda dalam menyesuaikan diri perubahan sangat dibutuhkan dalam aspek bagaimana Anda mengelola perubahan.
- Anda diminta untuk menghadiri rapat bersama dinas kesehatan karena pada waktu itu atasan Anda sedang tugas Dinas. Pada saat rapat tersebut Anda diminta untuk mengambil keputusan segera sebagai pengganti atasan Anda. Bagaimana sikap Anda…
- A. Menolak dengan baik sebab anda tidak berhak mengambil keputusan Point 4
- B. Mengambil keputusan saja sebab Anda sudah diminta untuk menghadiri rapat tersebut Point 2
- C. Segera mengambil keputusan karena sudah dibutuhkan demi nama baik atasan Anda Point 1
- D. Mengambil keputusan saja, nanti baru memberitahukan atasan Anda Point 3
Jawaban: A. Anda mampu menyadari wewenang Anda dalam mengambil keputusan.
- Sebagai pemimpin rapat, Anda diminta untuk memutuskan hasil rapat hari ini. Bagaimana sikap Anda dalam mengambil keputusan…
- A. Memutuskan yang menurut Anda terbaik Point 1
- B. Mempertimbangkan berbagai masukan dari peserta rapat Point 4
- C. Mengambil keputusan berdasarkan suara terbanyak Point 2
- D. Berupaya meyakinkan peserta kalau keputusan Anda adalah paling baik Point 3
Jawaban: Dalam mengambil keputusan Anda mempertimbangkan berbagai informasi untuk menghasilkan keputusan yang tidak merugikan banyak orang.
- Anda diminta untuk mencairkan dana program perbaikan jalan yang jumlahnya tergolong fantastis dan di sisi lain Anda juga perlu mencairkan dana kesehatan, sedangkan anggaran saat ini terbatas. Bagaimana Anda meresponnya…
- A. Langsung membagi dua secara rata anggaran yang tersisa agar adil dan semuanya bisa berjalan Point 2
- B. Menahan semua pencairan dana sampai ada desakan dari pimpinan, karena menurut Anda jika pimpinan yang mendesak berarti itu adalah hal urgent Point 1
- C. Meminta data real di lapangan mengenai seberapa urgent kebutuhan dana yang diperlukan sebelum melakukan pencairan dana Point 4
- D. Mencairkan dana setengahnya saja dari yang diajukan agar masih ada sisa dana yang tersimpan Point 3
Jawaban: C. Anda mampu mengumpulkan data/riset terlebih dahulu untuk menentukan skala prioritas sebelum mengambil keputusan
Nah, Gimana ? Kira - kira kamu udah bisa belum menjawab Soal diatas ? perlu diingat nih, kadang opsi jawaban yang muncul biasanya hampir mirip dan pasti bikin kamu ragu untuk milih jawaban yang benar. Jadi Mulai latihan soal dari sekarang ya, supaya ntar pas ujian kamu ngga kelamaan mikir .
Biar makin siap, yuk join Bimbel PPPK Studiku.id! Di sini kamu bisa dapet materi komplit, Quizz latihan soal terbaru dan paling penting didampingi langsung sama tutor kece yang bakal bantu kamu ngerti sama semua materi yang akan diuji sampai tuntas.
Plusnya lagi, Vidio Materi pembelajaran kelasnya bisa diakses kapan aja dan dimana aja. Jangan sampai ketinggalan, siapin dirimu bareng Studiku.id dan wujudkan mimpi jadi PPPK!