25 Contoh Soal TIU CPNS 2024 Ter-Update Lengkap dengan Pembahasannya - Studiku
25 Contoh Soal TIU CPNS 2024 Ter-Update Lengkap dengan Pembahasannya

25 Contoh Soal TIU CPNS 2024 Ter-Update Lengkap dengan Pembahasannya

Selvia Rosa
Selvia Rosa
22 Juni 2024
  • Hallo Teman Studiku !

Ujian SKD CPNS 2024 sudah dekat, lho! Gimana persiapan Kamu? Salah satu tes penting di SKD adalah TIU (Tes Intelejensia Umum) yang akan nguji kemampuan verbal, logika, numerik, dan analisis kamu.

Penasaran ngga sih gimana soal TIU yang akan diuji saat seleksi CPNS 2024 nanti? Ayo, coba tes kemampuan TIU kamu dengan menjawab soal-soal di bawah ini. Tenang aja, Studiku.id juga udah siapin pembahasan yang super detail buat kamu. Yuk, mulai latihan sekarang juga !!

Soal TIU SKD CPNS 2024

  1. KONTAMINASI = . . .
  • A. Perusakan
  • B. Pemusnahan
  • C. Pencemaran
  • D. Pemberian
  • E. Pengaruh

Jawaban : (C)

Pembahasan : KONTAMINASI dapat diartikan sebagai pengotoran atau pencemaran

  1. IRAN : TEHRAN = REPUBLIK CEKO : ___
  • A. Praha
  • B. Roma
  • C. Brussel
  • D. Madrid
  • E. Athena

Jawaban : (A)

Pembahasan : Ibu kota IRAN adalah TEHRAN. Ibu Kota Republik Ceko adalah Praha

  1. MARKA = . . .
  • A. Tanda
  • B. Larangan
  • C. Perintah
  • D. Petunjuk
  • E. Markas

Jawaban : (A)

Pembahasan : Arti kata marka antara lain tanda, merek, atau tanda pada tali penduga

  1. Premis 1 : Jika Andi kehujanan maka ia sakit Premis 2 : Jika Andi sakit maka ia demam Kesimpulan dari premis di atas adalah …
  • A. Jika Andi kehujanan maka ia demam
  • B. Andi demam karena kehujanan
  • C. Andi kehujanan dan ia demam
  • D. Andi kehujanan dan ia sakit
  • E. Jika Andi sakit maka ia kehujanan

Jawaban : (A)

Pembahasan :

P1 : P → Q

P2 : Q → R

—---------------

K : P → R

P = Andi kehujanan

Q = Andi sakit

R = Andi demam

  1. Bentuk negasi “Beberapa siswa SMP tidak suka belajar dengan komputer” adalah
  • A. Beberapa siswa SMP suka belajar dengan komputer
  • B. Semua siswa SMP suka belajar dengan komputer
  • C. Semua siswa SMP suka belajar pakai komputer
  • D. Ada siswa SMP suka belajar dengan komputer
  • E. Semua siswa SMP tidak suka belajar dengan komputer

Jawaban : (B)

Pembahasan :

“Beberapa siswa SMP tidak suka belajar dengan komputer”

Beberapa = Semua

Tidak = dihilangkan

  1. Premis 1 : Jika aku pulang, kakak akan mencuci baju Premis 2 : Aku pulang
  • A. Kakak mencuci baju
  • B. Kakak mungkin akan mencuci baju
  • C. Kakak tidak mencuci baju
  • D. Kakak bisa jadi mencuci baju
  • E. Tidak dapat ditarik kesimpulan

Jawaban : (A)

Pembahasan : Soal silogisme merupakan bentuk dari modus ponen.

P1 : P → Q

P2 : P

K : Q

P = Aku pulang

Q = Kakak akan mencuci baju

  1. Tasya lebih cermat daripada Darlis, tapi lebih ceroboh daripada Inez. Cika lebih cermat daripada Inez. urutan yang paling cermat adalah . . .
  • A. Cika, Inez, Tasya, Darlis
  • B. Cika, Tasya, Inez, Darlis
  • C. Darlis, Tasya, Inez, Cika
  • D. Darlis, Inez, Tasya, Cika
  • E. Cika, Darlis, Inez, Tasya

Jawaban : (A)

Pembahasan :

Simbol > berarti lebih cermat, dan simbol < bearti lebih ceroboh.

Keterangan berdasarkan bacaan diperoleh bahwa tingkat kecermatan.

Tasya > Darlis Tasya < Inez atau inez > tasya Cika > Inez.

Urutan dari yang paling cermat : Cika > Inez > Tasya > Darlis

  1. Harga daging rib eye di swalayan lebih mahal daripada harga ikan tuna. Harga ikan tuna lebih mahal daripada harga sawi dan harga daging wagyu A5 paling mahal. Dapat disimpulkan bahwa...
  • A. Sawi lebih mahal daripada daging rib eye
  • B. Daging rib eye lebih mahal dari daging wagyu A5
  • C. Daging wagyu A5 lebih mahal dari daging rib eye
  • D. Ikan tuna lebih mahal dari daging wagyu A5
  • E. Sawi lebih mahal dari daging wagyu A5

Jawaban : (C)

Pembahasan :

Daging rib eye > ikan tuna

Ikan tuna > sawi

Daging wagyu A5 paling mahal

Urutan harga dari yang paling mahal : Daging wagyu A5 > daging rib eye > ikan tuna > sawi

  1. (√1156) - (√729) : 9 = …
  • A. 27
  • B. 29
  • C. 31
  • D. 33
  • E. 34

Jawaban : (C)

Pembahasan : Untuk memudahkan pengerjaan, kita dapat menyederhanakan bilangan yang terdapat di dalam akar

= (√1156) - (√729) : 9

= (√289 x √4) - (√81 x √9) : 9

= (17 x 2) - (9 x 3) : 9

= 34 - 27 : 9

= 34 - 3 = 31

  1. Berapakah 21,84 x 32,78?
  • A. 615,9152
  • B. 715,8152
  • C. 715,902
  • D. 715,9152
  • E. 615,8152

Jawaban : (D)

Pembahasan : Hasil perkalian 21,84 x 32,78 adalah 715,9152

  1. Nilai dari 134² - 133² adalah...
  • A. 1
  • B. 257
  • C. 267
  • D. 1460
  • E. 3670

Jawaban : (C)

Pembahasan :

Persamaan (a-b)(a+b) = a² - b²

Maka 134² - 133² = (134 - 133) (134 + 133)

= (1) (267) = 267

  1. Jika X = 2019² - 2018² dan Y = 2019 + 2018, maka...
  • A. X > Y
  • B. X < Y
  • C. X = Y
  • D. (X+Y)² = X² + Y²
  • E. Hubungan X dan Y tidak dapat ditentukan

Jawaban : (C)

Pembahasan :

X = 2019² - 2018²

X = (2019 + 2018) (2019 - 2018)

X = (2019 + 2018) . 1

X = (2019 + 2018)

Y = 2019 + 2018

X = Y

  1. 92, 88, 84, 80, 76, ...., ....
  • A. 72 dan 67
  • B. 71 dan 69
  • C. 70 dan 68
  • D. 72 dan 68
  • E. 68 dan 62

Jawaban : (D)

Pembahasan : Deret di atas memiliki pola bilangan bulat dengan selisih -4

Iklan Studiku 820x200
  1. 5, 6, 7, 5, 6, 7, 8, 5, 6, 7, 8, 9, ..., …
  • A. 5, 6
  • B. 7, 6
  • C. 9, 10
  • D. 12, 9
  • E. 10, 9

Jawaban : (A)

Pembahasan : Deret di atas merupakan pola lompat yang berulang. Apabila diperhatikan, maka pola nya adalah sebagai berikut (5 , 6, 7) (5, 6, 7, 8) (5, 6, 7, 8,

  1. Maka pola selanjutnya adalah kembali mengulang dari angka 5 dan 6
  1. 1½, 3, …, …, 24, 48
  • A. 3 dan 6
  • B. 1½ dan 6
  • C. 6 dan 6
  • D. 6 dan 12
  • E. 12 dan 18

Jawaban : (D)

Pembahasan : Deret di atas merupakan deret bilangan bulat dengan selisih kelipatan 2 (x 2)

  1. Ani berangkat dari Bali pukul 06.00 WITA tiba di Jakarta pukul 09.00 WIB. Jika kecepatan pesawat adalah 375 km/jam, berapakah jarak kedua kota tersebut?
  • A. 1501 m
  • B. 1125 km
  • C. 1500 km
  • D. 2073 m
  • E. 5492 km

Jawaban : (C)

Pembahasan :

Jarak = Kecepatan x Waktu Jarak = 375 km/jam x (09.00 WIB - 06.00 WITA)

Jarak = 375 km/jam x (09.00 WIB - 05.00 WIB)

Jarak = 375 km/jam x 4 jam

Jarak = 1500 km

  1. Andri membeli kaos seharga Rp20.000,00 dan jika dijual akan mendapatkan keuntungan 20%. Harga jual yang ditetapkan oleh Andri kepada pembeli adalah …
  • A. Rp25.000,00
  • B. Rp24.000,00
  • C. Rp22.000,00
  • D. Rp23.000,00
  • E. Rp21.000,00

Jawaban : (B)

Pembahasan :

Harga Jual = Harga Beli + Untung

= 20.000 + (20% x 20.000)

= 20.000 + (4.000) = 24.000

  1. Penghasilan pegawai per bulan adalah Rp40.000.000,00. Jika penghasilan tidak kena pajak sebesar Rp39.000.000,00 dengan tarif 12%, berapakah penghasilan bersih pegawai?
  • A. Rp29.748.000,00
  • B. Rp35.600.000,00
  • C. Rp39.880.000,00
  • D. Rp40.531.000,00
  • E. Rp42.690.000,00

Jawaban : (C)

Pembahasan : Pajak Penghasilan = (Penghasilan Bruto - PTKP) x Tarif = (40.000.000 - 39.000.000) x 12% = 1.000.000 x 12% = 120.000

  1. Fina membeli sepatu seharga Rp500.000. Jika ia menginginkan untung sebesar 20% jika sepatu dijual kembali, berapa harga jual yang harus ia tetapkan?
  • A. Rp500.000,00
  • B. Rp550.000,00
  • C. Rp575.000,00
  • D. Rp600.000,00
  • E. Rp625.000,00

Jawaban : (D)

Pembahasan :

%harga jual = %harga beli + %untung

= 100% + 20% = 120%

Harga jual = harga beli x %harga jual = Rp500.000 x 120% = Rp600.000,00

  1. Pak Rusdi membeli pakaian seharga Rp600.000/kodi sebanyak 3 kodi. Ia kemudian menjual kembali seharga Rp400.000 per lusin. Keuntungan yang diperoleh Pak Rusdi adalah sebesar
  • A. Rp600.000,00
  • B. Rp500.000,00
  • C. Rp400.000,00
  • D. Rp300.000,00
  • E. Rp200.000,00

Jawaban : (E)

Pembahasan :

1 kodi = 20 buah

1 lusin = 12 buah

Barang yang dibeli = 3 kodi x 20 buah = 60 buah = 5 lusin

Harga beli = 600.000 x 3 = 1.800.000/3 kodi

Harga jual = 400.000/lusin x 5 lusin = 2.000.000

Keuntungan = 2.000.000-1.800.000 = 200.000

  1. Meja makan terdiri atas 6 kursi yang disusun secara melingkar. Berapa banyak cara untuk mengatur duduk orang-orang di meja makan tersebut?
  • A. 720
  • B. 540
  • C. 360
  • D. 240
  • E. 120

Jawaban : (E)

Pembahasan :

Permutasi Siklik = (n-1)!

= (6-1)!

= 5! = 5.4.3.2.1 = 120

  1. Ada lima mahasiswa A, B, C, D, dan E yang mengikuti sebuah seminar A dan D berasal dari fakultas yang sama, dan D dan E juga berasal dari fakultas yang sama. Bila mahasiswa yang berasal dari fakultas yang sama tidak boleh duduk berdekatan, kemungkinan posisi tempat duduk mereka dalam satu deretan adalah .....
  • A. A, D, E, B, C
  • B. A, B, C, D, E
  • C. E, C, D, A, B
  • D. D, C, A, E, B
  • E. D, C, A, B, E

Jawaban : (E)

Pembahasan : Untuk tipe soal ini lebih cepat dengan mengeliminasi opsi Ada lima mahasiswa = A, B, C, D, dan E

Mahasiswa yang berasal dari fakultas yang sama tidak boleh duduk berdekatan

A dan D berasal dari fakultas yang sama

D dan E juga berasal dari fakultas yang sama

Berarti A, D, E dari fakultas sama, sehingga A, D, E tidak saling berdekatan

A, D, E, B, C (salah karena A dan D berdekatan)

A, B, C, D, E (salah karena D dan E berdekatan)

E, C, D, A, B (salah karena A dan D berdekatan)

D, C, A, E, B (salah karena A dan E berdekatan)

D, C, A, B, E (benar)

  1. Keliling suatu persegi panjang 28 cm, tentukan luas persegi panjang tersebut jika panjang nya 2 cm lebih dari lebar nya!
  • A. 38 cm²
  • B. 48 cm²
  • C. 57 cm²
  • D. 66 cm²
  • E. 42 cm²

Jawaban : (B)

Pembahasan :

Misal: x = lebar, maka x + 2 = panjang.

keliling = 2 (panjang + lebar) 28 = 2 {(x+2) + x} = 2 (2x+2) = 4x + 4 28-4 = 4x 4x = 24 x = 6 cm

jadi lebar = 6 cm panjangnya = x + 2 = 6 + 2 = 8 cm

Luas = panjang × lebar = 8 × 6 = 48 cm²

  1. Diketahui keliling belah ketupat 100 cm dan panjang salah satu diagonal nya 48 cm. Tentukan Luas belah ketupat tersebut!
  • A. 336 cm²
  • B. 421 cm²
  • C. 373 cm²
  • D. 237 cm²
  • E. 952 cm²

Jawaban : (A)

Pembahasan :

keliling belah ketupat = 4 × sisi 100 = 4 × sisi Sisi = 100/4 = 25 cm

Misal diagonal lain nya = y maka:

y² = 25² – 24² = 625 – 576 =49 y = 7

luas belah ketupat = (d1 × d2) / 2 = (48 × (y × 2)) / 2 = (48 × 14) / 2 = 24 × 14 = 336 cm²

  1. Jika X² + Y² = 20 dan XY = 5, maka…
  • A. (X+Y)² < 10
  • B. (X+Y)² > 10
  • C. (X+Y)² = 10
  • D. (X - Y)² < 10
  • E. Hubungan X dan Y tidak dapat ditentukan

Jawaban : (B)

Pembahasan :

Konsep persamaan kuadrat : (X+Y)² = X² + 2XY + Y² (X - Y)² = X² - 2XY + Y²

Persamaan (X+Y)², maka : (X+Y)² = X² + 2XY + Y² (X+Y)² = [X² + Y²] + 2XY (X+Y)² = [20] + 2(5) (X+Y)² = 30

Persamaan (X - Y)², maka : (X - Y)² = X² - 2XY + Y² (X - Y)² = [X² + Y²] - 2XY (X - Y)² = [20] - 2(5) (X - Y)² = 10

Nah, gimana contoh soal di atas? Bikin kamu lebih siap buat hadapi TIU CPNS 2024, kan? Jangan lupa, keberhasilan datang dari usaha dan latihan terus-menerus. Mau tau soal-soal HOTS CPNS lainnya? Latihan soal lainnya bareng Studiku.id aja!!

Kamu bisa dapetin materi yang terstruktur dan video pembelajaran yang fleksibel yang udah terbukti membantu banyak calon CPNS lulus. Plus, ada fitur latihan soal yang interaktif dan diskusi langsung dengan tutor ahli! Nggak perlu diraguin lagi deh. Jadi, tunggu apa lagi?

Yuk, kunjungi https://studiku.id dan daftar sekarang juga!

Iklan Studiku 820x200