25 Contoh Soal TWK CPNS 2024 dan Pembahasannya. - Studiku
25 Contoh Soal TWK CPNS 2024 dan Pembahasannya.

25 Contoh Soal TWK CPNS 2024 dan Pembahasannya.

Selvia Rosa
Selvia Rosa
21 Juni 2024

Hallo Teman Studiku !

Gimana Persiapan Kamu untuk Seleksi CPNS 2024? Sudah Maksimal ? Yuk, kita asah kemampuan kamu dengan 25 contoh soal TWK CPNS 2024 yang sudah Studiku.id siapkan khusus buat kamu. Di blog kali ini, kamu nggak cuma dapat soal-soal yang up-to-date, tapi juga pembahasannya yang detail dan mudah dipahami. Jadi, nggak perlu khawatir lagi buat persiapan ujian nanti.

Ada 7 (tujuh) point penting yang harus kamu ketahui dalam ujian TWK yaitu ; Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, UUD 1945, Integritas, Nasionalisme, Bela Negara, dan Bahasa Indonesia. Penasaran ngga sih soal apa aja yang bakal kamu hadapi nanti ? Yuk, simak Contoh soal TWK CPNS 2024 dan pembahasannya berikut ini.

Soal TWK CPNS 2024

  1. Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia berarti ...
  • A. Pancasila adalah satu-satunya pandangan hidup yang dianut oleh bangsa Indonesia
  • B. Pancasila adalah sumber dari segala sumber hukum di Indonesia
  • C. Pancasila adalah prinsip hidup yang ideal atau cita-cita bangsa Indonenesia
  • D. Pancasila adalah rumusan falsafah hidup yang bersifat universal dan abadi
  • E. Pancasila adalah pedoman perilaku yang harus dijunjung tinggi oleh seluruh rakyat Indonesia

Jawaban: C. Pancasila adalah prinsip hidup yang ideal atau cita-cita bangsa Indonesia

Pembahasan: Pancasila mencerminkan cita-cita dan prinsip hidup bangsa Indonesia, yang menjadi pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

  1. Pada sidang BPUPKI yang pertama yaitu tanggal 29 Mei – 1 Juni 1945, hal apakah yang menjadi pembahasan…
  • A. Rumusan dasar negara
  • B. Rancangan UUD 1945
  • C. Bentuk Negara
  • D. Menetapkan presiden dan wakil presiden
  • E. Pembagian wilayah Indonesia

Jawaban: A. Rumusan dasar negara

Pembahasan: Sidang pertama BPUPKI membahas tentang rumusan dasar negara Indonesia yang kemudian menghasilkan Pancasila.

  1. Terdapat tiga tokoh nasional yang mengusulkan dasar negara, diantaranya adalah…
  • A. Mohammad Yamin, Soepomo, dan Soekarno
  • B. Soekarno, Moh Hatta, dan Radjiman Wedyodiningrat
  • C. Tjipto Mangunkusumo, Douwes Dekker, dan Ki Hajar Dewantara
  • D. Agus Salim, Abdul Kahar Muzakkir, Abdul Wahid Hasyim
  • E. Soekarno, Moh Hatta, Ahmad Soebardjo

Jawaban: A. Mohammad Yamin, Soepomo, dan Soekarno

Pembahasan: Ketiga tokoh ini mengusulkan konsep dasar negara dalam sidang BPUPKI.

  1. Indonesia terdiri atas ragam budaya, agama, suku dan ras yang tersebar dari sabang sampai merauke. Keberagaman tersebut tidak membuat Indonesia menjadi terpecah belah melainkan keutuhan sebagai NKRI tetap terjaga melalui adanya sikap saling toleransi. Hal ini berkaitan dengan…
  • A. Nasionalisme
  • B. Cinta tanah air
  • C. Bhinneka Tunggal Ika
  • D. NKRI
  • E. Pancasila

Jawaban: C. Bhinneka Tunggal Ika

Pembahasan: Semboyan ini menggambarkan persatuan dalam keberagaman di Indonesia.

  1. Tanggal 11 ferbuari 1950, lambang garuda pancasila beserta semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” secara resmi digunakan pada…
  • A. Sidang BPUPKI I
  • B. Sidang kabinet RIS
  • C. Pertemuan umum di hotel Des Indes Jakarta
  • D. Sidang PPKI I
  • E. Sidang PPKI II

Jawaban: B. Sidang kabinet RIS

Pembahasan: Pada tanggal ini, lambang Garuda Pancasila diperkenalkan dan digunakan secara resmi.

  1. Kapan pertama kali lambang garuda pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika diperkenalkan pada khalayak umum?
  • A. 11 Februari 1950
  • B. 15 Februari 1950
  • C. 18 Agustus 1945
  • D. 18 Agustus 1950
  • E. 17 Agustus 1945

Jawaban: A. 11 Februari 1950

Pembahasan: Pada tanggal ini, lambang Garuda Pancasila resmi diperkenalkan kepada publik.

  1. Memandang budaya sendiri lebih baik dari budaya orang lain dan menjadikan standar budaya sendiri untuk menilai budaya orang lain termasuk sikap…
  • A. Sukuisme
  • B. Primordialisme
  • C. Egoisme
  • D. Ekstrimisme
  • E. Etnosentrisme

Jawaban: E. Etnosentrisme

Pembahasan: Etnosentrisme adalah pandangan yang menganggap budaya sendiri lebih unggul dibanding budaya lain.

  1. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika pertama kali diungkapkan oleh…
  • A. Mpu Sendok
  • B. Mpu Tantular
  • C. Mpu Welang
  • D. Mpu Kuwung
  • E. Mpu Dewayasa

Jawaban: B. Mpu Tantular

Pembahasan: Semboyan ini berasal dari karya Mpu Tantular dalam kitab Sutasoma.

  1. Siapakah yang merancang lambang garuda pancasila?
  • A. Sultan Hamid II
  • B. Sultan Hamengkubuwono
  • C. Moh Hatta
  • D. Soekarno
  • E. Moh Yamin

Jawaban: A. Sultan Hamid II

Pembahasan: Sultan Hamid II adalah perancang lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila.

  1. Negara kesatuan terdiri atas negara kesatuan sistem sentralisasi dan sistem desentralisasi. Maksud dari sistem desentralisasi adalah…
  • A. Penyerahan wewenang pemerintahan oleh pemerintah pusat kepada daerah otonom
  • B. Kewenangan terbesar berada di pemerintah pusat
  • C. Rakyat memegang kekuasaan terbesar di pemerintahan
  • D. Segala aturan atau kebijakan yang dikeluakan oleh pemerintah pusat tidak dapat diganggu gugat
  • E. Pemerintah memegang kuasa atas segala keputusan

Jawaban: A. Penyerahan wewenang pemerintahan oleh pemerintah pusat kepada daerah otonom

  • Pembahasan: Desentralisasi adalah pembagian wewenang dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah.
  1. Pada tahun 1948 terjadi pemberontakan di Madiun yang dipimpin oleh Muso. Latar belakang meletusnya pemberontakan ini adalah…
  • A. Ingin mengganti ideologi pancasila menjadi ideologi Islam
  • B. Ingin mengganti ideologi pancasila menjadi ideologi komunis
  • C. Negara Indonesia tidak ingin bergabung dengan NKRI
  • D. Adanya ketimpangan pembangunan antara daerah jawa dengan daerah timur
  • E. Adanya keinginan negara Indonesia berbentuk negara federal

Jawaban: B. Ingin mengganti ideologi Pancasila menjadi ideologi komunis

Pembahasan: Pemberontakan ini bertujuan mengganti ideologi Pancasila dengan komunisme.

  1. UUD 1945 merupakan konstitusi negara Indonesia yang digunakan sampai saat ini. Pada tanggal berapakah UUD 1945 sah sebagai konstitusi negara Indonesia?
  • A. 17 Agustus 1945
  • B. 18 Agustus 1945
  • C. 20 Agustus 1945
  • D. 21 Agustus 1945
  • E. 22 Agustus 1945

Jawaban: B. 18 Agustus 1945

Pembahasan: UUD 1945 disahkan sehari setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia.

  1. MPR atau Majelis Permusyawaratan Rakyat terdiri atas…
  • A. DPR dan Mahkamah Agung
  • B. DPR dan DPD
  • C. Mahkamah Konstitusi dan Mahkamah Agung
  • D. DPD dan Mahkamah Agung
  • E. DPR dan Mahkamar Konstitusi

Jawaban: B. DPR dan DPD

Iklan Studiku 820x200

Pembahasan: MPR terdiri dari dua lembaga, yaitu Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

  1. Dewan Pertimbangan Agung (DPA) telah dihapuskan berdasarkan keputusan presdien pada tanggal 31 Juli 2003. Alasan dihapuskannya DPA adalah…
  • A. Banyak anggota DPR yang tidak sejutu dengan berdirinya DPA ini
  • B. Anggota DPA melakukan pelanggaran
  • C. Dianggap tidak terlalu banyak mengerjakan pekerjaan pemerintahan sehingga tidak efektif
  • D. Ingin diganti dengan lembaga yang lain
  • E. Tidak mampu bekerja dengan optimal

Jawaban: C. Dianggap tidak terlalu banyak mengerjakan pekerjaan pemerintahan sehingga tidak efektif

  • Pembahasan: DPA dihapus karena dianggap kurang efektif dalam menjalankan fungsinya.
  1. Pentingnya akuntabilitas agar menghindari perilaku korupsi. Adapun salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam sebuah organsiasi agar akuntabilitas dapat berjalan adalah peran / kontribusi. Maksudnya adalah…
  • A. Setiap organisasi menjalankan tugasnya secara maksimal dan mendapatkan pernghargaan
  • B. Setiap organisasi memberikan kontribusi nyata dan terbaiknya kepada masyarakat/stake holder
  • C. Setiap organisasi menjalankan tugas pokok dan fungsinya secara berintegritas
  • D. Setiap organisasi memastikan anggotanya melaksanakan tugas dan fungsi sesuai tujuan organisasi
  • E. Setiap organisasi berperan dalam mencapai tujuan organisasi

Jawaban: B. Setiap organisasi memberikan kontribusi nyata dan terbaiknya kepada masyarakat/stakeholder

  • Pembahasan: Kontribusi nyata dari organisasi penting untuk mencapai tujuan dan menjaga akuntabilitas.
  1. Dalam rangka pemberantasan korupsi secara terintegrasi, KPK mensosialisasikan “Sistem Intgeritas Nasional (SIN)”. Sistem Integritas Nasional ada sebuah proses yang komperhensif. Proses yang komprehensif maksudnya adalah…
  • A. Pembangunan integritas secara menyeluruh dan menyentuh semua bagian
  • B. Pembangunan integritas dilakukan pada bidang yang krusial
  • C. Pembangunan integritas diperkuat pada akarnya
  • D. Pembangunan integritas dilakukan secara maksimal
  • E. Pembangunan integritas dioptimalkan pada beberapa bagian saja

Jawaban: A. Pembangunan integritas secara menyeluruh dan menyentuh semua bagian

Pembahasan: Integritas harus dibangun secara menyeluruh di semua aspek untuk efektif.

  1. Menekankan persatuan pada identitas nasional secara inklusif atau lebih luas termasuk aspek etnis, agama, budaya, sejarah, bahasa dan simbol yang mengikat suatu bangsa disebut sebagai…
  • A. Nasionalisme budaya
  • B. Nasionalisme agama
  • C. Nasionalisme kenegaraan
  • D. Nasionalisme etnis
  • E. Nasionalisme kewarganegaraan

Jawaban: E. Nasionalisme kewarganegaraan

Pembahasan: Nasionalisme kewarganegaraan mengedepankan persatuan dalam keberagaman etnis, agama, budaya, dll.

  1. Perkembangan lahirnya nasionalisme di Indonesia didorong oleh beberapa faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Manakah di bawah ini yang termasuk faktor eksternal…
  • A. Munculnya golongan cendekiawan
  • B. Perasaan senasib dan sepenanggungan
  • C. Kenangan kejayaan masa lampau
  • D. Adanya keiinginan untuk melepaskan diri dari imperialisme
  • E. Kemenangan Jepang atas Rusia

Jawaban: E. Kemenangan Jepang atas Rusia

Pembahasan: Kemenangan Jepang atas Rusia menginspirasi bangsa-bangsa Asia untuk melawan kolonialisme.

  1. Bangsa Indonesia mencoba meminta kemerdekaan dari Belanda melalui organisasi pergerakan yang bernama GAPI. Hal ini merupakan salah satu fase dalam perkembangan nasionalisme di Indonesia. Fase ini disebut…
  • A. Fase perintis
  • B. Fase penegas
  • C. Fase percobaan
  • D. Fase pendobrak
  • E. Fase pelaksana

Jawaban: C. Fase percobaan

Pembahasan: Fase percobaan adalah upaya untuk memperoleh kemerdekaan melalui pergerakan diplomasi.

  1. Manakah di bawah dasar hukum bela negara…
  • A. Pasal 21 ayat 2 UUD 1945
  • B. Pasal 20 ayat 1 UUD 1945
  • C. Pasal 27 ayat 3 UUD 1945
  • D. Pasal 25 ayat 1 UUD 1945
  • E. Pasal 30 ayat 2 UUD 1945

Jawaban: E. Pasal 30 ayat 2 UUD 1945

Pembahasan: Pasal ini menyatakan bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

  1. Bela negara merupakan wujud pengabdian dan bakti bangsa Indonesia dalam membela negara. Adapun beberapa unsur bela negara berikut ini, kecuali…
  • A. Cinta tanah air
  • B. Kesadaran berbangsa dan bernergara
  • C. Setia terhadap pancasila sebagai Ideologi negara
  • D. Wajib mengikuti pelatihan militer
  • E. Rela berkorban untuk bangsa dan negara

Jawaban: D. Wajib mengikuti pelatihan militer

Pembahasan: Wajib militer tidak termasuk dalam unsur bela negara yang harus dilakukan oleh setiap warga negara.

  1. Bangsa Indonesia perlu mengisi kemerdekaan dengan sikap-sikap positif agar integrasi bangsa dapat terus terjaga. Hal itu penting dilakukan karena bukan tidak mungkin terdapat hal-hal yang dapat mengancam integrasi bangsa salah satunya adalah ancaman militer. Manakah di bawah ini yang tidak termasuk ancaman militer terhadap intgerasi bangsa?
  • A. Agresi
  • B. Spinase
  • C. Sabotase
  • D. Hedonisme
  • E. Terorisme

Jawaban: D. Hedonisme

Pembahasan: Hedonisme adalah ancaman non-militer yang dapat mempengaruhi nilai dan budaya masyarakat.

  1. Perhatikan paragraf berikut! Daun kelor dikenal sebagai tanaman bermanfaat. Daun kelor merupakan sumber zat besi, kalsium, vitamin C, vitamin B6, dan riboflavin yang baik. Studi menunjukkan manfaat daun kelor mengandung sejumlah senyawa dengan efek meningkatkan kesehatan, termasuk quercetin dan beta-sitosterol. Gagasan pokok dari teks diatas adalah…
  • A. Daun kelor dapat menyembuhkan penyakit
  • B. Daun kelor dapat meningkatkan kesehatan
  • C. Daun kelor adalah tanaman bermanfaat
  • D. Daun kelor mengandung vitamin C
  • E. Daun kelor memgandung senyawa seperti beta-stosterol

Jawaban: C. Daun kelor adalah tanaman bermanfaat

Pembahasan: Gagasan pokok teks tersebut adalah tentang manfaat daun kelor secara umum.

  1. Perhatikan paragraf berikut! Betakaroten atau vitamin A merupakan zat gizi penting yang diperlukan mata. Zat ini memang tidak dapat menyembuhkan kebutaan, tetapi dapat memperbaiki kondisi mata akibat kekurangan vitamin A. Sifatnya yang antioksidan dapat mencegah penyakit katarak yang kerap menimpa para lansia. Untuk itu, anak-anak perlu mengonsumsi betakaroten sejak dini. Kesimpulan dari paragraf di atas adalah…
  • A. Antioksidan dapat mencegah penyakit katarak
  • B. Anak-anak jarang mengonsumsi vitamin A
  • C. Vitamin A sangat bagus untuk kesehatan mata karna mengandung antioksidan
  • D. Anak-anak harus konsumsi vitamin A sejak dini sebab penting untuk kesehatan mata
  • E. Vitamin A penting untuk kesehatan mata karena mengandung betakaroten

Jawaban: D. Anak-anak harus konsumsi vitamin A sejak dini sebab penting untuk kesehatan mata

Pembahasan: Paragraf ini menyimpulkan pentingnya konsumsi vitamin A sejak dini untuk kesehatan mata anak-anak.

  1. Bacalah teks berikut! Lingkungan adalah sumber daya alam yang mendukung kehidupan manusia dan makhluk lainnya. Lingkungan juga merupakan tempat interaksi dan hubungan antara manusia dan alam. Lingkungan perlu dilestarikan dan dikelola dengan baik agar tidak terjadi kerusakan, pencemaran, dan eksploitasi berlebihan. Lingkungan yang sehat dan harmonis akan memberikan manfaat bagi kesehatan, keindahan, dan kenyamanan bagi semua makhluk. Makna dari kata eksploitasi pada teks di atas adalah…
  • A. Pemerasan; pemanfaatan untuk keuntungan sendiri
  • B. Pendayagunaan
  • C. Pemanfaatan
  • D. Pengrusakan
  • E. Pengabaian

Jawaban: A. Pemerasan; pemanfaatan untuk keuntungan sendiri

Pembahasan: Eksploitasi dalam konteks ini berarti pemanfaatan sumber daya alam secara berlebihan dan untuk keuntungan sendiri, yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan.

Nah, gimana contoh soal di atas? bikin kamu makin pede buat hadapi TWK CPNS 2024, kan? Inget, sukses itu hasil dari usaha dan latihan terus-menerus. Mau tau soal - soal HOTS CPNS lainnya ? Latihan soal bareng Studiku.id aja !!

Kamu bisa dapatkan ribuan soal quiz dan pembahasannya yang udah terbukti berhasil meloloskan ribuan calon CPNS. Plus, kelas yang bergaransi! Kalau nggak puas, uang kembali 100%. Ngga perlu diraguin lagi deh. Jadi, tunggu apa lagi?

Yuk kunjungi studiku.id dan daftar sekarang juga !

Iklan Studiku 820x200