7 Hal yang Harus Diperhatikan agar Kamu Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2024 - Studiku
7 Hal yang Harus Diperhatikan agar Kamu Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2024

7 Hal yang Harus Diperhatikan agar Kamu Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2024

Selvia Rosa
Selvia Rosa
30 Mei 2024

Hallo Teman Studiku !

Kamu pasti udah gak sabar menanti seleksi penerimaan CPNS 2024, kan? Nah, sebelum Kamu terjun ke babak penyisihan, ada satu tahapan krusial yang harus dilaluinya dulu, yakni seleksi administrasi. Jangan anggap remeh, ya! Tahap ini bakal jadi kunci utama yang menentukan apakah kamu bakal lanjut ke babak berikutnya atau malah terpaksa angkat koper :(

Seleksi administrasi ini sebenernya cuma soal kelengkapan berkas dan persyaratan pelamar. Tapi, justru di sinilah banyak peserta tergelincir gara-gara teledor atau kurang teliti. Makanya, pastikan Kamu mengecek ulang berkas-berkas yang dibutuhkan supaya gak ada yang kurang atau salah. Lengkap dan sesuai ketentuan, berikut ini 7 hal yang harus Kamu perhatikan dalam seleksi adminitrasi CPNS 2024 !

  1. E- Materai Salah satu dokumen penting yang harus dilengkapi dalam seleksi administrasi CPNS adalah surat lamaran yang telah dibubuhi e-materai. Fyi, Materai fisik sudah tidak berlaku sejak Tahun 2023 dan beralih ke materai elektronik. Perlu kamu ingat !! Satu materai elektronik hanya bisa digunakan pada satu dokumen saja.

  2. Nama Lengkap Nama lengkap Kamu harus sesuai dan tidak ada perbedaan atau kesalahan penulisan di seluruh dokumen, baik KTP, ijazah, kartu keluarga dan akta kelahiran. Coba dicek kembali ya sebelum seleksi adminitrasinya.

  3. Kualifikasi Pendidikan Pastikan memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan formasi yang dibuka. Setiap posisi CPNS biasanya mensyaratkan jenjang pendidikan tertentu, misalnya S1, S2, atau D3. Nah, Pastikan Kamu untuk melampirkan ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir oleh institusi pendidikan terkait apabila diminta. Ijazah ya bukan SKL !

  4. Format Dokumen Unggah dokumen sesuai dengan format yang diminta sesuai dengan persyaratan di situs web resmi SSCASN. Jangan lupa pada saat scan dokumen pastikan scan bewarna ya. Jangan sampai ada dokumen yang buram atau tidak terbaca karena dapat mempengaruhi validitas berkas.

Iklan Studiku 820x200
  1. Surat Lamaran Instansi yang akan dilamar biasanya sudah menentukan Format Surat Lamaran CPNS. Pastikan kamu mengunduh di website sesuai instansi yang ingin Kamu lamar, Bukan membuat surat lamaran sendiri .

  2. E-KTP Buat Kamu yang baru menikah atau baru saja pindah domisili atau lainnya diharapkan untuk segera memperbarui informasi pada KTP. Agar NIK yang akan digunakan pada saat mendaftar, terdaftar di disdukcapil. Selain itu Foto e-KTP harus jelas dan tidak buram sehingga seluruh informasi seperti nama, alamat, dan nomor identitas dapat terbaca dengan jelas.

  3. Akreditasi Pendidikan Akreditasi Pendidikan harus sesuai dengan tahun kelulusan pelamar, meskipun akreditas tahun saat kamu mendaftar berbeda dengan pada saat kamu lulus, tetapi yang digunakan adalah akreditas yang tertera pada ijazah kelulusan kamu.

Nah, udah tau kan apa yang harus kamu perhatikan sebelum seleksi adminitrasi CPNS 2024 . Ayo tunggu apalagi, persiapkan dari sekarang, jangan sampai gagal tahap adminitrasi yaa. Perjalanan kamu masih panjang dan kita percaya kamu pasti bisa sampai tahap akhir! Studiku.id udah berhasil meloloskan ribuan calon pendaftar lho, belajar bareng kita yuk? Kamu bakal diajarin dari “0” banget dengan materi yang sudah disusun secara terstuktur bikin belajar kamu jadi lebih terarah.

Jangan lupa https://studiku.id/ dan daftar sekarang juga, ya!

Iklan Studiku 820x200