Mengenal PPATK : Formasi dan Syarat Daftar CPNS PPATK 2024 - Studiku
Mengenal PPATK : Formasi dan Syarat Daftar CPNS PPATK 2024

Mengenal PPATK : Formasi dan Syarat Daftar CPNS PPATK 2024

Selvia Rosa
Selvia Rosa
19 Juni 2024

Hallo teman Studiku!

Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) adalah salah satu proses yang banyak calon pegawai nanti yang ingin berkarir di sektor pemerintahan.

Jabatan Pimpinan Tinggi di PPATK menawarkan kesempatan luar biasa bagi individu yang memiliki kualifikasi dan dedikasi tinggi untuk berkontribusi dalam menjaga integritas keuangan negara. Nah, apa aja si formasi dan syarat syaratnya? Yuk, langsung simak selengkapnya dibawah ini!

Apa itu PPATK ?

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) adalah lembaga independen yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden. PPATK berdiri berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang. Lembaga ini memiliki tugas utama untuk menerima, menganalisis, dan menyampaikan laporan transaksi keuangan mencurigakan.

Syarat Pendaftaran CPNS PPATK 2024

PPATK belum mengeluarkan syarat pendaftaran 2024 secara resmi. Meski begitu, biasanya syarat pendaftaran PPATK CPNS setiap tahunnya tidak akan jauh berbeda. Oleh karena itu, pendaftaran bisa menyiapkan diri dengan merujuk pada syarat dan ketentuan pendaftaran tahun sebelumnya. Berikut syarat pendaftaran CPNS PPATK yang dirujuk dari tahun sebelumnya :

Persyaratan Umum PPATK CPNS 2023

  1. Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun pada saat mendaftarjmelamar melalui registrasi online di https://sscasn.bkn.go.id.
  3. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih.
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara
  5. Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  6. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, PPPK, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.
  7. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
  8. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan Jabatan.
  9. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan Jabatan yang dilamar dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku.
  10. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku, wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir.
  11. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba/Napza dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku, wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir.
  12. Tidak bertato/bekas tato dan bertindik/bekas tindik pada anggota badan lainnya selain di telinga kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama
  13. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah.
Iklan Studiku 820x200

Persyaratan Khusus (Formasi Umum)

  1. Ijazah pelamar yang diakui adalah ijazah yang diperoleh dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dengan Program Studi terakreditasi minimal B.
  2. Bagi pelamar yang memperoleh ijazah dari Perguruan Tinggi Luar Negeri dapat mendaftar setelah memperoleh penyetaraan ijazah dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan.
  3. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) bagi pelamar berijazah Sarjana (S1/Diploma IV) minimal 2,75. Nilai TOEFL ITP/TOEFL Institutional/TOEFL Prediction minimal 475 dibuktikan dengan fotokopi sertifikat Institutional TOEFL Prediction yang diperoleh setelah tanggal 1 Oktober 2021.

(Formasi Cumlaude)

  1. Pelamar adalah lulusan terbaik (cumlaude/dengan pujian) dari perguruan Tinggi Negeri/Swasta yang terakreditasi A/Unggul dan Program Studi terakreditasi A/Unggul pada saat lulus dan dibuktikan dengan Surat Keterangan Lulus cumlaude/dengan pujian pada ijazah Sarjana (S1/Diploma IV) atau transkrip nilai.
  2. Bagi pelamar yang memperoleh ijazah dari Perguruan Tinggi Luar Negeri dapat mendaftar setelah memperoleh penyetaraan ijazah dan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara cumlaude/ dengan pujian dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan.
  3. Nilai TOEFL ITP /TOEFL Institutional/TOEFL Prediction minimal 475 (empat ratus tujuh puluh lima) dibuktikan dengan fotokopi sertifikat Institutional TOEFL Prediction yang diperoleh setelah tanggal 1 Oktober 2021.

Formasi Putra/Putri Papua atau Papua Barat

  1. Berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak/ibu kandung) asli Papua atau Papua Barat yang dibuktikan dengan Surat Akta Kelahiran pelamar, KTP Bapak/Ibu kandung, dan Surat Keterangan Hubungan Keluarga dari Kelurahan/Desa.
  2. Ijazah pelamar yang diakui adalah ijazah yang diperoleh dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta yang terakreditasi atau ijazah yang diperoleh dari Perguruan Tinggi Luar Negeri, yang telah mendapat penetapan penyetaraan dari Panitia Penilaian Ijazah Luar Negeri kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang Pendidikan.

Formasi Penyandang Disabilitas

  1. Pelamar merupakan penyandang Disabilitas Fisik Derajat I yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Dokter Rumah Sakit Pemerintah/ Puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya.
  2. Menyampaikan video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari pelamar dalam menjalankan aktifitas sesuai dengan jabatan yang akan dilamar.
  3. Ijazah pelamar yang diakui adalah ijazah yang diperoleh dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta yang terakreditasi atau ijazah yang diperoleh dari Perguruan Tinggi Luar Negeri, yang telah mendapat penetapan penyetaraan dari Panitia Penilaian Ijazah Luar Negeri kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang Pendidikan.

Itu dia semua info penting tentang formasi dan syarat daftar CPNS PPATK 2024! Sekarang tinggal kamu siapin semua persyaratan dan strategi terbaikmu. Untuk persiapan yang lebih mantap, Kamu bisa gabung di bimbel Studiku.id! kamu bisa akses soal-soal terupdate dan 100-an video pembelajaran dari tutor profesional. Semua materi sudah disusun dengan baik buat bantu kamu lulus seleksi. Yuk, daftar sekarang dan wujudkan impianmu jadi ASN PPATK! Let's make it happen!

Yuk, kunjungi https://studiku.id dan daftar sekarang juga!

Iklan Studiku 820x200