Apa itu Masa Sanggah CPNS ? Yuk Simak, Syarat dan Waktunya! - Studiku
Apa itu Masa Sanggah CPNS ? Yuk Simak, Syarat dan Waktunya!

Apa itu Masa Sanggah CPNS ? Yuk Simak, Syarat dan Waktunya!

Selvia Rosa
Selvia Rosa
19 Juni 2024

Hallo teman Studiku!

Dalam penyelenggaraan seleksi CPNS/PPPK, ada yang namanya masa sanggah. Buat kamu yang sempat liat-liat jadwal atau juga membaca surat pengumuman, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Tapi, tahukah kamu apa masa sanggah CPNS itu sebenarnya? Apa yang harus kita lakukan di waktu tersebut? Masih bingung? Yuk, langsung simak selengkapnya dibawah ini!

Apa itu masa Sanggah?

Dalam setiap proses seleksi CASN, baik CPNS maupun PPPK, pasti ada tahap masa sanggah. Masa sanggah diselenggarakan oleh BKN selama 3 hari. Dalam waktu tersebut para peserta diberikan kesempatan untuk melakukan sanggahan. Lalu masa sanggah itu apa?

Mengutip dari laman SSCASN, masa sanggah adalah waktu pengajuan sanggahan yang diberikan kepada para pelamar untuk menyanggah hasil seleksi baik itu seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar, dan seleksi kompetensi bidang.

Masa ini memberi waktu tanggap bagi instansi untuk memverifikasi kembali kesesuaian persyaratan baik umum dan khusus yang sudah ditetapkan sebelumnya dengan dokumen persyaratan yang diajukan oleh pelamar sampai dengan penetapan keputusan. Adanya masa sanggah sendiri adalah agar tidak ada peserta yang merasa dirugikan dari hasil seleksi.

Bagaimana Cara Mengajukan Sanggahan pada Seleksi CPNS?

Panitia seleksi dari BKN akan menyediakan periode sanggah setelah mengumumkan hasil seleksi. Bila kamu merasa tidak puas dengan hasil pengumuman yang dikeluarkan panitia, kamu bisa mengajukan sanggahan dalam waktu 3 hari setelah pengumuman.

Tata cara pengajuan sanggah hasil tes seleksi adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi website SSCASN https://sscasn.bkn.go.id/
  2. Kamu harus login menggunakan NIK dan kata sandi yang sudah kamu buat sebelumnya.
  3. Setelah berhasil masuk, kamu bisa langsung mengisi sanggahan dengan menjabarkan kronologis dan mengunggah bukti dukungan yang diperlukan demi memperkuat sanggahan kamu.
Iklan Studiku 820x200

Nah, nanti bila kamu dapat membuktikan bahwa dokumen persyaratan yang telah diunggah sesuai dengan persyaratan umum dan khusus yang ditentukan instansi, maka instansi wajib mengumumkan ulang hasil seleksi paling lambat 7 hari dari hari berakhirnya periode sanggah.

Sebagai catatan, dokumen persyaratan yang digunakan untuk sanggahan adalah data pelamar saat awal mendaftar di SSCASN.

Syarat dan Ketentuan Masa Sanggah

Dalam mengajukan sanggahan tentu ada aturan yang harus kamu ikuti. Berikut penjelasan syarat dan ketentuan dalam masa sanggah :

  1. Pelamar hanya diperbolehkan untuk menyanggah sebanyak 1 kali.
  2. Bagi pelamar yang tidak lolos seleksi administrasi, pada halaman Resume Pendaftaran akan ada pemberitahuan dinyatakan tidak memenuhi syarat lengkap dengan alasannya. Pelamar dapat mengajukan sanggahan dengan mengisi formulir sanggah disertai alasan sanggah dan melampirkan dokumen sebagai bukti pendukung.
  3. Pelamar diwajibkan menyampaikan alasan yang benar, tidak mengada-ada, realistis, dan hanya berdasarkan dokumen yang sebelumnya telah diunggah saat pendaftaran. Apabila alasan tidak sesuai dengan dokumen sebenarnya, maka pelamar dinyatakan bersedia menerima sanksi.
  4. Sanggah hanya bisa dilakukan apabila kesalahan berada di pihak instansi, bukan kesalahan pelamar atas dokumen dan persyaratan lain yang dikumpulkan saat periode pendaftaran.
  5. Instansi berhak menerima atau menolak sanggahan pelamar.

Kapan Kamu Perlu Mengajukan Sanggahan CPNS?

Tidak semua peserta seleksi CPNS perlu mengajukan sanggahan. Kamu hanya perlu mengajukan sanggahan bila menemukan adanya kesalahan pada pengumuman kelulusan yang berdampak pada kelayakanmu sebagai peserta CPNS. Berikut beberapa contoh situasi yang bisa menjadi dasar pengajuan sanggahan:

  1. Kesalahan data peserta: Jika kamu menemukan kesalahan pada data dirimu yang tertera dalam pengumuman kelulusan, seperti nama, tanggal lahir, atau pendidikan, kamu berhak mengajukan sanggahan untuk memperbaikinya.
  2. Kelalaian dalam verifikasi berkas: Apabila dokumen yang kamu serahkan selama pendaftaran tidak terverifikasi dengan benar, kamu bisa mengajukan sanggahan untuk memperbaikinya.
  3. Dugaan kecurangan: Jika kamu mencurigai adanya kecurangan dalam proses seleksi, kamu berhak mengajukan sanggahan dan memberikan bukti pendukung. Ingat: Mengajukan sanggahan harus didasari alasan yang jelas dan bukti yang kuat. Jangan mengajukan sanggahan hanya karena ketidakpuasan dengan hasil seleksi.

Gimana? Sudah lebih paham tentang masa sanggah? kamu bisa melakukan masa sanggah dengan benar dan sesuai aturan ya. nah, mengantisipasi kelalaian pada tahap pendaftaran CPNS nanti. Kamu bisa banget gabung di Studiku.id.

Beragam informasi terkait CPNS . Kamu juga bisa dapatkan pembekalan materi oleh tutor yang ahli dibidangnya dengan kisi - kisi soal dan quiz yang terbaru dan HOTS pastinya. Yuk, belajar bareng studiku.id !!

Pastikan kamu tidak ketinggalan informasi terkait CPNS dan PPPK Kunjungi https://studiku.id/ dan daftarkan dirimu sekarang juga!!

Iklan Studiku 820x200