Apa itu Sekolah Kedinasan : Definisi, Jenis dan Contohnya

Apa itu Sekolah Kedinasan : Definisi, Jenis dan Contohnya

selvia Rosa
selvia Rosa
18 Mei 2024

Hallo teman Studiku!

Ada banyak sekolah tinggi yang menawarkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, salah satunya adalah sekolah kedinasan. Buat kamu yang punya cita-cita mengabdi pada negara atau berkarier di instansi pemerintahan, bergabung disekolah kedinasan bisa jadi langkah awal yang tepat. Bergengsi, terjamin masa depannya, dan membuka peluang karier cemerlang, gak heran nih, kalau sekolah kedinasan selalu menjadi incaran calon mahasiswa di Tanah Air.

Sebenarnya apa itu sekolah kedinasan? Apa saja jenis-jenisnya dan seperti apa gambaran sekolah kedinasan di Indonesia? Jika Kamu penasaran mengupas lebih dalam mengenai dunia pendidikan kedinasan, artikel ini akan membantu menjawab keingintahuan Kamu. Yuk, kita kupas tuntas definisi, jenis, hingga beberapa contoh sekolah kedinasan yang ada di negeri ini!

Apa itu Sekolah Kedinasan?

Sekolah kedinasan adalah perguruan tinggi yang berada dalam naungan lembaga, badan, atau kementerian pemerintah. Universitas ini memberikan pendidikan di bidang sesuai dengan lembaga yang menaunginya. Institusi ini memiliki peran vital dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualifikasi untuk mengisi berbagai jabatan di berbagai instansi pemerintah.

Secara umum, sekolah kedinasan adalah lembaga pendidikan yang bertujuan untuk memberikan pelatihan, pendidikan, dan pengembangan kompetensi bagi calon pegawai negeri sipil. Mereka menawarkan program-program yang dirancang khusus untuk menyiapkan peserta didiknya dalam berbagai bidang tugas yang diperlukan oleh pemerintah.

Jenis Sekolah Kedinasan Berdasarkan Program

Mengupas lebih dalam mengenai sekolah kedinasan, Kamu perlu memahami bahwa sekolah ini memiliki dua jenis program utama yang ditawarkan. Perbedaan jenis program menjadi penentu komitmen dan keterikatan Kamu dengan instansi pemerintah setelah lulus nanti. Jadi, sebelum memutuskan mendaftar, kenali dulu dua jenis sekolah kedinasan berdasarkan programnya berikut ini:

Sekolah Kedinasan dengan Ikatan Dinas

Sekolah kedinasan dengan ikatan dinas. Mahasiswa tidak akan dipungut biaya kuliah selama kuliah. Setelah lulus, mereka akan langsung dipekerjakan di berbagai lembaga pemerintah sebagai ASN. Contoh sekolah kedinasan yang menyelenggarakan ikatan dinas ialah sebagai berikut.

  1. PKN STAN
  2. Polstat STIS
  3. STMKG
  4. AKPOL
  5. STIN
  6. AKMIL

Sekolah Kedinasan Non Ikatan Dinas

Sekolah kedinasan non-ikatan dinas ini tidak mengadakan program ikatan dinas, sehingga siswa tidak terikat dengan perguruan tinggi. Mahasiswa akan tetap membayar biaya kuliah dan akan dipekerjakan oleh pemerintah setelah lulus. Contoh sekolah kedinasan non ikatan dinas ialah sebagai berikut

  1. PEM Akamigas
  2. STPN
  3. Poltekkes Kemenkes
  4. Politeknik Pariwisata
  5. STMM MMTC
  6. STTN

Macam Macam Sekolah Kedinasan

Tak hanya berdasarkan program, sekolah kedinasan juga dapat dikelompokkan menurut jenjang pendidikan yang ditawarkan. Mulai dari tingkat sekolah menengah hingga perguruan tinggi, tersedia beragam pilihan sekolah kedinasan yang bisa Kamu pilih sesuai minat dan rencana karier Kamu. Ketahui tiga jenis sekolah kedinasan berdasarkan jenjang pendidikannya berikut ini:

  1. Sekolah Kedinasan Militer
  2. Sekolah kedinasan militer adalah perguruan tinggi yang dimaksudkan untuk mendidik calon anggota militer, TNI, atau Polri. Pada lembaga ini, taruna akan dididik dan dilatih untuk menjadi anggota TNI atau Polri. Sekolahnya meliputi:
  3. AKPOL
  4. AAL
  5. AKMIL
  6. AAU

Sekolah Kedinasan Semi Militer

Berikutnya, yaitu sekolah kedinasan semi militer. Sekolah kedinasan jenis ini menyelenggarakan pendidikan dengan menggabungkan pelatihan militer. Taruna akan mendapatkan ilmu sesuai program yang dipilih, namun juga akan mengikuti pelatihan kemiliteran untuk menunjang pendidikan. Contoh PTK semi militer yaitu:

  1. STIN
  2. STMKG
  3. POLTEKIM
  4. POLTEKIP
  5. Sekolah Kedinasan Non Militer

Sekolah kedinasan PTK non militer.

Sekolah kedinasan jenis ini tidak menyelenggarakan pelatihan kemiliteran untuk mahasiswanya. Pendidikan di perguruan tinggi ini lebih fokus pengasahan bidang akademik mahasiswa. Contoh sekolah kedinasan non militer yang ada di Indonesia yaitu:

  1. PKN STAN
  2. Poltek SSN
  3. Polstat STIS
  4. Sekolah Pariwisata

Nah, gimana? Udah lebih pahamkan apa itu Sekolah Kedinasan, dengan ulasan lengkap mengenai apa itu sekolah kedinasan, jenis-jenisnya berdasarkan program maupun jenjang pendidikan, serta beberapa contoh sekolah kedinasan yang ada di Indonesia. Kamu bisa memilih jalur sekolah kedinasan mana yang paling sesuai dengan minat dan rencana karier kamu di masa depan. Jangan ragu untuk mencari peluang memuliakan cita-cita mengabdi kepada negara melalui pendidikan ini.

Tapi, buat dapet tempat di sekolah kedinasan idaman itu nggak gampang, loh. Seleksinya ketat banget, tapi jangan nyerah gitu aja! Studiku.id hadir buat bantu wujudin mimpi kamu. Studiku.id kasih layanan bimbingan belajar khusus buat calon peserta seleksi sekolah kedinasan, lengkap dengan tips dan trik jitu biar kamu bisa lolos dengan gemilang.

Segera kunjungi https://studiku.id/ dan wujudkan langkah pasti kamu di instansi pemerintahan!