Cara Cek Status NIK : Cek NIK Kamu Sebelum Daftar CPNS! - Studiku
Cara Cek Status NIK : Cek NIK Kamu Sebelum Daftar CPNS!

Cara Cek Status NIK : Cek NIK Kamu Sebelum Daftar CPNS!

Selvia Rosa
Selvia Rosa
13 Juni 2024

Hallo teman Studiku!

Sebelum mendaftar CPNS 2024, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan agar lolos ke tahap berikutnya. Salah satu yang perlu kamu perhatikan sebelum mendaftar CPNS 2024 adalah dengan mengecek status NIK.

NIK merupakan identitas resmi yang digunakan dalam proses pendaftaran CPNS dan memiliki peran penting dalam verifikasi identitas pelamar serta pengecekan kelayakan sebagai calon pegawai negeri. Lalu, gimana cara mengecek status NIK sebelum mendaftar CPNS 2024? Penasaran? Yuk, langsung simak selengkapnya dibawah ini!

Berikut ini ialah beberapa cara untuk memeriksa status NIK kamu sebelum mendaftar CPNS 2024 .

Cara Cek Status NIK

  1. Hubungi call center Hallo Dukcapil Hubungi nomor 1500-537. Ikuti intruksi yang disampaikan, melalui call center ini, kamu akan mendapatkan instruksi yang jelas tentang cara memeriksa status NIK-mu.

  2. Hubungi melalui SMS Ketik Cek#KTP#NIK dan Kirim ke nomor 0811-800-5373

  3. Hubungi melalui WhatsApp Ketik dengan format: nama lengkap sesuai KTP, NIK, Kelurahan/Kecamatan/Kabupaten/Kota Kirim ke WA 0811-800-5373. Untuk menggunakan layanan ini, cukup kirim pesan dengan format yang telah ditentukan ke nomor yang telah disediakan, dan dalam waktu singkat kamu akan menerima balasan mengenai status NIK-mu.

Iklan Studiku 820x200
  1. Hubungi melalui media sosial Facebook: Dirjen Dukcapil Twitter: @ccdukcapil

Apa sih Penyebab NIK Kamu tidak terdaftar ?

ada beberapa hal yang bisa menyebabkan NIK Kamu tidak terdaftar yaitu:

  1. Jika Status pada data base "dinonaktifkan" itu artinya dikarenakan kamu tidak pernah melakukan pelayanan adminitrasi kependudukan selama lebih dari 10 tahun.
  2. Kamu tidak merekam KTP
  3. NIK saat melakukakan perekaman KTP elektronik bestatus duplikat record atau ganda.

Jika NIK Kamu tidak terdaftar atau mengalami masalah lainnya, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Salah satunya adalah dengan datang langsung ke kantor Dukcapil terdekat untuk melaporkan masalah tersebut. Petugas akan membantu kamu dalam proses pelaporan dan memberikan solusi terbaik untuk mengatasi masalah NIK yang tidak terdaftar.

Dengan memastikan bahwa NIK-mu terdaftar dan valid sebelum mendaftar CPNS 2024, kamu akan menghindari masalah verifikasi identitas yang dapat menghambat proses pendaftaran. Jadi, pastikan untuk melakukan pengecekan status NIK-mu secara berkala agar proses pendaftaran CPNS berjalan lancar

Mau tau info lebih lanjut hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam seleksi CPNS 2024? Studiku.id sudah menyediakan banyak artikel seputar tips dan trik serta bimbingan untuk melewati seleksi CPNS. Kalau kamu mau belajar lebih banyak lagi tentang Tes CPNS, kamu bisa update di Studiku.id !!

Iklan Studiku 820x200