Contoh Soal PPPK Guru Agama Islam 2024: Yuk Coba Sekarang! - Studiku
Contoh Soal PPPK Guru Agama Islam 2024: Yuk Coba Sekarang!

Contoh Soal PPPK Guru Agama Islam 2024: Yuk Coba Sekarang!

Selvia Rosa
Selvia Rosa
10 Juli 2024

Hallo Teman Studiku !

Para pejuang PPPK Guru Agama Islam 2024! Sudah siap untuk seleksi bersama pejuang lainnya? Atau masih bingung harus mulai dari mana? Tenang, Kamu datang ke tempat yang tepat! Studiku.id ada kumpulan latihan soal PPPK Guru Agama Islam lengkap dengan pembahasannya. Siap-siap, yuk, kita asah otak dan kemampuan bareng-bareng.

Latihan Soal PPPK Guru Agama Islam dan Pembahasan

  1. Teori belajar Gagné mencakup sembilan jenis hasil belajar yang berbeda. Manakah dari berikut ini yang BUKAN merupakan salah satu jenis hasil belajar menurut Gagné?
  • A. Informasi verbal
  • B. Keterampilan intelektual
  • C. Keterampilan motorik
  • D. Sikap
  • E. Emosi

Jawaban: E Pembahasan:
Menurut Gagné, jenis hasil belajar meliputi informasi verbal, keterampilan intelektual, strategi kognitif, sikap, dan keterampilan motorik. Emosi (E) bukan merupakan salah satu jenis hasil belajar yang disebutkan oleh Gagné. Fokusnya adalah pada jenis hasil yang dapat diamati dan diukur secara langsung dalam konteks pendidikan.

  1. Salah satu komponen penting dari teori Gagné adalah hierarki belajar. Apa tujuan utama dari mengidentifikasi hierarki belajar?**
  • A. Mengukur tingkat kesulitan soal
  • B. Menentukan urutan pengajaran
  • C. Menilai kemampuan siswa
  • D. Menyusun bahan ajar
  • E. Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif

Jawaban: B Pembahasan:
Tujuan utama dari mengidentifikasi hierarki belajar (B) adalah untuk menentukan urutan pengajaran yang efektif. Dengan memahami urutan keterampilan yang harus dikuasai siswa, pengajar dapat merancang kurikulum dan kegiatan belajar yang berurutan secara logis, sehingga setiap keterampilan mendukung pembelajaran keterampilan berikutnya.

  1. Anda sedang mengajar Materi Aqidah (Keimanan). Sebelum memulai pembelajaran tentang Konsep Tauhid (Ke-Esaan Allah), Anda harus memastikan bahwa siswa memiliki prasyarat pengetahuan yang relevan agar dapat memahami konsep Ke-Esaan Allah tersebut dengan baik. Sebagai seorang guru, prasyarat pengetahuan apa yang paling penting yang harus dimiliki siswa sebelum memulai pembelajaran tentang Konsep Tauhid?
  • A. Pemahaman tentang sejarah Islam
  • B. Pengetahuan tentang rukun Islam
  • C. Pemahaman tentang makna syahadat
  • D. Pengetahuan dasar tentang bahasa Arab
  • E. Pemahaman tentang kisah para nabi

Uji Dirimu dengan Quiz Lainnya di Sini!

Dapatkan 100+ Quiz HOTS PPPK Terupdate dengan Klik di Sini.

Jawaban: C. Pembahasan: Untuk memahami Konsep Tauhid (Ke-Esaan Allah), siswa perlu memiliki pemahaman yang baik tentang makna syahadat. Syahadat adalah pernyataan keimanan yang menegaskan keesaan Allah dan kenabian Muhammad, yang menjadi dasar utama dalam memahami konsep Tauhid.

  1. Tauhid Rububiyah mengajarkan bahwa:
  • A. Allah adalah satu-satunya Pencipta, Pemelihara, dan Pengatur alam semesta
  • B. Allah memiliki nama-nama yang baik
  • C. Allah adalah satu-satunya yang disembah
  • D. Allah mengetahui segala sesuatu
  • E. Allah memiliki kekuatan tak terbatas

Jawaban: A
Pembahasan: Tauhid Rububiyah mengajarkan bahwa Allah adalah satu-satunya Pencipta, Pemelihara, dan Pengatur alam semesta. Ini berarti hanya Allah yang memiliki kekuasaan mutlak atas segala sesuatu yang ada di alam semesta.

  1. Seorang guru ingin mengajarkan materi Ibadah pada konsep Puasa Ramadhan dan Puasa Sunnah pada siswa. Guru tersebut ingin menggunakan model pembelajaran yang mampu berpusat pada siswa. Model pembelajaran manakah yang paling sesuai untuk mencapai tujuan ini?
  • A. Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning)
  • B. Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)
  • C. Model Pembelajaran Ekspositori (Expository Learning)
  • D. Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri (Inquiry Based Learning)
  • E. Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)

Jawaban: D Pembahasan: Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri (Inquiry Based Learning) adalah model yang paling sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Model ini mendorong siswa untuk aktif bertanya, mencari jawaban, dan mengeksplorasi materi secara mandiri atau dalam kelompok, sehingga mereka menjadi lebih terlibat dalam proses belajar dan memahami konsep Puasa Ramadhan dan Puasa Sunnah dengan lebih mendalam.

  1. Bu Ani sedang mengajar Al-Qur'an dan Hadits. Bu Ani perlu merancang bentuk tes yang efektif terhadap penilaian hasil belajar. Materi yang telah diajarkan meliputi Tafsir Ayat-Ayat Al-Qur'an Terkait Akhlak, Ibadah, dan Muamalah. Bentuk tes apa yang digunakan untuk mengukur penilaian hasil belajar pada materi tersebut?
    A. Observasi
    B. Wawancara
    C. Tes Tertulis
    D. Penilaian diri
    E. Penilaian antar teman
Iklan Studiku 820x200

Jawaban: C Pembahasan:
Tes tertulis adalah bentuk penilaian yang efektif untuk mengukur hasil belajar siswa terhadap materi Tafsir Ayat-Ayat Al-Qur'an. Melalui tes tertulis, siswa dapat diuji pemahaman mereka terhadap konsep-konsep yang telah diajarkan, analisis mereka terhadap ayat-ayat, serta kemampuan mereka dalam menerapkan pengetahuan tersebut dalam konteks yang lebih luas.

  1. Anda ingin mengevaluasi kemampuan siswa dalam "menganalisis" setelah mengajarkan materi tentang Akhlak dalam Kehidupan Sosial dan Bermasyarakat. Manakah dari pertanyaan berikut yang paling sesuai untuk mengevaluasi kemampuan siswa dalam kategori tersebut?
  • A. Sebutkan lima perilaku yang mencerminkan akhlak yang baik dalam kehidupan sosial
  • B. Jelaskan pentingnya akhlak dalam kehidupan bermasyarakat
  • C. Analisislah situasi berikut dan tentukan apakah perilaku yang ditunjukkan mencerminkan akhlak yang baik atau tidak
  • D. Berikan contoh perilaku yang menunjukkan akhlak yang baik dalam kehidupan sehari-hari
  • E. Identifikasikan perilaku yang harus dihindari dalam kehidupan sosial

Tes Kemampuan Kamu Sekarang!

Kerjakan 100+ Quiz HOTS PPPK HOTS di Link Ini.

Jawaban: C Pembahasan: Pertanyaan yang meminta siswa untuk menganalisis situasi dan menentukan apakah perilaku yang ditunjukkan mencerminkan akhlak yang baik atau tidak sesuai dengan kategori "menganalisis" dalam Taksonomi Bloom. Pertanyaan ini mengharuskan siswa untuk berpikir kritis dan memecah informasi menjadi bagian-bagian yang dapat dievaluasi.

  1. Anda ingin mengajarkan siswa dalam mengidentifikasi sumber-sumber hukum Islam. Indikator pencapaian kompetensi yang sesuai dengan kompetensi dasar ini adalah:
  • A. Siswa dapat menyebutkan nama-nama kitab hukum Islam
  • B. Siswa dapat menjelaskan isi dari masing-masing kitab hukum Islam
  • C. Siswa dapat mengidentifikasi sumber-sumber hukum Islam dalam kehidupan sehari-hari
  • D. Siswa dapat membuat ringkasan tentang sejarah hukum Islam
  • E. Siswa dapat membedakan antara hukum Islam dan hukum adat

Jawaban: C Pembahasan:
Indikator pencapaian kompetensi yang sesuai dengan kompetensi dasar "mengidentifikasi sumber-sumber hukum Islam" adalah kemampuan siswa untuk mengenali dan menunjukkan contoh-contoh penerapan sumber-sumber hukum Islam dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menunjukkan bahwa siswa tidak hanya tahu teori, tetapi juga dapat melihat bagaimana teori tersebut diterapkan dalam praktik.

  1. Ali sedang berpuasa di bulan Ramadhan. Pada suatu hari, tanpa disengaja, ia minum air saat sedang berwudhu karena lupa. Apa hukum puasanya dan apa yang harus dilakukan Ali setelah itu?
  • A. Puasanya batal dan ia harus mengganti puasanya
  • B. Puasanya batal dan ia harus membayar fidyah
  • C. Puasanya tetap sah dan ia harus melanjutkan puasanya
  • D. Puasanya batal dan ia harus berpuasa dua bulan berturut-turut
  • E. Puasanya batal dan ia harus berpuasa tiga hari berturut-turut

Jawaban: C Pembahasan: Jika seseorang makan atau minum karena lupa saat berpuasa, puasanya tetap sah. Nabi Muhammad SAW bersabda: "Barangsiapa lupa sedang ia berpuasa, lalu ia makan atau minum, maka hendaklah ia menyempurnakan puasanya, karena sesungguhnya Allah yang memberinya makan dan minum."

  1. Ayat Al-Qur'an yang menganjurkan kejujuran adalah?
  • A. QS. Al-Ahzab (33): 70
  • B. QS. Al-Baqarah (2): 153
  • C. QS. Al-Furqan (25): 63
  • D. QS. At-Taubah (9): 60
  • E. QS. An-Nisa (4): 58

Jawaban: A Pembahasan: QS. Al-Ahzab (33): 70 menyatakan, "Wahai orang-orang yang beriman bertakwalah kamu kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yang benar." Ayat ini menganjurkan kejujuran sebagai dasar dari akhlak yang baik.

Yess, akhirnya selesai juga latihan soal kita! Gimana, udah lebih ngerti soal-soal PPPK Guru Agama Islam 2024 sekarang? Ingat ya, kadang jawaban yang muncul bisa bikin kamu galau karena kelihatan mirip-mirip dan bedanya tipis banget. Makanya, penting banget buat rajin latihan dari sekarang biar nanti pas ujian kamu nggak keteteran.

Mau tau contoh soal terbaru lainnya? Langsung aja belajar bareng Studiku.id. Kamu bisa dapetin Rangkuman materi dan vidio pembelajaran yang bebas akses dan fleksibel. Biar bisa mengasah otak, kamu juga bisa kerjain Ribuan Quiz dan paketan latihan soal + pembahasannya supaya kamu siap untuk ujian nanti. Tunggu apalagi ?

Mau dapatkan Soal berkualitas lainnya?

Dapatkan semua soal PPPK : 1) Seleksi Kompetensi Manajerial, 2) Seleksi Kompetensi Sosial Kultural, 3) Wawancara, dan 4) Seleksi Kompetensi Teknis, Klik link dibawah ini sekarang!

Yuk, kunjungi https://studicpns.id/ dan Latihan sekarang juga!

Iklan Studiku 820x200