CPNS Kemenkumham 2024: Pilih Penjaga Tahanan atau Pemeriksa Imigrasi? - Studiku
CPNS Kemenkumham 2024: Pilih Penjaga Tahanan atau Pemeriksa Imigrasi?

CPNS Kemenkumham 2024: Pilih Penjaga Tahanan atau Pemeriksa Imigrasi?

Selvia Rosa
Selvia Rosa
28 Juni 2024

Hallo Teman Studiku !

Ada kabar gembira nih, buat kamu yang lulusan SMA/SMK bisa banget untuk ikutan daftar CPNS . Kamenhumkam punya dua posisi keren yang bisa kamu lamar : Penjaga Tahanan dan Pemeriksaan Kemigrasian . Perlu ditegasin lagi nih kalo formasi ini sudah resmi dibuka untuk LULUSAN SMA/SMK/Sederajat yaa..

Dua profesi ini punya peran penting di Kemenkumham, tapi tentu aja masing-masing punya perbedaan, tantangan dan keseruannya sendiri. Jadi, sebelum kamu mutusin mau jadi yang mana, yuk kenali dulu lebih dalam tentang kedua posisi ini. Siapa tahu, abis baca ini kamu jadi mantap buat daftar dan siap tempur di CPNS Kamenhumkam 2024!

Syarat Umum Daftar Penjaga Tahanan dan Pemeriksa Keimigrasian

Pendaftaran CPNS Kemenkumham buat jadi penjaga tahanan atau pemeriksa keimigrasian ngga ada perbedaan guys . Nih, simak syarat-syaratnya yang udah studiku rangkum dari situs resmi seleksi CPNS Kemenkumham:

  1. Usia: Minimal 18 tahun, dan maksimal 28 tahun.
  2. Tinggi Badan
  • Pria: Minimal 165 cm.
  • Wanita: Minimal 160 cm.
  1. Pendidikan: Minimal SMA atau sederajat.
  2. Penampilan:
  • Boleh pakai kacamata dan behel
  • Berat badan proporsional dengan kualifikasi pendidikan SMA
  • Penampilan fisik bakal jadi poin penilaian
  • Tidak memiliki tato, tindik atau bekas tato & tindik
  1. Kesehatan:
  • Harus punya fisik yang prima.
  • Akan disaring lewat Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Kesamaptaan

Dokumen dan Berkas Pendaftaran

Berikutnya kamu perlu menyiapkan dokumen dan berkas pendaftaran, jangan sampe ada yang kelupaan ya karna ini adalah tahap awal yang menentukan kamu bisa ikut seleksi berikutnya atau tidak.

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Suarat Perekaman E-KTP
  2. Kartu Keluarga (KK)
  3. Akte kelahiran dari Capil (Versi lama atau baru)
  4. Ijazah SLTA sederajat (SMA, SMK, atau Paket C)
  5. Surat keterangan sehat dari RSUD, RS Polri, atau RS TNI
  6. Surat pernyataan 13 poin, dan Surat lamaran.
  7. Pas foto terbaru

Dokumen pendukung

  • SKCK
  • Surat Bebas Narkoba
  • Sertifikat komputer, sertifikat bela diri, dan sertifikat lainnya dapat dibawa pada saat wawancara, pengamatan fisik, dan keterampilan.
Iklan Studiku 820x200

Tahapan Tes

Tahapan Tes untuk Daftar menjadi Penjaga Tahanan dan Pemeriksa Keimigrasian juga tidak ada perbedaanya guys. Berikut Tahapan Tesnya yang wajib kamu tau.

  1. Pendaftaran Adminitrasi
  2. Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CAT
  3. Ujian SKB
  • Tes Kesemaptaan + Ukur TB
  • Tes Pengamatan Fisik
  • Tes Wawancara & Uji Keterampilan

Naungan dan Penempatan Kerja

Naungan dan Penempatan Kerja Formasi Penjaga Tahanan dan Pemeriksa Keimigrasian kali ini ada perbedaanya teman Studiku . Apa aja sih perbedaanya ? kamu bisa cek di bawah ini .

Tantangan Penjaga Tahanan dan Pemeriksa Keimigrasian

Penjaga Tahanan

  • Keamanan: Harus selalu siap menjaga keamanan tahanan 24/7.
  • Kedisiplinan: Menjaga ketertiban dan disiplin di dalam tahanan.
  • Fisik dan Mental: Tugas ini butuh kekuatan fisik dan mental yang kuat.
  • Interaksi: Berinteraksi dengan berbagai karakter tahanan yang beda-beda.

Pemeriksa Keimigrasian

  • Ketelitian: Harus teliti memeriksa dokumen dan identitas orang yang masuk atau keluar negara.
  • Pengetahuan: Punya pengetahuan luas tentang aturan keimigrasian.
  • Komunikasi: Berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai negara.
  • Kesabaran: Harus sabar menghadapi berbagai situasi dan orang.
  • Kedua profesi ini punya tantangan seru dan menantang.

Nah itu dia info seputar CPNS Kamenkumham Khusus untuk Kamu Kelulusan SMA/SMK/Sederajat. Gimana ? udah taukan apa aja syarat daftar, dokumen yang harus kamu persiapkan, perbedaan penempatan kerja dan tantangannya ??

Jangan ragu dan bingung lagi untuk menentukan pilihan yang akan kamu daftar. Tinggal menyesuaikan basic dan minat kamu aja. Oh iya, mulai sekarang kamu juga udah harus mulai latihan soal untuk tes karna udah pasti persaingan nya ketat !!

Butuh kisi - kisi materi dan soal buat ujian cpns? Kamu bisa belajar bareng BIMBEL CPNS dan Jangan lupa untuk update terus info terbaru CPNS di blog Studiku.id . Semangat !!

Iklan Studiku 820x200