Tugas dan Peran Formasi Klerek CPNS 2024: Apa Itu Klerek ? - Studiku
Tugas dan Peran Formasi Klerek CPNS 2024: Apa Itu Klerek ?

Tugas dan Peran Formasi Klerek CPNS 2024: Apa Itu Klerek ?

Selvia Rosa
Selvia Rosa
9 Juli 2024

Hallo Teman Studiku !

Seleksi CPNS 2024 kabarnya akan dibuka dalam waktu deket ini !! dan pastinya banyak formasi yang menarik perhatian. Salah satunya adalah formasi Klerek. Kalo diliat dari tahun sebelumnya, formasi Klerek ini banyak dibuka dari berbagai instansi atau lembaga negara.

Nah, ngga menutup kemungkinan kamu punya peluang besar di formasi klerek pada CPNS 2024 ini. Tapi, ngomong-ngomong soal klerek, kayaknya masih banyak yang belum tau ya apa itu Klerek dan apa aja tugasnya. Sebenernya, tugas dan fungsi Klerek di instansi itu apa sih? Yuk, kita bahas bareng-bareng di sini!

Apa arti Klerek ?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), klerek itu sebenarnya pegawai yang kerjanya tulis-menulis di kantor pemerintah. Biasanya, posisi klerek ini setingkat di atas juru tulis.

Secara umum, pengertian klerek dijelasin dalam Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 34 Tahun 2011. Dalam aturan itu, klerek ini adalah pekerjaan yang mendukung tugas-tugas administratif atau pekerjaan kantor.

Selain itu, klerek juga bisa diartikan sebagai klasifikasi jabatan pelaksana yang ngurusin tugas pelayanan administratif. Contohnya, klerek di jabatan fungsional pengetik, kurir, agendaris, dan lain-lain.

Formasi Klerek di CPNS 2024

Secara resmi pemerintah belum mengumumkan formasi klerek untuk CPNS 2024. Tapi, kamu tenang aja. Studiku udah kumpulin referensi terpecaya dari formasi klerek CPNS di tahun 2024 .

Iklan Studiku 820x200

1. Mahkamah Agung (MA) Di seleksi CPNS Mahkamah Agung 2023, ada banyak lowongan untuk jabatan Klerek-Analis Perkara Peradilan. Posisi ini terbuka untuk pelamar umum, lulusan terbaik, penyandang disabilitas, serta putra/putri Papua dan Papua Barat. Sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung No.1 Tahun 2021, Analis Perkara Peradilan adalah PNS yang diberi tugas buat menganalisis dan menelaah perkara peradilan.

Buat kamu yang tertarik dengan posisi ini, pastikan kamu punya kualifikasi pendidikan yang sesuai, seperti:

* S1 Hukum
* S1 Hukum Bisnis
* S1 Hukum dan Kewarganegaraan
* S1 Hukum Islam Konsentrasi Studi Politik dan Pemerintahan
* S1 Hukum Kebijakan Publik
* S1 Hukum Keluarga (Ahwal Syakhsiyyah)
* S1 Hukum Keperdataan
* S1 Hukum Otonomi Daerah
* S1 Hukum Pidana Ekonomi
* S1 Hukum Syari’ah
* S1 Syari’ah
* S1 Muamalat Jinayat

2. Badan Intelijen Negara (BIN) BIN juga nggak mau kalah dalam membuka banyak formasi untuk Klerek. Buat kamu yang pengen jadi bagian dari dunia intelijen, ini kesempatan emas! Berikut beberapa posisi yang dibuka: * Klerek - Penelaah Teknis Intelijen di Pusat Pembinaan Profesi Intelijen, Sekretariat Utama. * Klerek - Penelaah Teknis Intelijen di Direktorat Aparatur Negara, Deputi Bidang Intelijen Pengaman Aparatur. * Klerek - Penelaah Teknis Intelijen di Direktorat Perencanaan Pengendalian Kegiatan dan Operasi, Deputi Bidang Komunikasi dan Informasi. * Klerek - Penelaah Teknis Intelijen di Biro Hukum, Organisasi, dan Tata Laksana, Sekretariat Utama. * Klerek - Penelaah Teknis Intelijen di Subdirektorat Kerjasama Internasional Kawasan Asia dan Pasifik, Deputi Bidang Intelijen Luar Negeri. * Klerek - Penelaah Teknis Intelijen di Subdirektorat Analisis dan Evaluasi, Deputi Bidang Intelijen Teknologi. * Klerek - Penelaah Teknis Intelijen di Subdirektorat Asia Tenggara, Asia Tengah, dan Asia Selatan, Deputi Bidang Analisis dan Produksi Intelijen.

Tugas dan Peran Klerek

Tugas dan peran klerek sebenarnya simpel tapi penting banget, lho! Mereka bertanggung jawab buat ngerjain segala macam pekerjaan tulis-menulis di kantor pemerintahan. Mulai dari bikin laporan, ngecek dokumen, sampai urusan surat-menyurat. Intinya, mereka yang bikin semua administrasi berjalan lancar. Jadi, meskipun terdengar simpel, tanpa klerek, bisa-bisa urusan kantor jadi kacau, deh!

Gimana, sudah siap buat daftar dan jadi bagian dari Klerek CPNS 2024? Sejauh ini udah sampe mana persiapan Kamu? Kalo belum ada persiapan, tenang jangan panik. Gak perlu belajar yang ngga penting. Belajar lebih efektif dan efisien bareng Studiku.id aja !!

Kamu bisa belajar dengan 100+ vidio materi pembelajaran untuk SKD yang bebas akses 24 jam selama 1 tahun. ngga cuman itu kamu juga akan dipandu sama tutor yang berpengalaman dari "0" banget. Dan tentunya kamu bisa latihan soal dan nyobain Try out gratis yang Ter-update 2024. Jadi, Tunggu apalagi ?

Yuk, kunjungi https://studicpns.id/ dan daftar sekarang juga!

Iklan Studiku 820x200