CPNS Kemenkumham : Formasi & Persyaratan CPNS Kamenkumham - Studiku
CPNS Kemenkumham :  Formasi & Persyaratan CPNS Kamenkumham

CPNS Kemenkumham : Formasi & Persyaratan CPNS Kamenkumham

Selvia Rosa
Selvia Rosa
18 Mei 2024

Hallo teman Studiku!

Kamu punya mimpi jadi penegak hukum ? Nah, ini dia momen untuk mewujudkannya! Pendaftaran Rekrutmen CPNS 2024 Kemenkumham diprediksi akan dilaksanakan minggu kedua bulan Mei. Sasaran pelamar CPNS Kemenkumham RI diprioritaskan bagi Kamu lulusan jenjang SMA, SMK, Sederajat hingga S1 terlebih fresh graduate.

Artikel kali ini, kita bakal mengupas habis info soal formasi dan syarat-syarat umum yang harus kalian penuhi. Peluang emas begini gak akan terulang dua kali, jadi persiapkan diri kamu matang-matang dari sekarang. Kompetisinya bakal sengit banget, karena siapa yang gak kepingin berkarir di kementerian bergengsi ini? Yuk cek info lengkapnya di Studi.id supaya gak ketinggalan update terbaru!

Formasi CPNS Kemenkumham 2024

Formasi penerimaan CPNS Kemenkumham RI tahun 2024 meliputi seluruh jenjang kualifikasi pendidikan mulai dari SMA hingga S1, salah satunya Pemeriksa Keimigrasian minimal SMA Sederajat. jika mengacu pada banyaknya kebutuhan formasi CPNS Kemenkumham tahun 2023 yang mencapai 1.015 formasi maka diperkirakan untuk tahun 2024, jumlah kebutuhan akan sebanding dengan tahun lalu seperti dikutip dari Instagram resmi @kemenkumhamri.

  1. Formasi Pemeriksa Keimigrasian Kualifikasi pendidikan: SMA Sederajat

  2. Formasi Analis Keimigrasian Kualifikasi pendidikan: DIV/S1 Bidang Hukum/Sosial Politik Ekonomi/Akuntansi/Komunikasi/Teknik Informatika/Ilmu Komputer/Sistem Informasi/Teknik Komputer/Sastra Bahasa Asing

  3. Formasi Asisten Pembimbing Kemasyarakatan Kualifikasi pendidikan: DIII Bidang Sosial (Kesejahteraan Sosial / Sosiologi / Hukum / Psikologi / Ilmu Permasyarakatan)

  4. Formasi Pembimbing Permasyarakatan Kualifikasi pendidikan: DIV / S1 Bidang Hukum / Psikologi / Ilmu Politik / Kesejahteraan Sosial / Ekonomi Manajemen / Ekonomi Akuntansi / Bisnis Manajemen / Kriminologi/ Sosiologi/ Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan/ Antropologi / Ilmu Komunikasi

  5. Formasi Kurator Keperdataan Kualifikasi pendidikan: DIV/S1 Bidang Hukum/Akuntansi Formasi Analis Hukum Kualifikasi pendidikan: S1 Bidang Hukum

Iklan Studiku 820x200
  1. Formasi Pembina Keamanan Permasyarakatan Kualifikasi pendidikan: DIV/S1 Ilmu Sosial dan Politik/Kebijakan Publik/Sosial dan Politik/Administrasi

  2. Formasi Pengaman Kemasyarakatan Kualifikasi pendidikan: SMA Sederajat

Syarat Pendaftaran CPNS Kemenkumham

Perlu diketahui untuk mendaftar CPNS terdapat 2 persyaratan, yaitu Persyaratan Umum dan Persyaratan Khusus. Persyaratan Umum merupakan persyaratan secara garis besar sedangkan untuk persyaratan khusus adalah persyaratan yang ditentukan oleh Instansi sesuai dengan formasi yang dibutuhkan. Misalnya syarat lulusan, syarat Toefl, sertifikat tertentu ataupun syarat fisik dan lain sebagainya.

Persyaratan umum pendaftaran seleksi CPNS berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2021. Persyaratan tersebut meliputi:

  1. Minimal berusia 18 tahun dan maksimal berusia 35 tahun saat melamar.
  2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap.
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  4. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian NKRI.
  5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
  6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan Jabatan.
  7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan Jabatan yang dilamar.
  8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah.
  9. Persyaratan lain sesuai kebutuhan Jabatan yang ditetapkan oleh PPK.

Nah, itu dia informasi lengkap seputar formasi CPNS Kemenkumham 2024 beserta persyaratan umumnya. Peluang mengukir karir di lembaga penegak hukum ini terbuka lebar, tapi kompetisinya bakal sengit banget. Jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan emas ini!

Buktikan kalo Kamu layak menjadi penegak hukum dengan meraih kursi di Kemenkumham! Tinggalkan prestasi apik dan sumbangkan kemampuan terbaik kalian untuk negeri. Sekali lagi, good luck dan jangan lupa pantengin terus studiku.id dan daftar sekarang juga!

Iklan Studiku 820x200