KISI - KISI SKD CPNS : TWK, TIU, dan TKP Ter Update 2024 - Studiku
KISI - KISI SKD CPNS : TWK, TIU, dan TKP Ter Update 2024

KISI - KISI SKD CPNS : TWK, TIU, dan TKP Ter Update 2024

Selvia Rosa
Selvia Rosa
14 Juni 2024

Hallo Teman Studiku !

Kamu pasti lagi mempersiapkan diri untuk ikutan tes CPNS 2024 ini, kan? Nggak perlu khawatir, kita bahas bareng kisi-kisi ujian yang bakal kamu hadapi nanti. Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP), udah diupdate nih buat tahun 2024. Penting banget buat kamu pahami materi apa aja yang bakal diujikan.

Dengan ngerti kisi-kisinya, kamu bisa belajar lebih terarah dan siap menghadapi soal-soal yang bakal dilempar ke kamu. Jadi, bersiap-siaplah dari sekarang supaya nggak ketinggalan kereta menuju kursi CPNS impianmu! Di artikel ini, Studi.id bakal beberin satu-satu kisi kisi SKD CPNS terbaru yang wajib kalian kuasai. Kira - Kira materi apa aja ya yang akan diuji ? Penasaran ngga? Yuk simak berikut ini.

TWK (Tes Wawasan Kebangsaan)

Tes wawasan kebangsaan biasanya ngga jauh dari kategori negara ya, ini beberapa kisi - kisi soal yang akan diujikan saat tes wawasan kebangsaan.

  1. Nasionalisme: Punya kemampuan untuk mewujudkan kepentingan bangsa, yang didapat melalui cita-cita dan tujuan yang sama. Tapi tetap mempertahankan identitas bangsa.
  2. Bela Negara: Selalu berperan aktif untuk mempertahankan eksistensi bangsa dan negara.
  3. Integritas: Selalu menjunjung tinggi kejujuran, komitmen, ketangguhan, dan konsistensi dalam satu sikap untuk mencapai tujuan bangsa.
  4. Pilar Negara: Membentuk karakter positif dengan memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.
  5. Bahasa Indonesia: Menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

TIU (Tes Inteligensia Umum)

Soal atau tes yang akan diberikan meliputi beberapa hal berikut:

  1. Kemampuan Figural: Mencakup menganalisis hubungan gambar, menemukan ketidaksesuaian pada gambar, dan mengurutkan gambar secara berurutan.
  2. Kemampuan Verbal: Mencakup analisis persamaan konsep, penalaran logis, dan analisis kritis.
  3. Kemampuan Numerik: Mencakup perhitungan matematika, soal cerita matematika, menemukan pola angka, dan menganalisis perbandingan.
Iklan Studiku 820x200

TKP (Tes Karakteristik Pribadi)

Terakhir ialah tes karakteristik pribadi, Soal atau tes yang akan diberikan mencakup hal-hal berikut:

  1. Pelayanan Publik: Kemampuan untuk bersikap ramah saat bekerja secara efektif agar dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan orang lain, sesuai dengan tugas dan wewenang yang dimiliki.
  2. Sosial Budaya: Kemampuan untuk beradaptasi dan bekerja secara efektif di tengah masyarakat yang beragam, terdiri dari berbagai agama, suku, budaya, dan lainnya.
  3. Jejaring Kerja: Kemampuan untuk membangun hubungan, bekerjasama, berbagi informasi, dan berkolaborasi dengan orang lain secara efektif.
  4. Teknologi Informasi dan Komunikasi: Kemampuan memanfaatkan teknologi informasi yang ada untuk meningkatkan kinerja secara efektif.
  5. Anti Radikalisme: Mendapatkan informasi dari individu terkait pengetahuan mereka tentang anti radikalisme, kecenderungan sikap dan tindakan dalam menanggapi berbagai situasi. Profesionalisme: Kemampuan untuk mengerjakan tugas dan fungsi berdasarkan tuntutan jabatan yang dipegang.

Nah gimana? kisi-kisi soal SKD udah ada nih, Kamu tinggal pelajari kisi-kisi ini lebih dalam aja. Masih bingung juga sama soal yang akan keluar di Tes CPNS nanti ? butuh soal yang terupdate ? belajar di studiku.id aja ! udah super lengkap pake banget untuk persiapan kamu tes CPNS. Materi yang disediakan udah disusun terstuktur supaya belajar kamu terarah . Kamu juga akan didampingi sama tutor yang berpengalaman juga lho .

Dapatkan kisi kis SKD CPNS selengkapnya di STUDI CPNS , Pastikan kamu tidak ketinggalan informasi kisi-kisi terbarunya ya!

Iklan Studiku 820x200