Latihan Soal PPPK Guru Busana 2024 Lengkap Pembahasan
Hallo Teman Studiku!
Pejuang PPPK Guru Busana! Gimana nih persiapan kamu sejauh ini? sudah mulai latihan soal yang akan diujian nanti? kalo belum, its okey. Jangan khawatir, Studiku siap membantu kamu. Studiku memahami betapa pentingnya peran guru dalam membentuk keterampilan dan pengetahuan siswa di bidang busana serta betapa ketatnya persaingan untuk mendapatkan posisi ini.
Nah, diblog studiku kali ini. Studiku punya contoh soal PPPK khusus buat kamu yang ingin menjadi Guru Busana. Tenang aja, semua soal ini dilengkapi dengan pembahasannya dan bisa kamu akses secara GRATIS. Mulailah berlatih sekarang dan wujudkan impianmu menjadi Guru Busana yang hebat! Dan jangan lewatkan tips dan trik sukses yang ada di akhir artikel ini!
Soal 1
Pertanyaan: Yang merupakan kekurangan pada "Teori Behavioristik" pada pembelajaran di kelas adalah . . .
- A. Terlalu fokus pada proses kognitif siswa
- B. Mengabaikan aspek emosional dan motivasi siswa
- C. Tidak memberikan reinforcement yang cukup
- D. Terlalu banyak mengandalkan pengalaman sosial dalam belajar
- E. Kurang memperhatikan penguasaan fakta
Jawaban: B. Mengabaikan aspek emosional dan motivasi siswa
Pembahasan Lengkap:
Salah satu kritik utama terhadap teori Behavioristik adalah bahwa teori ini terlalu fokus pada perilaku yang dapat diamati dan mengabaikan aspek emosional, motivasional, dan kognitif dari pembelajaran.
Soal 2
Bahan tekstil yang terbuat dari serat protein yang diproduksi oleh ulat sutra adalah:
- A. Katun
- B. Nylon
- C. Polyester
- D. Sutra
- E. Akrilik
Jawaban: D. Sutra
Pembahasan: Sutra adalah bahan tekstil yang terbuat dari serat protein yang diproduksi oleh ulat sutra. Karakteristiknya termasuk kelembutan, kilau alami, dan kemampuan menyerap kelembapan. Katun berasal dari tanaman kapas, polyester dan nylon adalah serat sintetis, dan akrilik juga merupakan serat buatan.
KLIK LINK DIBAWAH INI UNTUK QUIZ LAINNYA!
Soal 3
Pertanyaan: Seorang guru sedang merencanakan pembelajaran tentang konsep Desain dan Pola Busana kepada siswa. Salah satu tujuan pembelajaran yang ingin dicapai adalah agar siswa mampu “mengidentifikasi” Prinsip-Prinsip Desain Busana. Manakah dari tujuan pembelajaran berikut yang paling sesuai dengan tujuan tersebut?
- A. Siswa mampu menggambar desain busana dengan tepat.
- B. Siswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip desain busana.
- C. Siswa mampu mengidentifikasi prinsip-prinsip desain busana dalam berbagai contoh.
- D. Siswa mampu membuat pola dasar busana.
- E. Siswa mampu mengembangkan pola busana yang kompleks.
Jawaban: C. Siswa mampu mengidentifikasi prinsip-prinsip desain busana dalam berbagai contoh.
Pembahasan Lengkap: Tujuan pembelajaran yang dinyatakan adalah agar siswa mampu mengidentifikasi prinsip-prinsip desain busana. Opsi C adalah yang paling sesuai karena secara langsung menghubungkan kemampuan mengidentifikasi dengan prinsip-prinsip desain busana dalam konteks yang diberikan. Opsi lainnya, seperti menggambar desain busana (opsi A) dan membuat atau mengembangkan pola busana (opsi D dan E), tidak berkaitan langsung dengan tujuan identifikasi. Opsi B (menjelaskan prinsip-prinsip desain busana) hampir benar tetapi lebih fokus pada penjelasan daripada identifikasi.
Soal 4
Anda ingin mengajarkan siswa dalam “menggunakan” teknik menjahit untuk Pembuatan Pakaian Anak. Indikator pencapaian kompetensi yang sesuai dengan kompetensi dasar ini adalah:
- A. Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis benang yang sesuai untuk pakaian anak
- B. Siswa dapat menggambar pola dasar pakaian anak
- C. Siswa dapat menjahit pakaian anak menggunakan teknik yang tepat
- D. Siswa dapat menjelaskan proses pembuatan pakaian anak
- E. Siswa dapat menilai kualitas jahitan pakaian anak
Jawaban: C. Siswa dapat menjahit pakaian anak menggunakan teknik yang tepat
Pembahasan Lengkap: Indikator pencapaian kompetensi yang tepat untuk tujuan “menggunakan” adalah kemampuan siswa untuk menjahit pakaian anak menggunakan teknik yang tepat. Ini menunjukkan bahwa siswa tidak hanya mengetahui teori tetapi juga mampu mengaplikasikan teknik tersebut dalam praktik nyata.
Soal 5
Apa fungsi dari kumparan pada mesin jahit?
- A. Untuk menahan benang bawah
- B. Untuk menahan benang atas
- C. Untuk mengatur panjang jahitan
- D. Untuk mengontrol gerakan jarum
- E. Untuk memandu kain
Jawaban: A. Untuk menahan benang bawah
Pembahasan: Kumparan menahan benang bawah dalam mesin jahit, yang berinteraksi dengan benang atas untuk membentuk jahitan.
Terima kasih telah mengunjungi blog kami dan menggunakan latihan soal yang kami sediakan. Kami berharap latihan soal ini membantu kamu mempersiapkan diri dengan baik untuk seleksi PPPK Ahli Pertama - Guru Busana.
Tetap semangat dan teruslah berlatih. Ingat, konsistensi dalam belajar dan berlatih adalah kunci untuk meraih hasil terbaik. Selamat belajar dan semoga sukses dalam seleksi PPPK! Sukses selalu untuk karir kamu sebagai Guru Busana yang profesional.
Mau dapatkan Soal berkualitas lainnya? Dapatkan semua soal PPPK : 1) Seleksi Kompetensi Manajerial, 2) Seleksi Kompetensi Sosial Kultural, 3) Wawancara, dan 4) Seleksi Kompetensi Teknis, Klik link dibawah ini sekarang!
- KLIK DISINI UNTUK SOAL LAINNYA
- KLIK DISINI UNTUK SOAL LAINNYA
- KLIK DISINI UNTUK SOAL LAINNYA
- KLIK DISINI UNTUK SOAL LAINNYA
Yuk, kunjungi [https://studicpns.id/) dan daftar sekarang juga!