Latihan Soal PPPK Guru Muatan Lokal Terbaru & Pembahasan
Halo, Teman-Teman Studiku!
Udah sejauh mana persiapan kamu untuk seleksi pppk ? Pass banget nih, kamu ada di tempat yang tepat untuk mempersiapkan diri menghadapi seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru Muatan Lokal. Menjadi seorang guru muatan lokal bukan hanya tentang mengajarkan budaya, bahasa, dan kearifan lokal, tetapi juga tentang melestarikan warisan budaya dan identitas daerah yang kaya dan beragam.
Seleksi PPPK adalah langkah penting dalam kariermu sebagai pendidik. Tes ini dirancang untuk mengukur pengetahuanmu tentang berbagai aspek muatan lokal, kemampuanmu dalam menyampaikan materi dengan cara yang efektif dan menarik, serta keterampilanmu dalam membimbing siswa untuk memahami, menghargai, dan mengaplikasikan kearifan lokal dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, persiapan yang matang sangatlah penting. Yuk, langsung aja latihan soal bareng studiku dibawah ini !
Soal 1
Pertanyaan: Salah satu komponen dalam pembentukan kebiasaan (habit formation) adalah "Penciptaan Rutinitas". Apa yang dimaksud dengan penciptaan rutinitas?
- A. Melakukan tindakan yang berbeda setiap hari
- B. Mengulang tindakan tertentu pada waktu yang sama setiap hari
- C. Menghindari tindakan yang sama setiap hari
- D. Melakukan tindakan acak secara konsisten
- E. Mengubah rutinitas setiap minggu
Jawaban: B. Mengulang tindakan tertentu pada waktu yang sama setiap hari Pembahasan: Penciptaan rutinitas melibatkan pengulangan tindakan tertentu pada waktu yang sama setiap hari untuk membentuk kebiasaan. Ini membantu memperkuat perilaku dan menjadikannya bagian dari rutinitas sehari-hari.
Soal 2
Pertanyaan: Manakah di antara berikut yang merupakan tata bahasa dasar dalam bahasa Minangkabau untuk mengatakan "saya lapar"?
- A. Awak lapar
- B. Ambo lapeh
- C. Awak lelah
- D. Ambo lah lapar
- E. Lapeh ambo
Jawaban: B. Ambo lapeh Pembahasan: "Ambo" berarti "saya" dan "lapeh" berarti "lapar" dalam bahasa Minangkabau.
Klik di Sini untuk Quiz Seru Lainnya!
Soal 3
Pertanyaan: Apa contoh kearifan lokal dalam pertanian?
- A. Penggunaan pestisida kimia untuk memberantas hama
- B. Penggunaan teknologi drone untuk pemantauan tanaman
- C. Sistem irigasi tradisional subak di Bali
- D. Penggunaan traktor modern untuk membajak sawah
- E. Sistem pertanian hidroponik di perkotaan
Jawaban: C. Sistem irigasi tradisional subak di Bali Pembahasan: Sistem irigasi subak di Bali adalah contoh kearifan lokal dalam pertanian yang mengatur distribusi air secara adil dan berkelanjutan untuk keperluan pertanian.
Soal 4
Pertanyaan: Anda ingin mengevaluasi kemampuan siswa dalam “menganalisis” setelah mengajarkan materi tentang Flora dan Fauna Khas Daerah. Manakah dari pertanyaan berikut yang paling sesuai untuk mengevaluasi kemampuan siswa dalam kategori tersebut?
- A. Sebutkan tiga jenis flora khas daerah Anda.
- B. Jelaskan peran flora dalam ekosistem lokal.
- C. Analisis hubungan antara flora dan fauna dalam ekosistem lokal.
- D. Gambarkan flora dan fauna khas daerah Anda.
- E. Menyatakan pentingnya pelestarian flora dan fauna khas daerah.
Jawaban: C. Analisis hubungan antara flora dan fauna dalam ekosistem lokal. Pembahasan: Menganalisis adalah kemampuan untuk memahami dan menjelaskan hubungan antara berbagai elemen dalam sebuah konsep. Pertanyaan ini meminta siswa untuk menguraikan dan menjelaskan hubungan antara flora dan fauna dalam ekosistem, sesuai dengan kategori menganalisis dalam Taksonomi Bloom.
Soal 5
Pertanyaan: Anda ingin mengajarkan siswa dalam mengidentifikasi Pahlawan Daerah dan Tokoh Bersejarah. Indikator pencapaian kompetensi yang sesuai dengan kompetensi dasar ini adalah:
- A. Siswa mampu menyebutkan nama-nama pahlawan daerah
- B. Siswa mampu menjelaskan peran pahlawan daerah dalam sejarah
- C. Siswa mampu membuat poster tentang pahlawan daerah
- D. Siswa mampu mengidentifikasi pahlawan daerah dari gambar dan deskripsi
- E. Siswa mampu menulis esai tentang pentingnya pahlawan daerah
Jawaban: D. Siswa mampu mengidentifikasi pahlawan daerah dari gambar dan deskripsi Pembahasan: Indikator pencapaian yang paling sesuai adalah siswa mampu mengidentifikasi pahlawan daerah dari gambar dan deskripsi, karena ini secara langsung menunjukkan kemampuan mereka untuk mengenali dan menghubungkan informasi tentang pahlawan daerah. Pilihan A dan B hampir benar tetapi lebih umum, sedangkan C dan E tidak secara langsung terkait dengan keterampilan mengidentifikasi.
Mau dapatkan Soal berkualitas lainnya? Dapatkan semua soal PPPK : 1) Seleksi Kompetensi Manajerial, 2) Seleksi Kompetensi Sosial Kultural, 3) Wawancara, dan 4) Seleksi Kompetensi Teknis, Klik link dibawah ini sekarang!
- KLIK DISINI UNTUK SOAL LAINNYA
- KLIK DISINI UNTUK SOAL LAINNYA
- KLIK DISINI UNTUK SOAL LAINNYA
- KLIK DISINI UNTUK SOAL LAINNYA
Dapatkan soal PPPK lainnya di STUDICPNS !