Passing Grade PPPK 2024:Yuk, Pahami Nilai Ambang Batas PPPK Tahun Ini !

Passing Grade PPPK 2024:Yuk, Pahami Nilai Ambang Batas PPPK Tahun Ini !

Selvia Rosa
Selvia Rosa
18 Mei 2024

Hallo teman Studiku!

Tahun 2024 jadi momen penting buat para pegawai pemerintah non-PNS atau PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Tahun ini, Kamu bisa membuktikan kompetensimu lewat proses penilaian yang disebut passing grade atau ambang batas. Passing grade bukan cuma angka mati, tapi standar minimal kompetensi yang harus dipenuhi setiap peserta.

Memenuhi passing grade berarti Kamu mengantongi kemampuan dasar yang dibutuhkan untuk menjalankan tugas di jabatan tersebut. Dengan kata lain, ini bukan sekadar “asal lolos”, tapi bukti kesiapan Kamu menjadi tenaga teknis profesional di instansi pemerintah. Angka-angka dalam passing grade ini mencerminkan sejauh mana penguasaan materi, keterampilan, serta integritas pegawai dalam mendukung pelayanan publik yang berkualitas.

Nah, mau tau berapa Passing Grade atau ambang batas PPPK tahun ? yuk, baca dan pahami artikel dibawah ini !

Mengenal Passing Grade PPPK

Udah pada tau belum kalo passing grade PPPK untuk Tenaga Teknis itu nggak selalu sama? Nilai minimumnya tuh berbeda-beda, tergantung jabatan yang kamu lamar. Oke, coba dengerin baik-baik nih!

Misalnya, kalau kamu melamar jadi Ahli Madya Analis Kebijakan, kamu harus mengumpulkan minimal 270 poin di tes kompetensi teknis. Tapi, kalau kamu melamar sebagai Ahli Madya Dokter Spesialis, syaratnya sedikit lebih rendah, cukup 158 poin aja.

Nah, tapi jangan kira cuma tes kompetensi teknis doang yang penting. Tes manajerial, tes sosial kultural, dan wawancara juga ikut menentukan kelulusanmu lho! Untuk tes manajerial dan sosial kultural, kamu kudu meraih minimal 117 poin. Sedangkan untuk wawancara, passing grade-nya 24 poin.

Jadi intinya, meski tes kompetensi teknis bobotnya paling gede, jangan sepelekan tes-tes lain ya. Semua nilainya bakal diakumulasi, nanti totolnya yang menentukan lolos apa nggaknya kamu. Siap-siap aja, belajar yang rajin, dan buktikan kompetensimu di PPPK 2024 nanti!

Passing Grade PPPK Tahun 2024

Meskipun belum ada angka resmi, prediksi passing grade PPPK 2024 berdasarkan tahun-tahun sebelumnya dapat menjadi ancang-ancang. Umumnya, passing grade TKD ditetapkan sekitar 70-80, sedangkan TKB bervariasi bergantung pada tingkat kesulitan dan keketatan formasi. Wawancara biasanya memiliki bobot penilaian sekitar 20%.

Namun, perlu diingat, ini hanyalah prediksi. Kemungkinan ada penyesuaian nilai ambang batas oleh BKN. Tetap fokuslah pada mempersiapkan diri sebaik mungkin, bukan terpaku pada angka prediksi. Mengulas balik bagaimana Passing Grade tahun 2023.

**Berikut rincian Nilai ambang batas untuk masing-masing seleksi PPPK Tahun 2023. **

  1. Passing Grade PPPK Kesehatan Seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural: 117 Wawancara: 24
  2. Passing grade PPPK Guru Untuk passing grade PPPK Guru 2023 ini berbeda-beda, seperti:
  • Guru Agama Budha: 180
  • Guru Agama hindu: 180
  • Guru Agama Islam: 180
  • Guru Agama Katolik: 180
  • Guru Agama Kristen: 180
  • Guru Kelas: 180
  • Guru Penjasorkes: 170
  • Guru Seni Budaya: 160
  • Guru Bahasa Inggris: 185
  • Guru Bimbingan Konseling (BK): 160
  1. Passing grade PPPK Teknis Seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural: 117

Prediksi Passing Grade atau Nilai Ambang Batas 2024

Berikut adalah prediksi passing grade PPPK 2024 berdasarkan tahun-tahun sebelumnya:

  • Tes Kompetensi Dasar (TKD): Tipe A (Umum): 70-80 Tipe B (Sains & Teknis): 70-80

  • Tes Kompetensi Bidang (TKB):

  1. Guru: 180-220 (bervariasi tergantung mata pelajaran)
  2. Tenaga Kesehatan: 180-220 (bervariasi tergantung jenis tenaga kesehatan)
  3. Tenaga Teknis: 160-200 (bervariasi tergantung jenis formasi) Wawancara: Bobot nilai: 20% Passing grade: Tidak ada passing grade khusus, namun nilai wawancara cukup signifikan dalam mempengaruhi kelulusan.

Nah, gitu guys prediksi dan bocoran passing grade PPPK 2024 berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya. Meski cuma prediksi, setidaknya kalian punya bayangan nilai ambang batas yang harus diraih. Tapi ingat, jangan terlalu terpaku sama angka-angka itu. Yang paling penting adalah persiapan matang dan totalitas kalian dalam menghadapi seleksi nanti.

Pelajari materi dengan seksama, kuasai teknik menjawab soal, dan pastikan stamina kalian oke saat tes. Selain itu, jaga vibes dan percaya diri saat wawancara nanti. Ingat, kalian adalah anak muda yang enggak cuma jago di dunia maya, tapi juga di kehidupan nyata!

Dapatkan informasi ter update seputar PPPK 2024 di https://studiku.id/. Pastinya Kamu dapat akses yang mudah dan fleksibel bersama Studiku.id!