Mengenal STIN: Program Studi, Kegiatan Mahasiswa dan Peluang Kerja - Studiku
Mengenal STIN: Program Studi, Kegiatan Mahasiswa dan Peluang Kerja

Mengenal STIN: Program Studi, Kegiatan Mahasiswa dan Peluang Kerja

Selvia Rosa
Selvia Rosa
7 Juni 2024

Hallo teman Studiku!

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) adalah Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah naungan Badan Intelijen Negara Republik Indonesia, yang bergerak di bidang intelijen dengan tujuan melahirkan insan-insan intelijen yang mempunyai keunggulan dan kewibawaan dalam mendukung terwujudnya keamanan nasional.

Nah, apa aja si Program studi unggulan di STIN dan Peluang Kerja bagi lulusan STIN? Studiku akan memberi informasi lengkap. Penasaran? Yuk, langsung simak selengkapnya dibawah ini!

Apa saja Program Studi Unggulan di STIN?

Saat ini Program Studi yang tersedia di STIN ada 4 (empat) macam, Kamu bisa pilih sesuai dengan minat Kamu ya. Berikut Program Studi yang ada di Sekolah Kedinasan STIN : • S1 Jurusan Agen Intelijen • S1 Jurusan Teknologi Intelijen • S1 Jurusan Cyber Intelijen • S1 Jurusan Ekonomi Intelijen

Kegiatan selama menjadi mahasiswa STIN

Nah, setelah Kamu bergabung sebagai Taruna/i di Sekolah Kedinasan STIN kamu sebagai mahasiswa bisa mengikuti kegiatan sebagai berikut ; Terdapat tiga Unit kegiatan Taruna/i yang tersedia di STIN, diantaranya:

  1. Unit Kegiatan Robotik UKT Robotik menjadi salah satu UKT pilihan Taruna maupun Taruni STIN yang ingin mengembangkan minat dan bakat di bidang teknologi, khususnya robotika. UKT ini kerap merancang, merakit, dan mengoperasikan robot yang digunakan sebagai alat penunjang fungsi intelijen.

  2. Unit Kegiatan Selam Diving atau selam juga menjadi salah satu UKT pilihan Taruna dan Taruni di STIN. Unit kegiatan ini didukung dengan kolam renang berstandar internasional, peralatan yang lengkap dan memadai, serta instruktur yang profesional di bidangnya. UKT diving juga melakukan praktik di laut lepas sebagai salah satu kegiatan rutinnya.

  1. Unit Kegiatan Drone Unmanned Aerial Vehicle atau lebih dikenal dengan drone menjadi salah satu UKT pilihan bagi Taruna atau Taruni yang menimba ilmu di STIN. UKT ini secara aktif mempelajari dan mengembangkan teknik surveillance menggunakan teknologi Drone.

Peluang kerja bagi Lulusan STIN

Sebagai Sekolah Kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Intelijen Negara (BIN), lulusan STIN akan langsung diangkat menjadi ASN sebagai Intel Polisi, Intel Militer, Investigator, Detektif, dan Analis Intelijen. Di samping itu, lulusan STIN juga dibutuhkan dalam formasi instansi lainnya seperti KPK, Kejaksaan Agung, Bea Cukai, dan lain-lain.

Bagaimana, Tertarik ingin menjadi bagian dari STIN? Pendafataran Sekolah Kedinasan 2024 SUDAH DIBUKA ! Ayoo wujudkan keinginanmu bersama Studi.id. ⁠Ada 100-an Video materi bebas akses agar kamu bisa lolos STIN, Bimbingan Materi pembelajaran ter-update dan BERHASIL meloloskan ribuan siswa.

Kunjungi https://studiku.id/ dan daftarkan dirimu sekarang juga!!