Rincian Formasi CPNS Kejaksaan 2024 : Lulusan SMA, Diploma dan Sarjana, Syarat dan Cara Mendaftar - Studiku
Rincian Formasi CPNS Kejaksaan 2024 : Lulusan SMA, Diploma dan Sarjana, Syarat dan Cara Mendaftar

Rincian Formasi CPNS Kejaksaan 2024 : Lulusan SMA, Diploma dan Sarjana, Syarat dan Cara Mendaftar

Selvia Rosa
Selvia Rosa
18 Mei 2024

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan pembukaan rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024 pada Jumat (5/1/2024). Pemerintah membuka formasi CPNS 2024 sebanyak 2,3 juta yang terdiri dari 690.822 formasi bagi lulusan baru (fresh graduate) dan 1.605.694 formasi untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Hallo teman Studiku!

Jadwal seleksi penerimaan calon aparatur sipil negara (CASN) terdiri dari calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) telah diumumkan pemerintah, Jumat (2/5/2024) lalu.

Tahun ini pembukaan seleksi CPNS 2024 dan PPPK ditargetkan dibuka pada Bulan Juni atau Juli. Ada 1.289.824 formasi terbagi menjadi 427.650 formasi pada instansi pusat dan 862.174 formasi pada instansi daerah, termasuk talenta digital yang akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan pemerintah daerah.

Formasi CPNS Kejaksaan 2024 termasuk lulusan SMA di dalamnya adalah sebagian dari 427.650 formasi pada instansi pusat yang dibuka pemerintah pusat.

Kejaksaan RI pada rekrutmen 2024 ini akan membuka 11.030 formasi meliputi CPNS dan PPPK 2024 seperti dikutip dari SerambiNews.com,

Tak hanya lulusan sarjana, Kejaksaan RI juga membuka formasi bagi lulusan SMA dan fresh graduate atau lulusan baru. Lulusan SMA sederajat ini bisa mendaftar lowongan formasi CPNS Kejaksaan 2024. Berikut jenjang pendidikan yang dapat melamar lowongan CPNS dan PPPK di Kejaksaan 2024:

  1. SMA sederajat
  2. Diploma III (D3)
  3. Diploma IV (D4)
  4. Strata 1 (S1)

Sedangkan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan juga bervariasi. Dari usulan formasi CPNS Kejaksaan 2024 yang beredar di media sosial, lowongan yang paling banyak dibuka pada rekrutmen ini yaitu Jaksa. Disusul Ahli Pertama Arsiparis, Pranata Hubungan Masyarakat, Penerjemah, Penyuluh Sosial, Pranata Komputer, hingga Auditor untuk jabatan fungsional.

Iklan Studiku 820x200

ads

Jabatan pelaksana formasi CPNS Kejaksaan 2024 yang dibuka yaitu operator layanan operasional, pengadministrasian perkantoran, dan pengelola penanganan perkara. Sedangkan formasi tenaga kesehatan yang dibutuhkan adalah dokter umum, dokter gigi, perawat, bidan, nutrisionis, hingga apoteker.

Nah, siapa nih yang udah siap mau jadi jaksa dan tegakkan keadilan di negeri ini?Ayo tunggu apalagi, persiapkan dari sekarang juga! Perjalanan kamu masih panjang dan kita yakin kamu pasti dapet kalau kamu belajar dengan serius.

Kesimpulan

Dengan diumumkannya rincian formasi CPNS Kejaksaan 2024 yang mencakup lulusan SMA, Diploma, dan Sarjana, ini adalah kesempatan Kamu untuk bergabung dalam barisan penegak keadilan di Indonesia. Kejaksaan RI membuka berbagai formasi yang memberikan peluang luas bagi para pelamar dari berbagai jenjang pendidikan. Mulai dari operator layanan operasional hingga posisi jaksa, peluang ini terbuka lebar bagi Kamu yang memenuhi syarat dan siap menghadi seleksi SKD.

Yuk, persiapkan diri Kamu mulai dari sekarang! Wujudkan mimpimu untuk bergabung menjadi bagian dari badan penegak keadilan bersama Studiku.id. Belajar dengan materi yang terstruktur, kisi-kisi terupdate, dan ribuan quiz yang bisa diakses kapan saja akan membantu mempersiapkan diri Kamu secara maksimal.

Jangan tunda lagi, kunjungi BIMBEL KEJAKSAAN STUDICPNS dan daftar sekarang juga untuk menjadi bagian dari Kejaksaan 2024!

Iklan Studiku 820x200