Mengenal PKN STAN: Syarat, Biaya Pendaftaran, Seleksi, dan Fasilitas

Mengenal PKN STAN: Syarat, Biaya Pendaftaran, Seleksi, dan Fasilitas

selvia Rosa
selvia Rosa
18 Mei 2024

Hallo teman Studiku!

Kamu pasti udah familiar dengan singkatan 'PKN STAN', kan? Yup, Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, institusi bergengsi di bawah Kementerian Keuangan. Nah, kali ini Studiku.id bakal mengupas tuntas soal kampus keren ini mulai dari syarat, biaya pendaftaran, proses seleksi, sampai fasilitas kampus yang bakal bikin kamu terpana!"

Siap untuk menjelajahi dunia keuangan negara yang sarat tantangan dan peluang karir gemilang? PKN STAN adalah gerbang masa depan kalian! Jadi, tunggu apalagi? Ayo kita selami bersama-sama rahasia di balik kampus idaman calon-calon pegawai negeri sipil andal di bidang keuangan negara. Kamu bakal kaget dengan segudang kerennya PKN STAN!

Apa itu PKN STAN?

PKN STAN adalah perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Keuangan, yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Keuangan melalui Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan. PKN STAN memiliki 3 (tiga) Program Studi Diploma IV, yaitu:

  • Program Studi Diploma IV Akuntansi Sektor Publik
  • Program Studi Diploma IV Manajemen Keuangan Negara
  • Program Studi Diploma IV Manajemen Aset Publik

Jalur Penerimaan PKN STAN

Kebutuhan dari tiap-tiap program studi diperuntukkan bagi peserta dengan kriteria:

  1. Jalur Reguler Jalur Reguler adalah jalur penerimaan mahasiswa baru dari seluruh wilayah di Indonesia yang ditujukan untuk mengisi formasi/kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga lainnya, atau Pemerintah Daerah.
  2. Jalur Afirmasi Jalur Afirmasi Kewilayahan adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang dikhususkan untuk putra-putri dari Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur untuk mengisi formasi/kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan.
  3. Jalur Pembibitan Jalur Pembibitan adalah jalur penerimaan mahasiswa di bawah pembinaan Kemdikbudristek dan Kemenag melalui mekanisme kerjasama PKN STAN dengan pemerintah daerah. Mahasiswa yang telah dinyatakan lulus pendidikan akan ditempatkan pada instansi pemerintah daerah asal.

Apa Saja Syarat Masuk Sekolah Kedinasan PKN STAN ?

Berdasarkan Siaran Pers nomor SP-01/BPPK/2024, untuk bisa masuk ke kampus PKN STAN tahun 2024, Kamu wajib punya nilai UTBK-SNBT 2024 yang memadai. Tapi tunggu dulu, jangan keburu giant smile dulu! Selain nilai SNBT, Kamu juga harus memenuhi serangkaian persyaratan administrasi lain yang nggak kalah kritisingnya.

Berikut ini beberapa syarat daftar PKN STAN berdasarkan seleksi tahun sebelumnya: Lulusan SMA/Sederajat;

  1. Nilai rata-rata ijazah minimal 70;
  2. Nilai rata-rata rapor semester 1-5 minimal 70/100 atau 2.8/4.0;
  3. Usianya tak lebih dari 20 tahun;
  4. Telah daftar UTBK-SNBT;
  5. Punya nilai UTBK-SNBT, program reguler TPS minimal 600 dan TBI minimal 450, program afirmasi TPS minimal 400 dan TBI minimal 375;
  6. Sehat dan terbebas dari narkoba;
  7. Belum menikah dan tidak menikah selama pendidikan berlangsung.

Biaya Pendaftaran Sekolah Kedinasan PKN STAN

Setelah kita bahas soal syarat-syarat krusialnya, sekarang kita masuk ke babak baru nih, guys! Salah satu hal penting yang nggak boleh dilewatkan sebelum jalur mendaftar ke kampus idaman PKN STAN adalah biaya pendaftarannya. Berikut ini adalah biaya pendaftaran Sekolah Kedinasan PKN STAN !

Biaya pendaftaran sebesar Rp350.000 per peserta. Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar sebesar Rp50.000 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara.

Peserta yang lulus Seleksi Administrasi akan mendapatkan kode billing berupa Mandiri Virtual Account (MVA). Agar dapat mengikuti tahapan seleksi berikutnya, peserta diwajibkan membayar biaya pendaftaran sebagaimana yang tercantum di poin 1. Kode billing didapatkan melalui portal https://www.spmb.pknstan.ac.id/ dengan login menggunakan username dan password masing-masing peserta.

Pembayaran dilakukan melalui Bank Mandiri dengan cara setoran tunai, ATM, m-banking, atau internet banking dengan menggunakan Mandiri Virtual Account (MVA). Tata cara pembayaran dapat dilihat di portal https://www.spmb.pknstan.ac.id/.

Tahapan Seleksi Sekolah Kedinasan PKN STAN

Fase ini ibarat puncak gunung yang harus didaki sebelum menjadi mahasiswa di kampus idaman para calon pegawai negeri di bidang keuangan. Mulai dari tes tertulis, wawancara, sampai tes kesehatan, kalian bakal merasakan serunya kompetisi memperebutkan kursi terbatas di PKN STAN. Berikut ini tahapan seleksi Sekolah Kedinasan PKN STAN yang harus kamu pahami !

  1. Seleksi Administrasi Kamu diseleksi berdasarkan syarat administrasi seperti yang tercantum pada Syarat Pendaftaran. Kamu dinyatakan dapat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar apabila telah memenuhi persyaratan administrasi seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya
  2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) SKD diikuti oleh kamu yang dinyatakan lulus Seleksi Administrasi dan telah melakukan pembayaran. SKD dilaksanakan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Tes SKD meliputi: Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Kamu dinyatakan lulus SKD apabila: Memenuhi nilai ambang batas SKD sesuai ketentuan yang berlaku. Peserta berada di peringkat yang sesuai dengan jumlah kebutuhan untuk Seleksi Lanjutan I yaitu 3 (tiga) kali jumlah kebutuhan akhir. Jumlah kebutuhan peserta yang lulus Seleksi Lanjutan I ditentukan oleh Panitia Pusat
  3. Seleksi Lanjutan I Seleksi Lanjutan I diikuti oleh peserta yang dinyatakan lulus SKD Seleksi Lanjutan I terdiri dari Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi Tes Kesehatan dan Kebugaran meliputi:
  • Tes Kesehatan: pemeriksaan yang mencakup tinggi dan berat badan, tekanan darah, visus mata, dan/atau pemeriksaan kesehatan lainnya yang ditentukan oleh Panitia Pusat
  • Tes Kebugaran: lari mengelilingi lintasan dan shuttle run, pull up/chinning, push up, sit up dan/atau aktivitas lainnya yang ditentukan oleh Panitia Pusat.

Tes Psikologi dilaksanakan menggunakan Computer Based Test. Kamu dinyatakan lulus Seleksi Lanjutan I apabila memenuhi kriteria kesehatan dan kebugaran serta memenuhi kriteria psikologi. Nilai Seleksi Lanjutan I merupakan penjumlahan antara Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi dengan bobot masing-masing 50% Kamu berada di peringkat yang sesuai dengan jumlah kebutuhan untuk Seleksi Lanjutan II Jumlah kebutuhan peserta yang lulus Seleksi Lanjutan II ditentukan oleh Panitia Pusat

  1. Seleksi Lanjutan II Seleksi Lanjutan II merupakan Tes Wawancara yang diikuti oleh peserta yang dinyatakan lulus Seleksi Lanjutan I. Seleksi Lanjutan II dilaksanakan dengan semi online, yaitu kamu mengikuti wawancara di tempat yang telah ditentukan dan pewawancara melakukan wawancara secara online dengan media video conference.

Kamu dinyatakan lulus Seleksi Lanjutan II apabila memenuhi standar minimal kriteria wawancara, berada di peringkat yang sesuai dengan jumlah kebutuhan. Jumlah kebutuhan peserta yang lulus SPMB PKN STAN ditentukan oleh Panitia Pusat

Fasilitas Kampus PKN STAN

Berikut beberapa fasilitas PKN STAN yang bisa kamu nikmati setelah dinyatakan lolos seleksi di Sekolah Kedinasan PKN STAN.

  1. Fasilitas Keagamaan Fasilitas PKN STAN pertama yang bisa Kamu nikmati adalah fasilitas keagamaan berupa masjid besar. Selain itu ada juga beberapa tempat ibadah yang berada di sekitar sekolah sehingga Staners tidak perlu khawatir akan kesulitan atau menempuh jarak yang jauh untuk beribadah di sela jadwal kuliah yang sangat padat.
  2. Fasilitas Olahraga Memiliki kondisi tubuh yang bugar adalah hal wajib yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa agar aktivitas kuliah bisa dilalui dengan maksimal. Oleh karena itu PKN STAN menyediakan sarana olahraga berupa trek untuk berlari dan olahraga yang lainnya. Dengan begini, maka Staners tidak perlu membuang waktu untuk melakukan olahraga di luar kampus saat ingin menyempatkan diri untuk berolahraga. Pastikan untuk memiliki waktu olahraga agar kondisi tubuh tetap terjaga dan tidak mudah sakit dengan memanfaatkan fasilitas olahraga yang sudah tersedia.
  3. Fasilitas Kesehatan Fasilitas PKN STAN yang selanjutnya adalah fasilitas kesehatan berupa klinik. Klinik yang tersedia bisa Staners manfaatkan saat merasa kondisi tubuh kurang baik atau bahkan saat sakit. Dengan adanya klinik, maka kondisi semua mahasiswa bisa terpantau dengan baik.
  4. Perpustakaan Tak kalah dengan sekolah atau universitas yang lain, PKN STAN juga memiliki perpustakaan dengan koleksi buku yang cukup lengkap. Berbagai buku untuk semua jurusan dan fakultas yang diambil tersedia di perpustakaan sehingga Staners tidak perlu khawatir akan kesulitan mencari referensi saat menyelesaikan tugas.
  5. Laboratorium Komputer Laboratorium komputer menjadi fasilitas PKN STAN berikutnya yang bisa dinikmati oleh semua mahasiswa. Staners bisa memanfaatkan laboratorium ini saat membutuhkannya.
  6. Plasa Mahasiswa Fasilitas PKN STAN yang terakhir adalah Plasa Mahasiswa yang menjadi tempat favorit mahasiswa saat ingin bersantai untuk melepas penat setelah seharian beraktivitas sehingga bukan hal yang aneh jika tempat ini selalu ramai. Tak hanya untuk bersantai, Plasa Mahasiswa juga sering digunakan untuk beragam kegiatan informal yang bisa menjadi alternatif mahasiswa untuk bersenang-senang sejenak dari kesibukan kuliah yang cukup menguras tenaga dan pikiran.

Nah, itu tadi ulasan lengkap tentang Sekolah Kedinasan Kampus PKN STAN yang wajib Kamu tau, Mulai dari syarat pendaftaran, biaya yang harus disiapkan, tahapan seleksi ketat yang harus dilalui, hingga fasilitas di kampus idaman para pegawai negeri sipil bidang keuangan.

Mau lolos seleksi sekolah kedinasan? Mau tau tips & trik nya ? Yuk Kepoin https://studiku.id/ Studiku.id berhasil meloloskan ribuan siswa yang ingin masuk sekolah kedinasan. ⁠Kelas BERGARANSI! Tidak puas = Uang kembali 100%

Yuk Kepoin https://studiku.id/ dan daftar sekarang juga, ya!