Nilai Terbaru Ambang Batas SKD CPNS 2024

Nilai Terbaru Ambang Batas SKD CPNS 2024

Selvia Rosa
Selvia Rosa
18 Mei 2024

Hallo teman Studiku!

Pasti kamu udah nggak sabar buat meraih posisi impian sebagai PNS, kan? Tapi sebelum itu, ada satu tahap penting yang harus kamu lewati, yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang ambang batas SKD CPNS yang menjadi gerbang utama menuju fase selanjutnya. Siap saja, karena persaingan bakalan sengit dan kamu harus benar-benar mempertimbangkan strategi agar bisa lolos dengan nilai tertinggi. Jadi, ayo kita kupas tuntas apa itu ambang batas SKD CPNS dan bagaimana cara mempersiapkannya dengan maksimal!

Tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS !

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, seleksi tahap kompetensi dasar (SKD) CPNS masih terdiri dari tiga jenis tes.

  1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan 30 soal
  2. Tes Intelegensia Umum (TIU) dengan 35 soal
  3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan 40 soal

Nilai Ambang Batas SKD CPNS

Batas nilai SKD yang ditetapkan tahun ini akan berlaku untuk semua pelamar, baik yang melamar posisi kebutuhan umum maupun kebutuhan khusus. Namun, tentu saja ada perbedaan standar yang harus dipenuhi untuk masing-masing kategori.

Bagi kamu yang memasuki kategori pelamar kebutuhan umum, perhatikan baik-baik nilai akumulasi tertinggi yang bisa diraih, yaitu 550. Rinciannya adalah 150 untuk TWK, 175 untuk TIU, dan 225 untuk TKP. Nilai-nilai ini bisa dibilang cukup ketat dan menantang.

Nah, untuk bisa lolos ke babak selanjutnya, kamu harus melampaui nilai ambang batas SKD CPNS untuk kebutuhan umum yang sudah ditetapkan. Siap-siap aja , karena persaingan bakalan sengit dan kamu harus benar-benar mempertimbangkan strategi agar bisa mendapatkan nilai tertinggi!

Untuk kebutuhan umum, ambang batas yang harus Kamu capai adalah:

  1. Nilai ambang batas TKP adalah 166
  2. Nilai ambang batas TIU adalah 80
  3. Nilai ambang batas TWK adalah 65

Penilaian untuk soal TIU dan TWK cukup sederhana. Jawaban yang benar akan diberi bobot nilai 5, sedangkan jawaban yang salah atau tidak dijawab akan mendapatkan nilai 0. Adapun pada soal TKP, bobot nilai jawaban berkisar antara 1 hingga 5, tergantung pada tingkat kebenaran jawaban. Jika peserta tidak menjawab soal TKP, nilai yang diperoleh adalah 0.

Penghitungan nilai dalam ujian CPNS bisa dibilang simpel: Jawaban benar nilainya 5, yang salah atau nggak dijawab nilainya 0. Namun, pada soal TKP nilai jawaban bisa beda-beda, mulai dari 1 sampai 5, tergantung seberapa tepat jawaban kamu. Kalau kamu skip soal TKP, ya dapat nilai 0 deh!

Durasi ujian SKD berlangsung selama 100 menit, mengikuti Keputusan Menteri PANRB No. 651/2023 tentang Ambang Batas SKD Pengadaan PNS Tahun Anggaran 2023.

Namun, perlu diingat bahwa aturan ini tidak berlaku untuk peserta dalam kategori kebutuhan khusus. Kategori ini mencakup lulusan terbaik atau cum laude, diaspora, penyandang disabilitas, dan putra-putri asli Papua. Peserta dalam kategori ini akan mengikuti ujian dengan durasi lebih panjang, yaitu 130 menit.

Bagi peserta cumlaude dan diaspora, nilai ambang batas SKD terendah adalah 311, dengan ambang batas TIU terendah adalah 85. Sementara itu, peserta penyandang disabilitas harus mencapai nilai ambang batas SKD terendah sebesar 286, dengan ambang batas TIU terendah sebesar 60.

Selain itu, pemerintah juga memberikan perhatian khusus bagi putra-putri asli Papua. Nilai ambang batas SKD terendah bagi peserta asli Papua adalah 286, dengan nilai TIU paling rendah sebesar 60. Penting untuk diingat bahwa nilai SKD yang diperoleh peserta CPNS tahun 2023 akan berlaku untuk seleksi CPNS satu periode berikutnya. Namun, jika peserta memutuskan untuk mengikuti tes SKD pada periode berikutnya, nilai SKD periode sebelumnya tidak akan berlaku.

Nah sudah tau kan apa saja dan berapa ambang batas SKD CPNS ? Penting yang harus kamu siapkan adalah langkah berikutnya. Kamu perlu menguasai materi dan strategi tes SKD CPNS. Bingung mau belajar dimana ? Studi.id siap membantumu dengan materi yang update setiap tahunnya dan terdapat 100-an Video materi bebas akses.

Tunggu apalagi? Yuk kunjungi studiku.id dan jadi bagian dari ASN tahun ini!