Soal PPPK Kemenag Guru Aqidah Akhlak 2024 & Pembahasan - Studiku
Soal PPPK Kemenag Guru Aqidah Akhlak 2024 & Pembahasan

Soal PPPK Kemenag Guru Aqidah Akhlak 2024 & Pembahasan

Lathifah Ummul Nailah
Lathifah Ummul Nailah
13 Juli 2024

Halo, Teman-Teman Studiku!

Selamat datang di blog Studiku, tempat terbaik untuk mempersiapkan dirimu menghadapi seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk posisi Guru Aqidah Akhlaq. Kami memahami bahwa menjadi seorang guru di bidang ini bukan hanya tentang mengajarkan konsep-konsep keimanan dan akhlak, tetapi juga tentang membentuk karakter siswa agar memiliki akhlak mulia dan keyakinan yang kokoh.

Seleksi PPPK adalah langkah penting dalam perjalanan kariermu sebagai pendidik. Tes ini dirancang untuk mengukur pengetahuanmu tentang berbagai aspek aqidah dan akhlak, kemampuanmu dalam menyampaikan materi dengan cara yang inspiratif dan efektif, serta keterampilanmu dalam membimbing siswa untuk mengamalkan nilai-nilai aqidah dan akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, persiapan yang matang sangatlah penting. Kami percaya bahwa dengan latihan yang konsisten dan pemahaman yang mendalam, kamu akan lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi setiap tahapan seleksi.

Mari kita bersama-sama wujudkan impian menjadi Guru Aqidah Akhlaq yang inspiratif dan berdedikasi. Dengan persiapan yang tepat, kamu dapat mencapai kesuksesan dalam seleksi PPPK dan memberikan kontribusi nyata dalam mencetak generasi yang berakhlak mulia dan memiliki keyakinan yang kuat.

Soal PPPK Kemenag Guru Aqidah Akhlak 2024

Soal 1

Pertanyaan: Dalam diferensiasi learning, salah satu prinsip penting adalah "Asesmen berkelanjutan". Apa yang dimaksud dengan asesmen berkelanjutan?

  • A. Asesmen yang dilakukan hanya di akhir pembelajaran
  • B. Asesmen yang dilakukan secara terus-menerus sepanjang pembelajaran
  • C. Asesmen yang dilakukan di awal dan akhir pembelajaran
  • D. Asesmen yang dilakukan hanya pada saat tes formal
  • E. Asesmen yang dilakukan secara acak tanpa jadwal tertentu

Jawaban: B. Asesmen yang dilakukan secara terus-menerus sepanjang pembelajaran Pembahasan: Asesmen berkelanjutan adalah asesmen yang dilakukan secara terus-menerus sepanjang proses pembelajaran untuk memantau perkembangan siswa dan menyesuaikan strategi pengajaran sesuai dengan kebutuhan siswa.

Soal 2

Pertanyaan: Mengucapkan Bismillah sebelum memulai pekerjaan adalah contoh dari adab terhadap:

  • A. Diri sendiri
  • B. Sesama manusia
  • C. Lingkungan
  • D. Allah
  • E. Harta

Jawaban: D. Allah Pembahasan: Mengucapkan Bismillah sebelum memulai pekerjaan adalah bentuk pengingat dan penghormatan kepada Allah.

DAPATKAN 100-AN QUIZ HOTS PPPK TERUPDATE DISINI

Soal 3

Pertanyaan: Pernyataan yang benar mengenai Tauhid Asma wa Sifat adalah:

Iklan Studiku 820x200
  • A. Meyakini bahwa nama dan sifat Allah bisa berubah-ubah
  • B. Meyakini bahwa Allah memiliki nama dan sifat yang sempurna dan tidak ada yang serupa dengan-Nya
  • C. Meyakini bahwa Allah tidak memiliki nama dan sifat
  • D. Meyakini bahwa nama dan sifat Allah hanya mitos
  • E. Meyakini bahwa nama dan sifat Allah sama dengan makhluk-Nya

Jawaban: B. Meyakini bahwa Allah memiliki nama dan sifat yang sempurna dan tidak ada yang serupa dengan-Nya Pembahasan: Tauhid Asma wa Sifat adalah keyakinan bahwa Allah memiliki nama-nama yang baik (Asmaul Husna) dan sifat-sifat yang sempurna, yang tidak ada satupun makhluk yang menyerupai-Nya. Nama dan sifat Allah mencerminkan kemuliaan dan kebesaran-Nya yang mutlak dan tidak terbatas.

Soal 4

Pertanyaan: Bu Ani menyadari bahwa banyak siswa mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi konsep Penerapan Nilai-nilai Aqidah dan Akhlaq dalam Kehidupan, khususnya dalam menganalisis pada Strategi Menghindari Akhlaq Tercela. Sebagai upaya untuk mengatasi kesulitan ini, langkah apa yang paling efektif untuk dilakukan oleh Bu Ani?

  • A. Memberikan lebih banyak tugas tertulis
  • B. Mengadakan diskusi kelompok tentang strategi menghindari akhlaq tercela
  • C. Menggunakan media visual untuk menjelaskan konsep
  • D. Memberikan ceramah tambahan tentang akhlaq tercela
  • E. Melakukan ulangan harian secara berkala

Jawaban: B. Mengadakan diskusi kelompok tentang strategi menghindari akhlaq tercela Pembahasan : Mengadakan diskusi kelompok tentang strategi menghindari akhlaq tercela adalah langkah yang paling efektif karena memungkinkan siswa untuk berbagi pandangan dan pemahaman mereka. Diskusi kelompok juga membantu siswa dalam menganalisis dan mengidentifikasi akhlaq tercela melalui interaksi dengan teman sebaya.

Soal 5

Pertanyaan: Anda ingin mengajarkan siswa dalam mengidentifikasi Contoh-contoh Akhlaq Tercela dalam Al-Qur'an dan Hadist. Indikator pencapaian kompetensi yang sesuai dengan kompetensi dasar ini adalah:

  • A. Siswa mampu menyebutkan definisi akhlaq tercela
  • B. Siswa mampu menganalisis sebab-sebab akhlaq tercela
  • C. Siswa mampu mengidentifikasi contoh-contoh akhlaq tercela dalam kehidupan sehari-hari
  • D. Siswa mampu menyebutkan ayat-ayat yang berhubungan dengan akhlaq tercela
  • E. Siswa mampu menjelaskan pentingnya menghindari akhlaq tercela

Jawaban: C. Siswa mampu mengidentifikasi contoh-contoh akhlaq tercela dalam kehidupan sehari-hari Pembahasan: Indikator ini sesuai karena fokusnya adalah pada kemampuan siswa untuk mengenali dan mengidentifikasi contoh-contoh akhlaq tercela dalam konteks nyata, yang merupakan tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Mau dapatkan Soal berkualitas lainnya? Dapatkan semua soal PPPK : 1) Seleksi Kompetensi Manajerial, 2) Seleksi Kompetensi Sosial Kultural, 3) Wawancara, dan 4) Seleksi Kompetensi Teknis, Klik link dibawah ini sekarang!

Dapatkan soal PPPK lainnya di STUDICPNS !

Iklan Studiku 820x200