Latihan Soal PPPK Guru Biologi 2024 Terbaru dan Pembahasan - Studiku
Latihan Soal PPPK Guru Biologi 2024 Terbaru dan Pembahasan

Latihan Soal PPPK Guru Biologi 2024 Terbaru dan Pembahasan

Lathifah Ummul Nailah
Lathifah Ummul Nailah
13 Juli 2024

Halo Teman-Teman Studiku!

Selamat datang di blog Studiku, tempat terbaik untuk mempersiapkan dirimu menghadapi seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk posisi Guru Biologi. Kami tahu bahwa menjadi seorang guru Biologi bukan hanya tentang mengajarkan teori dan konsep ilmiah, tetapi juga tentang menumbuhkan rasa ingin tahu dan kecintaan siswa terhadap dunia kehidupan.

Tes PPPK dirancang untuk mengukur pengetahuanmu tentang berbagai konsep biologi, kemampuanmu dalam menyampaikan materi dengan cara yang menarik, serta keahlianmu dalam mengaplikasikan pengetahuan biologi dalam situasi praktis. Kami percaya bahwa dengan latihan yang teratur dan pemahaman yang mendalam, kamu akan lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi setiap tahapan seleksi.

Mari kita bersama-sama wujudkan impian menjadi Guru Biologi yang inspiratif dan berdedikasi. Dengan persiapan yang tepat, kamu dapat mencapai kesuksesan dalam seleksi PPPK dan memberikan kontribusi nyata dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa.

Soal 1

Bagaimana penerapan "Teori Kognitif" pada pembelajaran di kelas?

  • A. Fokus pada penguatan perilaku melalui reward dan punishment
  • B. Mengutamakan pengalaman belajar melalui interaksi sosial
  • C. Menyediakan kesempatan bagi siswa untuk mengorganisir dan mengaitkan informasi baru dengan pengetahuan sebelumnya
  • D. Menekankan pentingnya emosi dan motivasi dalam belajar
  • E. Menggunakan metode drill dan latihan untuk menguatkan ingatan

Jawaban: C. Menyediakan kesempatan bagi siswa untuk mengorganisir dan mengaitkan informasi baru dengan pengetahuan sebelumnya Pembahasan Lengkap: Teori Kognitif dalam pembelajaran menekankan pada proses mental yang terlibat dalam belajar, seperti memahami, mengingat, dan mengorganisir informasi. Guru harus membantu siswa mengaitkan informasi baru dengan pengetahuan yang sudah dimiliki.

Soal 2

Pak Budi sedang mengajar Sel dan Struktur Sel. Pak Budi perlu merancang bentuk tes yang efektif terhadap Penilaian Keterampilan. Materi yang telah diajarkan meliputi Struktur dan fungsi organel sel. Bentuk tes apa yang digunakan untuk mengukur Penilaian Keterampilan pada materi tersebut?

  • A. Tes Tertulis
  • B. Observasi
  • C. Wawancara
  • D. Kuis
  • E. Tes Pilihan Ganda

Jawaban: B. Observasi Pembahasan Lengkap: Observasi adalah metode yang paling tepat untuk menilai keterampilan siswa karena memungkinkan guru untuk melihat langsung bagaimana siswa menerapkan pengetahuan mereka dalam praktik. Dalam konteks struktur dan fungsi organel sel, Pak Budi bisa mengamati siswa saat mereka melakukan percobaan mikroskop atau kegiatan praktikum lainnya. Tes tertulis dan kuis lebih cocok untuk mengukur pengetahuan teoretis. Wawancara bisa memberikan informasi tetapi tidak seefektif observasi dalam menilai keterampilan praktis. Tes pilihan ganda juga kurang tepat karena fokusnya pada pengetahuan, bukan keterampilan.

Klik di Sini untuk Quiz Seru Lainnya!

Dapatkan Akses ke 100+ Quiz HOTS PPPK Terbaru di Sini.

Soal 3

Iklan Studiku 820x200

Seorang guru ingin mengajarkan Jaringan dan Organisme pada konsep struktur dan fungsi organ pada tumbuhan dan hewan kepada siswa. Guru tersebut ingin menggunakan model pembelajaran yang mampu berpusat pada siswa. Model pembelajaran manakah yang paling sesuai untuk mencapai tujuan ini?

  • A. Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)
  • B. Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri (Inquiry-Based Learning)
  • C. Model Pembelajaran Tradisional
  • D. Model Pembelajaran Berbasis Ceramah
  • E. Model Pembelajaran Pasif

Jawaban: B. Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri (Inquiry-Based Learning) Pembahasan Lengkap: Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri (Inquiry-Based Learning) adalah model yang paling sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dalam model ini, siswa secara aktif terlibat dalam proses belajar melalui penyelidikan dan penemuan sendiri, yang mendorong mereka untuk berpikir kritis dan kreatif. Model pembelajaran langsung (A) dan berbasis ceramah (D) cenderung berpusat pada guru, sedangkan model pembelajaran tradisional (C) dan pasif (E) tidak mendorong interaksi aktif dan keterlibatan siswa.

Soal 4

Keanekaragaman hayati di tingkat ekosistem mencakup berbagai jenis ekosistem. Manakah dari berikut ini yang termasuk keanekaragaman hayati di tingkat ekosistem?

  • A. Variasi genetik dalam populasi jagung
  • B. Berbagai spesies burung di hutan hujan tropis
  • C. Hutan mangrove, padang rumput, dan terumbu karang
  • D. Variasi warna bunga pada tumbuhan mawar
  • E. Adaptasi fisiologis pada ikan di laut dalam**

Jawaban: C. Hutan mangrove, padang rumput, dan terumbu karang Pembahasan: Keanekaragaman hayati di tingkat ekosistem mencakup berbagai jenis ekosistem yang berbeda, seperti hutan mangrove, padang rumput, dan terumbu karang. Variasi genetik dalam populasi (A) dan variasi warna bunga (D) adalah keanekaragaman genetik, sedangkan berbagai spesies burung (B) adalah keanekaragaman spesies. Adaptasi fisiologis (E) adalah contoh adaptasi individu.

Soal 5

Enzim yang digunakan untuk memotong DNA pada lokasi spesifik disebut:

  • A. DNA ligase
  • B. RNA polymerase
  • C. Restriction enzyme
  • D. Reverse transcriptase
  • E. DNA polymerase

Jawaban: C. Restriction enzyme Pembahasan: Restriction enzyme adalah enzim yang memotong DNA pada lokasi spesifik yang dikenalnya. Enzim ini banyak digunakan dalam rekayasa genetika untuk mengisolasi gen atau memasukkan gen baru ke dalam DNA organisme.

Mau dapatkan Soal berkualitas lainnya? Dapatkan semua soal PPPK : 1) Seleksi Kompetensi Manajerial, 2) Seleksi Kompetensi Sosial Kultural, 3) Wawancara, dan 4) Seleksi Kompetensi Teknis, Klik link dibawah ini sekarang!

Dapatkan soal PPPK lainnya di STUDICPNS !

Iklan Studiku 820x200