Contoh Soal PPPK Guru Kimia Ahli Pertama 2024 & Pembahasan - Studiku
Contoh Soal PPPK Guru Kimia Ahli Pertama 2024 & Pembahasan

Contoh Soal PPPK Guru Kimia Ahli Pertama 2024 & Pembahasan

Lathifah Ummul Nailah
Lathifah Ummul Nailah
13 Juli 2024

Halo, Teman-Teman Studiku!

Selamat datang di blog Studiku, tempat terbaik untuk mempersiapkan dirimu menghadapi seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk posisi Guru Kimia. Kami tahu bahwa menjadi seorang guru kimia bukan hanya tentang memahami reaksi dan persamaan, tetapi juga tentang menumbuhkan rasa ingin tahu dan kecintaan terhadap ilmu kimia pada siswa-siswamu.

Seleksi PPPK adalah tahap penting dalam perjalanan kariermu sebagai pendidik. Tes ini dirancang untuk mengukur pengetahuanmu tentang berbagai konsep kimia, kemampuanmu dalam menyampaikan materi dengan cara yang menarik dan efektif, serta keterampilanmu dalam membimbing siswa menerapkan pengetahuan tersebut dalam eksperimen dan situasi nyata. Oleh karena itu, persiapan yang matang sangatlah penting.

Kami percaya bahwa dengan latihan yang konsisten dan pemahaman yang mendalam, kamu akan lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi setiap tahapan seleksi.

Mari kita bersama-sama wujudkan impian menjadi Guru Kimia yang inspiratif dan berdedikasi. Dengan persiapan yang tepat, kamu dapat mencapai kesuksesan dalam seleksi PPPK dan memberikan kontribusi nyata dalam mencetak generasi yang cerdas dan inovatif di bidang kimia.

Soal 1

Pertanyaan: Salah satu teknik penilaian adalah "Penilaian antar teman". Penilaian antar teman dapat mengukur . . .

  • A. Penguasaan materi secara individual
  • B. Kemampuan bekerja sama dan memberi umpan balik
  • C. Hasil belajar akhir
  • D. Keterampilan praktis siswa
  • E. Pemahaman konsep secara menyeluruh

Jawaban: B. Kemampuan bekerja sama dan memberi umpan balik Pembahasan: Penilaian antar teman adalah teknik di mana siswa saling menilai hasil kerja satu sama lain, yang dapat membantu meningkatkan kemampuan bekerja sama, memberi umpan balik konstruktif, dan refleksi diri.

Soal 2

Pertanyaan: Teori Asam-Basa Bronsted-Lowry mendefinisikan asam sebagai:

  • A. Zat yang dapat menerima pasangan elektron
  • B. Zat yang dapat memberikan pasangan elektron
  • C. Zat yang dapat menerima proton
  • D. Zat yang dapat memberikan proton
  • E. Zat yang dapat menghasilkan OH- dalam larutan

Jawaban: D. Zat yang dapat memberikan proton Pembahasan: Teori Bronsted-Lowry mendefinisikan asam sebagai zat yang dapat memberikan proton (H+), dan basa sebagai zat yang dapat menerima proton. Definisi ini lebih luas dibandingkan dengan teori Arrhenius yang hanya mengaitkan asam dengan penghasilan H+ dan basa dengan OH- dalam larutan. Pilihan D adalah jawaban yang benar karena sesuai dengan definisi Bronsted-Lowry.

DAPATKAN 100-AN QUIZ HOTS PPPK TERUPDATE DISINI

Soal 3

Iklan Studiku 820x200

Pertanyaan: Dalam sel elektrolitik, ke arah mana aliran elektron?

  • A. Dari anoda ke katoda
  • B. Dari katoda ke anoda
  • C. Dari elektrolit ke anoda
  • D. Dari anoda ke elektrolit
  • E. Dari katoda ke elektrolit

Jawaban: A. Dari anoda ke katoda Pembahasan: Dalam sel elektrolitik, anoda adalah elektroda positif dan katoda adalah elektroda negatif. Elektron mengalir dari anoda ke katoda melalui sirkuit eksternal.

Soal 4

Pertanyaan: Seorang guru ingin mengajarkan Kinetika Kimia pada konsep Teori Tumbukan dan Kompleks Teraktif pada siswa. Guru tersebut ingin menggunakan model pembelajaran yang mampu membuat pembelajaran berpusat pada siswa dan interaktif. Model pembelajaran manakah yang paling sesuai untuk mencapai tujuan ini?

  • A. Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning)
  • B. Model Pembelajaran Berbasis Ceramah (Lecture-Based Learning)
  • C. Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri (Inquiry Based Learning)
  • D. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)
  • E. Model Pembelajaran Berbasis Diskusi Kelompok (Group Discussion Learning)

Jawaban: C. Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri (Inquiry Based Learning) Pembahasan: Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri (Inquiry Based Learning) menekankan pada partisipasi aktif siswa dalam proses belajar mengajar dengan mengeksplorasi, bertanya, dan menyelidiki konsep-konsep secara mendalam. Hal ini sangat cocok untuk membuat pembelajaran berpusat pada siswa dan interaktif, terutama dalam mengajarkan konsep-konsep seperti Teori Tumbukan dan Kompleks Teraktif.

Soal 5

Pertanyaan: Anda ingin mengevaluasi kemampuan siswa dalam “menganalisis” setelah mengajarkan materi tentang Sistem Periodik Unsur. Manakah dari pertanyaan berikut yang paling sesuai untuk mengevaluasi kemampuan siswa dalam kategori tersebut?

  • A. Sebutkan golongan dan periode dari unsur karbon.
  • B. Gambarkan konfigurasi elektron dari unsur natrium.
  • C. Jelaskan mengapa unsur-unsur dalam satu golongan memiliki sifat kimia yang mirip.
  • D. Identifikasi unsur yang memiliki sifat fisik paling mirip dengan natrium.
  • E. Berikan contoh unsur logam dan non-logam.

Jawaban: C. Jelaskan mengapa unsur-unsur dalam satu golongan memiliki sifat kimia yang mirip. Pembahasan: Pertanyaan ini menuntut siswa untuk menganalisis sifat-sifat kimia unsur dan membuat kesimpulan berdasarkan analisis tersebut, yang sesuai dengan kategori menganalisis dalam Taksonomi Bloom.

Mau dapatkan Soal berkualitas lainnya? Dapatkan semua soal PPPK : 1) Seleksi Kompetensi Manajerial, 2) Seleksi Kompetensi Sosial Kultural, 3) Wawancara, dan 4) Seleksi Kompetensi Teknis, Klik link dibawah ini sekarang!

Dapatkan soal PPPK lainnya di STUDICPNS !

Iklan Studiku 820x200