6 Tips Lolos Seleksi CPNS 2024 - Studiku
6 Tips Lolos Seleksi CPNS 2024

6 Tips Lolos Seleksi CPNS 2024

Selvia Rosa
Selvia Rosa
29 Mei 2024

Hallo Teman Studiku !

Seleksi awal CPNS 2024 bakal dimulai Juni nanti. Udah makin dekat nih! Gunain waktu yang ada buat persiapan maksimal. Nah, berikut ini ada beberapa tips biar kamu bisa lolos tes CPNS 2024. Yuk, langsung cek aja!

Tips dan trik CPNS ini penting buat kamu persiapkan dari sebelum tes CPNS. Kenapa butuh persiapan? Dalam tes CPNS, kamu bersaing dengan jutaan kandidat lainnya dari seluruh Indonesia. Persiapan dilakukan mulai sekarang untuk mengasah kemampuan kamu sebelum akhirnya bertempur menghadapi soal-soal tes CPNS.

Tips dan Trik Persiapan sebelum mengikuti tes CPNS

Berikut ini adalah persiapan yang bisa kamu lakukan sebelum mengikuti tes CPNS 2024. Simak satu per satu, ya!

  1. Selalu Update informasi seputar CPNS Untuk mendapat informasi terkini seputar info CPNS dan PPPK, kamu harus rajin mengunjungi website sscasn.bkn.go.id. Informasi yang bisa kamu dapatkan di website ini, misalnya, di seleksi CPNS 2024, kamu nggak perlu mengunggah beberapa dokumen seperti ijazah, surat tanda registrasi, dan nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan. Selain itu, kini semua informasi terkait seleksi ASN dapat dilihat melalui website SSCASN BKN. Kamu tidak perlu lagi mengunjungi website masing-masing instansi.

  2. Memilih Formasi Agar peluang lolos semakin besar, kamu harus memilih formasi dengan tepat. Cari tahu informasi seputar formasi CPNS dan PPPK 2024 dari masing-masing instansi. Jangan hanya instansi pusat, tapi juga daerah. Pilih formasi yang jarang dipilih orang lain, tapi harus disesuaikan dengan minat, bakat, kemampuan, dan latar belakang pendidikanmu, ya!

  3. Siapkan dan lengkapi dokumen yang diperlukan Kelengkapan dokumen juga merupakan hal paling penting yang menentukan kamu lolos CPNS atau tidak, oleh karena itu kamu harus menyusun dokumen dengan tepat untuk lolos CPNS !

  4. Perhatikan Passing Grade Soal SKD terdiri dari 3 materi, yaitu Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Mengerjakan soal TIU membutuhkan waktu yang cukup lama. Agar tidak membuang waktu, kamu bisa mengerjakan soal SKD dengan meletakkan TIU di tengah. Dimulai dari TKP, TIU, lalu TWK, atau TWK, TIU baru TKP. Kamu bisa mencari tahu passing grade dari masing-masing kategori soal. Jadi bisa memperkirakan minimal soal yang harus terjawab benar. Kalau lebih? Ya bagus, dong.

Iklan Studiku 820x200
  1. Pelajari Kisi - kisi terbaru Selain rajin update informasi tentang syarat, teknis, dan formasi, update kisi-kisi soal SKD juga penting. Kamu bisa mempelajarinya sesuai dengan yang ada di Permenpan RB No. 27 Tahun 2021. Ada tambahan kisi-kisi di kategori soal TKP, yaitu anti radikalisme.

  2. Bikin jadwal belajar dan rajin latihan soal atau Tryout Tes CPNS 2024 dibukan untuk banyak formasi yang mencapai 2,3 juta formasi. Dengan demikian, pendaftar yang mengikuti tes CPNS tahun ini tentu akan sangat banyak. Untuk bisa bersaing dan lolos passing grade, kamu harus rajin-rajin mengerjakan latihan soal dan belajar.

Itu dia tips dan trik lolos tes CPNS 2024. Jangan lupa rutin cek jadwal dan rajin-rajin latihan soal. Semangat mempersiapkan diri ya! Latihan soal adalah salah satu kunci untuk memperbesar peluang lolos CPNS.

Kamu bisa mengikuti kelas latihan soal CPNS Studiku.id. Ada ribuan soal quiz dan pembahasan yang dapat kamu akses dengan mudah dan fleksibel.

Pastinya hanya di BIMBELCPNS Studiku.id Yuk, daftar sekarang juga!

Iklan Studiku 820x200